AUDIT AWAL SISTEM E-LEARNING SKB GUNUNGKIDUL MENGGUNAKAN EMPAT DOMAIN PADA COBIT

Krisnawati Krisnawati, Ema Utami, Hartatik Hartatik, Hastari Utama

Sari


Pendidikan memiliki 3 bentuk yang berbeda berdasarkan formalitasnya yaitu pendidikan formal, nonformal dan informal.SKB Gunungkidul adalah salah satu penyelenggara pendidikan nonformal yang ada di Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Hasil analisa penyelenggaraan program kesetaraan kejar paket C di SKB Gunung Kidul menggunakan diagram fishbone ditemukan ada enam masalah utama yaitu pendaftaran warga belajar , model pengajaran dan bahan ajar yang digunakan, penyelenggara pendidikan, model pembelajaran, model evaluasi, dan evaluasi mutu. Salah satu solusi dalam mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan diselenggarakannya Pendidikan Jarak Jauh dengan pola e-learning.Namun sebelum diimplementasikan perlu dilakukan evaluasi guna evaluasi terhadap pengendalian sistem informasi e-learning ssehingga kegiatan operasional yang berkaitan dengan penyelenggaraan program pendidikan nonformal dapat berjalan dengan baik. Evaluasi dilakukan sesuai dengan standar COBIT dengan menggunakan empat domain yang ada di dalamnya yaitu Plan and Organise (PO), Acquire and Implement (AI), Deliver and Support (DS) dan Monitor and Evaluate (ME). Hasil perhitungan nilai maturity level pada masing-masing proses teknologi informasi didapatkan suatu nilai total PO sebesar 5.6, dan memiliki rata-rata PO sebesar 2.8, sehingga Gap yang didapatkan sebesar 0.70. hal tersebut menunjukan bahwa perencanaan dan perorganisasian cukup baik.

Kata Kunci


Evaluasi; E-Learning; SKB Gunungkidul; COBIT

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


M.E. Kamsori, "Penyuluhan Dan Pembinaan Wajar Dikdas 9 Tahun Sebagai Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan Dalam Kerangka Peningkatan Ipm Jawa Barat", Proceeding FPTK, tahun 7, nomor 7, Oktober 2007.

Desmawati ,"Penerapan Model Pendidikan Kecakapan Hidup Pada Program Pendidikan Kesetaraan Di Kota Semarang", Jurnal Edukasi, No. 1, 2011.

C.M. Hung, C.H Chiu, Y.T Chen, M.J. Su, H.S Chen, "Effectiveness of Game-based Learning of a National Health e-Learning Network for nutrition education in elementary school", 11th International Conference on e-Health Networking, Applications and Services, 2009.

A.G. Almekhlafi. "An Evaluation Study of an e-Learning Course at the United Arab Emirates University: A Case Study", Proceedings of the 2009 International Conference on Future Computer and Communication, pages 437-442

B.Rienties, L.Toetenel, A.Bryan, "Scaling up" learning design: impact of learning design activities on LMS behavior and performance, Proceedings of the Fifth International Conference on Learning Analytics And Knowledge, pages 315-319

S.Zheng, M.B.Rosson, P.C.Shih, J.M.Carroll, Understanding Student Motivation, Behaviors and Perceptions in MOOCs, Proceedings of the 18th ACM Conference on Computer Supported Cooperative Work & Social Computing, pages 1882-1895.




DOI: http://dx.doi.org/10.22303/it.5.1.2017.56-69

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Redaksi IT Journal. Gedung A, LPPM Lt2, Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241

 

QriesQriesQries

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
Flag Counter