Penerapan Metode LCM Pada Pengacakan Soal Koloid Dan Elektrolit Mata Pelajaran Kimia Dasar Pada SMP N 45 Medan Berbasis Android

Rahmat Rizal, Frinto Tambunan, Frinto Tambunan, Edy Victor Haryanto, Lahmudin Sipahutar, Ika Sartika

Sari


Proses pembelajaran yang hanya berpedoman pada guru dan buku teks sangat berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik karena tidak semua peserta didik dilibatkan dalam proses pembelajaran. Dalam memberikan materi pembelajaran ada beberapa siswa – siswi akan merasa bosan dan jenuh dalam menerima penjelasan guru, Permasalahan yang terjadi diantaranya adalah tidak terciptanya minat belajar dan daya tarik siswa pada materi pembelajaran yang dianggap sulit, susah dipahami, serta terdapat istilah-istilah tertentu pada materi tersebut. Dan dari pemetaan sebelumnya didapatkan beberapa siswa yang kurang mampu menerima pembelajran masih satu arah yaitu dengan pembelajaran dari guru ke siswa – siswi. Dengan penerapan teknologi yang akan memberikan sentuhan kepada siswa melalui sebuah aplikasi yang ditanamkan sebuah sistem pada android mobile atau sering disebut dengan smart phone. Sehingga peningkatan pembelajaran dapat dinilai efektif dan efesien dengan melalui Smart Phone. dari pada itu, sistem ini juga memberikan kemudahan selain dalam pembelajaran siswa juga diberikan sebuah test atau mengasah kemampuan mereka terkait materi yang mereka pahami dari sebuah topik. Dimana soal-soal latiham dilakukan pengacakan secara sistematis dengan menggunakan metode Linear Congruent Method (LCM).


Kata Kunci


Belajar; Penilaian; Soal; Linear Congruent Method (LCM)

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Andrianto Pangondian, R., Insap Santosa, P., & Nugroho, E. (2019). Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Kesuksesan Pembelajaran Daring Dalam Revolusi Industri 4.0. Sainteks 2019, 56–60. https://seminar-id.com/semnas-sainteks2019.html

Budiaman, B. (2017). Analisis Faktor‐Faktor Kesulitan Penerapan E‐Learning Dalam Pembelajaran Ips. Jurnal Sejarah Lontar, 7(2), 50. https://doi.org/10.21009/lontar.072.05

E-office, P., Politeknik, L., Lan, S., Taufik, N. I., & Wijayanti, R. (2021). Penerapan E-Office di Lingkungan Politeknik STIA LAN Bandung. Jurikom, 8(6), 424–428. https://doi.org/10.30865/jurikom.v8i6.3754

Hartanto, W. (2016). Penggunaan E-Learning sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 10(1), 1–18.

Hidayah, I. (2020). ANALISIS STANDAR PENILAIAN PENDIDIKAN DI INDONESIA. Jurnal Keislaman Dan Kemasyarakatan, 4(1), 134–154.

Jumala, A. P., Parlika, R., & Akbar, F. A. (2020). Perancangan Sistem Ujian Online Dan. Jurnal Informatika Dan Aistem Informasi (JIFoSI), 1(2), 302–311.

Marpaung, R. (2020). Penerapan LCM Pada Quis IPS Di SMP Negeri 3 Binjai Roselina. Konstruksi Pemberitaan Stigma Anti-China Pada Kasus Covid-19 Di Kompas.Com, 4(3), 3566–3572. http://dx.doi.org/10.1016/j.ndteint.2014.07.001%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.ndteint.2017.12.003%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.matdes.2017.02.024

Meizar, A., & Tambunan, F. (2021). Bimbingan Dan Pelatihan Pemanfaatan Blog Dalam Pembelajaran E-Learning Bagi Siswa Di Mas Tarbiyah Islamiyah Hamparan Perak. Prioritas, 3(September 2021), 46–50.

Nurhayati, & Tambunan, F. (2021). Pelatihan Microsoft Office 2016 Pada SMK PBD Penerbangan. JUDIMAS, 2(2), 128–137.

Prasetyo, F., & Kristin, F. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas 5 SD. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 13. https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.2645

Prayogi, A., Haryanto, E. V., Sinaga, M. D., Sari, N., & Sembiring, B. (2021). Rancang Bangun Aplikasi Inventaris Barang Berbasis Online (Studi Kasus : SMKS Indonesia Membangun Taruna Marelan). E-Jurnal JUSITI (Jurnal Sistem Informasi Dan Teknologi Informasi), 10(2), 126–135. https://doi.org/10.36774/jusiti.v10i2.888

Purnamasari, D. R. (2016). Implementasi Linear Congruent Method ( Lcm ) Pada Game Hangaroo Berbasis Android. Jurnal Riset Komputer (JURIKOM), 3(Lcm), 1–6.

Saputra, I. N., Candra, R., & Santi, N. (2022). Aplikasi Pembelajaran Pada Kelas VI SD Menggunakan Linear Congruent Method. JURNAL ILMIAH ELEKTRONIKA DAN KOMPUTER, 15(1), 65–72.

Sartika, I. (2020). Penerapan Pembelajaran Pokok Bahasan Perbandingan Trigonometri dengan Menggunakan Media Peta Konsep pada Siswa. … Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Sains, 8(02), 169–186. http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/LGR/article/view/2741

Sipahutar, L., & Nisa, H. (2022). Pengenalan Metode LCM Sebagai Dasar Pembuatan Aplikasi Pembelajaran Siswa SMK Berbasis Android. Jurnal Inovasi Dan Pengabdian Kepada Masyarakat (JIPkM), 2(1), 1–11.

Tumanggor, L. M., Tumanggor, L. M., Haryanto, E. V., Akbar, M. B., Teknik, J., Universitas, I., Utama, P., Jurusan, D., Informatika, T., Potensi, U., & Utama, U. P. (2020). Perancangan Aplikasi Media Pembelajaran Rumus Matematika Untuk SMA Berbasis Android. Jurnal FTIK, 1(1), 451–462.

Ummi, K., Victor, E., Ivy, H., Juli, L., Bob, I., & Riza, S. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Edmodo Sebagai Media Pembelajaran di SD Alwasliyah 26 Medan Utilizing The Edmodo Application As A Learning Media In SD Alwasliyah 26 Medan. JUDIMAS, 1(2), 129–139.

Vi, G. K., & Hartini, P. (2020). Instrumen Penilaian Berbasis LOTS dan HOTS Buatan. Jurnal Penelitian Dan Penilaian Pendidikan (JPPP).

Zahroh, N. L. (2015). E-Learning Sebagai Inovasi dalam Pembelajaran IPS Tantangan dan Peluang. Seminar Nasional Teknologi Pendidikan UM, 498–509.




DOI: http://dx.doi.org/10.22303/it.10.2.2022.147-160

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Redaksi IT Journal. Gedung A, LPPM Lt2, Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241

 

QriesQriesQries

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
Flag Counter