IMPLEMENTASI METODE RSA DAN AES UNTUK MENGAMANKAN FILE WINRAR DAN ZIP

Rizki Nanda Nasution, Budi Triandi

Sari


Perkembangan teknologi informasi yang pesat menjadikan informasi menjadi permintaan utama setiap orang atau setiap organisasi, karena informasi sangat penting untuk membantu individu atau organisasi berkembang dalam persaingan global. Demi menjamin keamanan file tersebut, agar tidak jatuh ke tangan orang lain, biasanya seseorang memberikan password kepada Rar dan Zip yang mereka miliki. Rar dan Zip adalah file terkompresi, yang dapat menggabungkan beberapa file menjadi ukuran yang lebih kecil. Agar file lebih aman, telah ditambahkan dua metode enkripsi yaitu metode RSA (Rivest-Shamir-Adleman) dan metode AES (Advanced Encryption Standard). RSA adalah salah satu teknik kriptografi dimana kunci untuk melakukan enkripsi berbeda dengan kunci untuk melakukan dekripsi. sedangkan AES adalah block chiphertext simetrik yang dapat mengenkripsi (encipher) dan dekripsi (decipher) sehingga dapat lebih mudah untuk menentukan pasangan kunci public dan private yang di buat secara random dan tidak bisa di gunakan untuk file yang lain.


Kata Kunci


Rar dan Zip; Enkripsi Rsa dan Aes

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Prasetyo, Y., Triandi, B., & Hardianto, H. (2018). Perancangan Aplikasi Pengamanan File Teks dengan Skema Hybrid Menggunakan Algoritma Enigma dan Algoritma RSA. IT (INFORMATIC TECHNIQUE) JOURNAL, 6(1), 46-55.

Tulloh, A. R., Permanasari, Y., & Harahap, E. (2016). Kriptografi Advanced Encryption Standard (AES) Untuk Penyandian File Dokumen. Matematika, 15(1).

Arifin, Z. (2016). Studi kasus penggunaan algoritma RSA sebagai algoritma kriptografi yang aman. Informatika Mulawarman: Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer, 4(3), 7-14.

Gunawan, I. (2018). Kombinasi algoritma Caesar cipher dan algoritma rsa untuk pengamanan file dokumen dan pesan teks. InfoTekJar: Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan, 2(2), 124-129.

Setyaningsih, E., & Si, S. (2015). Kriptografi & Implementasinya Menggunakan Matlab. Yogyakarta: Andi.




DOI: http://dx.doi.org/10.22303/it.8.1.2020.42-53

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Redaksi IT Journal. Gedung A, LPPM Lt2, Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241

 

QriesQriesQries

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
Flag Counter