RANCANG BANGUN APLIKASI PEMESANAN PRODUK PADA PT. DANAPAINT INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN METODE UCD

Sigit Kurniawan, Budi Triandi

Sari


Salah satu kegiatan yang selalu dilakukan setiap orang dalam rangka memenuhi kebutuhannya adalah Berbelanja, terutama berbelanja dalam kehidupan sehari-hari. Berbagai aktivitas berbelanja secara online dengan mengunjungi situs web toko yang menawarkan barang barang sudah sering ditemukan akhir-akhir ini. Namun, bagi orang-orang yang memiliki aktifitas padat, selalu bergerak (mobile) berbelanja menjadi kendala yang cukup merepotkan. Dalam perkembangan teknologi berbagai perusahaan kini memiliki aplikasi berbasis internet, salah satunya adalah aplikasi pemesanan produk. Dengan adanya aplikasi ini dapat digunakan untuk meningkatkan penjualan, mengurangi konsumsi biaya yang tidak efisien, serta membantu pelanggan dan karyawan perusahaan dalam bekerja lebih efisien. Dalam proses pembuatan sebuah aplikasi kerapkali pengguna kesulitan dalam pengoperasian nya, oleh karena itu metode UCD (User Centered Design) digunakan dalam proses pembuatan desain interface aplikasi ini. Metode UCD merupakan sebuah metode penelitian yang digunakan untuk proses desain interface (antarmuka) system yang fokus terhadap tujuan kegunaan, karakteristik pengguna, lingkungan, tugas, dan alur kerja di dalam desain. Aplikasi ini menggunakan smartphone berbasi android sebagai media dari aplikasi pemesanan produk dan juga menggunakan PC bagi admin perusahaan untuk menginput atau megedit data pelanggan,sedangkan untuk perancangan system menggunakan android studio dan MySQL sebagai media Database.


Kata Kunci


Aplikasi; Metode UCD; Pemesanan Produk; Android Studio; MySQL

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Wyanaputra, J., & Wongso, F. (2016). Perancangan Sistem Pemesanan Barang Berbasis Web Di Toko Zenith Komputer Di Pekanbaru. Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis Unilak, 13(1), 97703.

Saputri, I. S. Y., Fadhli, M., & Surya, I. (2017). Penerapan Metode UCD (User Centered Design) Pada E-Commerce Putri Intan Shop Berbasis Web. Jurnal Nasional Teknologi dan Sistem Informasi, 3(2), 269-278.

Evitarina, N. (2018). Rancang Bangun Aplikasi Pemesanan Barang Berbasis Android pada Mini Market Faras Pangkalpinang.

Endianingsih, D. (2016). Perancangan Program Aplikasi Transaksi Pembayaran Spp, Uts Dan Uas Pada Sekolah Islam Terpadu Al- Fauzy. Jurnal Algoritma, 9(1), 154-162.

Fauzan, R. M. (2008). Perancangan sistem pemesanan produk berbasis WEB pada CV. Hanif Niaga Group.

Kholifah, I. (2015). Analisa dan Perancangan Aplikasi Perpustakaan pada Politeknik Sekayu Menggunakan Pemrograman Java. Jurnal TIPS: Jurnal Teknologi Informasi dan Komputer Politeknik Sekayu, 3(2), 53-61.

Andramawan, Y., Ummi, K., & Saleh, A. (2018). Rancang Bangun Aplikasi Pemesanan Jasa Perbaikan Komputer, Laptop, dan Smartphone Berbasis Android. IT (INFORMATIC TECHNIQUE) JOURNAL, 6(1), 25-35.

Nasruddin Safaat, H. (2015). Pemograman Aplikasi Mobile Smartphone Dan Tablet PC Berbasis Android. Informatika Bandung, Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.22303/it.7.2.2019.137-149

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Redaksi IT Journal. Gedung A, LPPM Lt2, Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241

 

QriesQriesQries

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
Flag Counter
data macauslot deposit pulsa 5000web slot gacor 2023slot gacor maxwinslot gacorjoker768https://jkn.unitri.ac.id/classes/demo/demoslot gacor hari inislot bonus new memberslot demo