Kebijakan Editorial

Fokus dan Ruang Lingkup

IT Journal (2252-746X) adalah jurnal ilmiah yang bertujuan untuk mengkomunikasikan hasil penelitian dibidang ilmu komputer yang diharapkan dapat membantu para dosen dan mahasiswa dalam menginformasikan/ mempublikasikan hasil penelitian dan kajian ilmiah lainnya kepada berbagai komunitas ilmiah diseluruh Indonasia.

IT Journal Mencakup bidang ilmu komputer, teknologi informasi, jaringan komputer dan artificial intelligence (AI), Software Enginerring, Image Processing, Audit and Security.

 

Kebijakan Bagian

Software Engineering

Editor
  • Puji ati
  • Alfa Saleh
  • Budi Triandi
  • Khairul Ummi
Centang Naskah Terbuka Centang Diindeks Centang Telah di-Peer review

Jaringan dan Keamanan

Editor
  • Puji ati
  • Alfa Saleh
  • Budi Triandi
  • Khairul Ummi
Centang Naskah Terbuka Centang Diindeks Centang Telah di-Peer review

Ilmu Komputer

Editor
  • Puji ati
  • Alfa Saleh
  • Budi Triandi
  • Khairul Ummi
Centang Naskah Terbuka Centang Diindeks Centang Telah di-Peer review

Artificial Intelligence

Editor
  • Puji ati
  • Alfa Saleh
  • Budi Triandi
  • Khairul Ummi
Centang Naskah Terbuka Centang Diindeks Centang Telah di-Peer review

Image Processing

Editor
  • Puji ati
  • Alfa Saleh
  • Budi Triandi
  • Khairul Ummi
Centang Naskah Terbuka Centang Diindeks Centang Telah di-Peer review
 

Proses Peer Review

Proses 'Peer Review'

  1. Editor terlebih dahulu meninjau artikel yang dikirimkan, yang disebut tinjauan awal oleh editor. Akan dilakukan penilaian administratif terkait: apakah artikel yang dikirimkan sesuai untuk IT Journal berdasarkan fokus dan ruang lingkup, persentase/skor similarity dengan menggunakan Turnitin, keterbacaan artikel/gambar, dan mengikuti format/template artikel jurnal.
  2. Selanjutnya, artikel akan dikirim ke setidaknya dua Reviewer anonim (Double-Blind Peer-Review).
  3. Komentar Reviewer anonim kemudian dikirim ke penulis terkait untuk tindakan dan tanggapan yang diperlukan. Setelah itu, rapat editor menyarankan keputusan akhir untuk artikel yang direvisi oleh penulis.
  4. Selanjutnya, Editor akan mengirimkan keputusan akhir kepada penulis terkait.
  5. Artikel yang diterima kemudian dilanjutkan ke proses copyediting dan layout editing untuk diterbitkan.

Hasil Peer Review

Memanfaatkan umpan balik dari proses peer review, Editor akan membuat keputusan akhir publikasi. Proses peer review akan memakan waktu sekitar 4 hingga 8 minggu. Kategori keputusan meliputi:

  1. Ditolak (Rejected- artikel yang ditolak tidak akan diterbitkan, dan penulis tidak akan memiliki kesempatan untuk mengirimkan kembali versi revisi artikel ke IT Journal.
  2. Penyerahan Kembali Untuk Review (Resubmit for Review) – artikel perlu direvisi ulang, tetapi dengan perubahan signifikan, artikel tersebut dapat diterima. Namun akan membutuhkan proses Peer Review putaran kedua.
  3. Terima dengan Revisi (Accepted with Revision) - artikel yang menerima keputusan 'diterima-ditunda-revisi' akan diterbitkan di IT Journal dengan ketentuan bahwa revisi Minor atau Mayor dilakukan. Revisi akan ditinjau oleh tim editorial untuk memastikan pembaruan yang diperlukan dilakukan sebelum publikasi.
  4. Terima (Accepted) - artikel yang diterima akan diterbitkan dalam keadaan seutuhnya, tanpa diperlukannya revisi lebih lanjut.

Korespondensi

Semua korespondensi mengenai artikel ditujukan kepada Redaksi IT Journal dan cc ke redaksijurnalupu@gmail.com. Editor akan mengarahkan semua korespondensi kepada penulis utama/pertama; penulis utama/pertama bertanggung jawab untuk berbagi komunikasi dengan penulis lain. Di luar komunikasi mengenai hasil review/revisi, artikel yang diterima untuk publikasi mungkin memerlukan korespondensi tambahan untuk menyelesaikan copyediting dan layout editing.

 

Frekuensi Penerbitan

IT Journal setiap tahun terdiri dari 1 Volume, dimana setiap Volume terdiri dari 2 terbitan. Terbitan pertama terbit periode bulan Februari-April, terbitan kedua terbit periode bulan Oktober-Desember.

 

Kebijakan Akses Terbuka

Open Access Button - Wikipedia

 

IT Journal memegang prinsip bahwa semua penelitian adalah untuk kepentingan umat manusia. Penelitian adalah produk investasi oleh masyarakat dan oleh karena itu hasilnya harus dikembalikan kepada semua orang tanpa batas atau diskriminasi, melayani masyarakat secara universal dan transparan. Itulah sebabnya IT Journal menyediakan akses online gratis dan terbuka ke semua publikasi penelitiannya. Semua artikel yang diterima akan segera tersedia dan gratis untuk diunduh di halaman http://e-journal.potensi-utama.ac.id/ojs/index.php/ITJournal/indextanpa batas dan tanpa biaya.

IT Journal memahami bahwa di dunia ini setiap orang memiliki kesempatan yang sama untuk mencari, berbagi, dan menciptakan pengetahuan - kami berharap para penulis bergabung dengan kami dalam konsep akses terbuka ini.

 

 

Pengarsipan

OJS sistem LOCKSS berfungsi sebagai sistem pengarsipan terdistribusi antar-perpustakaan yang menggunakan sistem ini dengan tujuan membuat arsip permanen (untuk preservasi dan restorasi). Lanjut...

 

Tentang Kami

IT Journal adalah Jurnal yang terbit 2 kali dalam setahun yang memuat artikel dalam bidang ilmu komputer yang bersumber langsung pada hasil penelitian. dimana jurnal ini bersifat terbuka dan gratis. jurnal ini tidak memungut biaya apapun yang mencakup biaya pemrosesan artikel (APC), biaya pengiriman, biaya halaman, biaya warna atau biaya lain yang dibutuhkan untuk menyelesaikan proses publikasi untuk seorang penulis atau mempublikasikan papernya.