Analisis Kualitas Website Universitas Kahuripan Kediri Menggunakan Metode Webqual 4.0

Morita Puspita Sari, Arief Setyanto, Asro Nasiri

Sari


Di era digital saat ini, penggunaan website sebagai upaya pemanfaatan teknologi informasi sudah marak di dunia pendidikan. Perguruan tinggi membutuhkan website sebagai cara yang efisien dan hemat biaya untuk mengakses informasi resmi, alat komunikasi, dan layanan bagi mahasiswa atau calon mahasiswa  yang membutuhkan informasi lebih lanjut tentang pendidikan tinggi. Webqual adalah  metode yang dikembagnkan oleh Stuart Barnes  dalam pengukuran kualitas situs/portal web. Penelitian ini menggunakan metodologi WebQual 4.0. Hal ini didasarkan pada kualitas antarmuka pengguna, yang merupakan domain tambahan, selain tiga domain utama kualitas informasi, kualitas dialog, dan kemudahan penggunaan. Penelitian ini dilakukan untuk mencari tahu gambaran valid terhadap gap antara tingkat kepentingan (ekspektasi) dan pencapaian (penilaian) pada masing-masing variabel kualitas website, berdasarkan pendekatan Web Qual Website Universitas Kahuripan terhadap kualitas layanan. Hasil survei ini adalah kualitas pengalaman pengguna, dan kualitas interaksi layanan tidak mempengaruhi kepuasan pada pengguna akhir. Berdasarkan kesimpulan yang diperoleh dari uji F untuk variabel bebas yaitu (X.1, X.2, X.3, X.4) secara simultan mempengaruhi variabel terikat yaitu (Y): 59.5%, sedangkan sisanya 40.5% dipengaruhi oleh faktor - faktor lain diluar penelitian ini. Berdasarkan perhitungan tingkat kinerja dan harapan  variabel X.2 (kualitas informasi) dan variabel X.3 (kualitas interaksi layanan), kesenjangan lebih besar dari 0.29, menunjukkan ketidakpuasan pengguna jika harapan pengguna tidak memenuhi atribut yang ada. Oleh karena itu, berdasarkan hasil survei ini, perlu dilakukan langkah-langkah untuk meningkatkan  kepuasan pengguna pada website Universitas Kahuripan Kediri.

Kata Kunci


Sistem Informasi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Fatimah and Samsudin, “Perancangan Sistem Informasi E-Jurnal Pada Prodi Sistem Informasi Diuniversitas Islam Indragiri,” J. Perangkat Lunak, vol. 1, no. 1, pp. 33–49, 2019, doi: 10.32520/jupel.v1i1.782.

J. O’Brien, “Sistem Informasi Perdagangan Pada PT Yoltran Sari Menggunakan Php Berbasis Web,” Positif, vol. 1, no. 9, pp. 8–15, 2005.

L. T. Utomo, Y. T. Ardianto, and N. Sisharini, “Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, Kualitas Layanan, Terhadap Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Akademik Universitas Merdeka Malang,” J. Teknol. dan Manaj. Inform., vol. 3, no. 2, 2017, doi: 10.26905/jtmi.v3i2.1425.

R. D. L. E. Padmowati and A. T. Buditama, “Aplikasi Perangkat WebQual 4 . 0 Untuk Pengukuran Kualitas Sistem Informasi Student Portal Unpar,” Sainteks, pp. 715–719, 2019.

P. Metode, W. Terhadap, A. Manik, I. Salamah, and E. Susanti, “Pengguna Website Politeknik Negeri Sriwijaya the Impact of Webqual 4 . 0 Method Towards User,” J. Elektro dan Telekomun. Terap., pp. 477–484, 2017.

Hasan, L. (2014). Evaluating the Usability of Educational Websites Based on Students' Preferences of Design Characteristics. Int. Arab. J. e Technol., 3, 179-193.

D. B. Napitupulu, “Evaluasi Kualitas Website Universitas XYZ Dengan Pendekata Webqual [Evaluation of XYZ University Website Quality Based on Webqual Approach],” Bul. Pos dan Telekomun., vol. 14, no. 1, p. 51, 2016, doi: 10.17933/bpostel.2016.140105.

B. C. Shia, M. Chen, and A. D. Ramdansyah, “Measuring Customer Satisfaction toward Localization Website by WebQual and Importance Performance Analysis (Case Study on AliexPress Site in Indonesia),” Am. J. Ind. Bus. Manag., vol. 06, no. 02, pp. 117–128, 2016, doi: 10.4236/ajibm.2016.62012.

A. Hermanto, S. Supangat, and F. Mandita, “Evaluasi Usabilitas Layanan Sistem Informasi Akademik Berdasarkan Kombinasi ServQual dan Webqual Studi Kasus : SIAKAD Politeknik XYZ,” J. Inf. Syst. Eng. Bus. Intell., vol. 3, no. 1, p. 33, 2017, doi: 10.20473/jisebi.3.1.33-39.

P. L. Santiari and I. G. S. Rahayuda, “Analisis Kualitas Website Alumni Stikom Bali Menggunakan Metode Webqual,” J. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 5, no. 2, p. 231, 2018, doi: 10.25126/jtiik.201852576.

W. Warjiyono and C. M. Hellyana, “Pengukuran Kualitas Website Pemerintah Desa Jagalempeni Menggunakan Metode Webqual 4.0,” J. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 5, no. 2, p. 139, 2018, doi: 10.25126/jtiik.201852666.

J. F. Andry, K. Christianto, and F. R. Wilujeng, “Using Webqual 4.0 and Importance Performance Analysis to Evaluate E-Commerce Website,” J. Inf. Syst. Eng. Bus. Intell., vol. 5, no. 1, p. 23, 2019, doi: 10.20473/jisebi.5.1.23-31.

A.V Feigenbaum, Kendali Mutu Terpadu, vol. 56, no. 666.

H. Dkk, Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif.Yogyakarta:CV. Pustaka Ilmu., no. March. 2020.

F. Septa, A. Yudhana, and A. Fadlil, “Analisis Perbandingan Metode Regresi Linier Dan Importance Performance Analysis (IPA) Terhadap Kepuasan Pengguna Pada Layanan E-Government Menggunakan Metode WebQual Modifikasi,” J. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 7, no. 5, p. 951, 2020, doi: 10.25126/jtiik.2020752294.

ilham U. Zamani, D. Sunarto, and andrian I. Mastan, “Analisis Pengaruh Kualitas Website PT Badak Issn 2338-137X,” vol. 5, no. 11, pp. 1–8, 2016, [Online]. Available: https://jurnal.dinamika.ac.id/index.php/jsika/article/view/1387




DOI: http://dx.doi.org/10.22303/infosys.7.1.2022.34-46

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Kantor Redaksi InfoSys Journal. Gedung LPPM Lt2, Kampus Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241

 

Qries Qries Qries Qries Qries Qries

 

Creative Commons License
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
data macauslot deposit pulsa 5000web slot gacor 2023slot gacor maxwinslot gacorjoker768https://jkn.unitri.ac.id/classes/demo/demoslot gacor hari inislot bonus new memberslot demo