ANALISIS METODE KANO DAN OPTIMASI PADA LAYANAN WARUNG BAKSO

Mas Ayoe Elhias, Soeheri Soeheri, Helmi Kurniawan

Sari


Model Kano merupakan salah satu cara untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen terhadap pelayanan dan kualitas rasa makanan. Sedangkan metode optimasinya adalah dengan menghitung antrian yang ada di warung tersebut. Tujuan penelitian ini dibuat untuk mengetahui tingkat kualitas pelayanan warung dan menghitung berapa antrian yang harus dilayani setiap jamnya. Warung Bakso Ojo lali merupakan warung bakso umum yang mampu memberikan pelayanan dengan kualitas terbaik, sehingga tercipta kepuasan bagi para pelanggannya. Berbagai macam keluhan yang sering muncul baik di media cetak maupun dari pengamatan awal membuat analisis indikator kualitas pelayanan Bakso Ojo Lali menjadi penting untuk dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui indikator kepuasan konsumen khususnya indikator mana yang paling berpengaruh terhadap kenaikan dan penurunan tingkat kepuasan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan diagram Kano dan optimasi antrian untuk menganalisis dan mengkategorikan atribut-atribut kualitas pelayanan, berdasarkan seberapa baik tingkat pelayanan mampu memuaskan kebutuhan pelanggan Warung Bakso Ojo Lali. Hasil analisis nilai diagram Kano lebih baik dan terburuk diketahui atribut-atribut yang mempengaruhi peningkatan kepuasan pelanggan. Optimasi Antrian ini untuk mengetahui jumlah antrian yang ada dalam pelayana, dalam optimasi ini juga dapat diketahui waktu tunggu pelayanan yang akan diberikan kepada konsumen berdasarkan waktu pelayanan yang diberikan kepada masin-masing konsumen.Berdasarkan hasil analisis ini optimasi antrian dan analisis kano dapat diintegrasisikan menjadi satu kesatuan guna memperoleh kualitas pelayanan dan waktu pelayanan dalam antrian yang akan menghasilakan sebuah kualitas pelayanan.

Kata Kunci


Layanan, Optimasi antrian, Kano

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Nunung Nurhasanah, 2015, Simulasi Flexim untuk Optimasi Sistem Antrian Poli Umum Rawat jalan Rumah Sakit X, Jurnal ilmiah Teknik Industri, vol 3 No.2: 69-75.

Widya Setia Findari, 2019, Optimasi Sistem Antrian Pada Layanan Kesehatan Masyarakat Menggunakan Pendekantan Simulasi, Jurnal Manajemen Industri dan Logistik, Vol.3 No. 1: 14-22

Ade Selvia Septiani, 2017, Gambaran Sistem Antrian Pasien dalam Optimasi pelayanan di Loket Pendaftaran Intalasi Rawat Jalan Rumah sakit Umum Fatamawati, Jurnal Kesehatan Masyarakat, Vol.5 No.4

Endah Utami, 2015, Pendekatan Model Kano pada Quality Function Deployment untuk Perbaikan Kualitas Kegiatan Belajar Mengajar, Jurnal Ilmiah TeknikIndustri, Vol.14 No.2.

G.Arun Kumar, 2016, Design and Application of New Quality Improvement Model: Kano Lean Six Sigma for Software Maintanance Project, Arab J Sci Eng, 41: 997-1014.

[ Azham Hussain, 2015, Eliciting User Satisfiying Requirements For An e-Health Awareness System Using Kano Model, Recent Advances in Cumpoter Science, ISBN : 978-1-61804-297-2

Aulia Bayu Yushila, 2017, Analisis Kepuasan Konsumen dengan Metode Fuzzy Servqual dan Quality Function Deployment, Jurnal Teknologi pertanilan, Vol.18 No.2: 107-118.

Edi Rustam Aji, 2016, Pengembngan Produk Lampu Meja Belajar dengan Metode Kano dan Quality Function Deployment (QFD), Jurnal Of Research and Technology, Vol.2 No. 2 E-ISSN:2477-6165

Hasan Mastrisiswadi, 2016, Analisis Kebutuhan Robot Rehabilitasi pasien pasca stroke dengan menggunakan metode Kano, Jurnal Ilmiah Teknik Industri, Vo.15 No.2 :151-156 E-ISSN: 2460-4038

Kartika Botutihe, 2018, Analisis Sistem Antrian Teller guna Optimalisasi Pelayanan Pada PT. Bank Negara Indonesia (BNI) 46 Cabang Unit Kampus Manado, Jurnal EMBA, Vol.6 No.3: 1388-1397, ISSN 2303-1174




DOI: http://dx.doi.org/10.22303/infosys.6.1.2021.83-92

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Kantor Redaksi InfoSys Journal. Gedung LPPM Lt2, Kampus Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241

 

Qries Qries Qries Qries Qries Qries

 

Creative Commons License
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.