Penerapan Metode Single Exponential Smoothing Dalam Sistem Informasi Perkiraan Penjualan Material Alat Berat Pada PT. Ari Putra Brass

Nirmala Wilda, Charles Bronson Harahap

Sari


PT. Ari Putra Brass Medan adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang produksi alat berat. Perusahaan sering mengalami kendala, khususnya masalah Prediksi Penjualan  material alat berat untuk periode berikutnya. Masalah tersebut diantaranya adalah dalam Penjualan  material alat berat harus berdasarkan persetujuan dari mandor, sebelum ada persetujuan dari mandor maka materil tidak dapat dibeli, sehingga sering terjadi stok material yang kurang dalam proses Penjualan . Bagian administrasi harus memperoleh persetujuan dari bagian inventori untuk melakukan Penjualan  material sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama dalam pembuatan laporan Penjualan  material. Perusahaan juga kesulitan dalam pembuatan laporan prediksi Penjualan  material alat berat disebabkan oleh sistem pengolahan data yang masih menggunakan cara semi komputerisasi.  Kesalahan pembuatan laporan prediksi Penjualan  material alat berat diatas disebabkan oleh sistem pengolahan data yang masih menggunakan cara semi komputerisasi khususnya dalam pembuatan laporan Penjualan  material alat berat, dan proses Prediksi peramalan Penjualan  material alat berat sehingga tidak efisien karena membutuhkan waktu yang lama dalam proses penentuan prediksi Penjualan  material alat berat dan laporan Penjualan  material alat berat tidak dapat diperoleh dengan cepat, yang menjadi bahan penelitian penulis adalah data Penjualan  material alat berat pada tahun 2015, tahun 2016, tahun 2017, tahun 2018 dan dan tahun 2019.

 


Kata Kunci


: Peramalan, Penjualan, Single Exponential Smothing, PHP, Mysql

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Setyowati, A. A. (2017). Penerapan Metode Single Exponential Smoothing dan Double Exponential Smoothing Pada Peramalan Penjualan Pakaian. Artikel Skripsi.

Margi, K., & Pendawa, S. (2015). Analisa dan penerapan metode single exponential smoothing untuk prediksi penjualan pada periode tertentu (studi kasus: Pt. Media Cemara Kreasi). Prosiding SNATIF, 2.

Margi, K., & Pendawa, S. (2015). Analisa dan penerapan metode single exponential smoothing untuk prediksi penjualan pada periode tertentu (studi kasus: Pt. Media Cemara Kreasi). Prosiding SNATIF, 2.

Okwara, N. K. M. T. (2013). Sistem Peramalan Dan Monitoring Persediaan Obat Di Rspg Cisarua Bogor Dengan Menggunakan Metode Single Exponential Smoothing Dan Reorder Point. J. Ilm. Komput. dan Imformatika, 45-52.

Fachrurrazi, S. (2019). Peramalan Penjualan Obat Menggunakan Metode Single Exponential Smoothing Pada Toko Obat Bintang Geurugok. TECHSI-Jurnal Teknik Informatika, 7(1), 19-30.

Nurlifa, A., & Kusumadewi, S. (2017). Sistem Peramalan Jumlah Penjualan Menggunakan Metode Moving Average Pada Rumah Jilbab Zaky. INOVTEK Polbeng-Seri Informatika, 2(1), 18-25.




DOI: http://dx.doi.org/10.22303/infosys.5.2.2021.172-181

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Kantor Redaksi InfoSys Journal. Gedung LPPM Lt2, Kampus Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241

 

Qries Qries Qries Qries Qries Qries

 

Creative Commons License
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.