PENERAPAN DATA MINING UNTUK PREDIKSI PENJUALAN ALAT MEDIS MENGGUNAKAN ALGORITMA C4.5 PT. MURNI INDAH SENTOSA

Abdul Fikri, Wiwi Verina

Sari


Alat Medis merupakan perangkat apapun atau peralatan yang bertujuan untuk keperluan para dokter-dokter yang bertugas di rumah sakit maupun klinik. PT. Murti Indah Sentosa perusahaan yang bergerak di bidang penjualan alat medis. Dalam bisnisnya, perusahaan ini sering kali dihadapkan dengan permasalahan menentukan persedian stok alat medis dan tidak dapat mengatasi prediksi penjualan pada periode berikutnya. Sehingga dengan cara seperti ini perusahaan sering kali mengalami kesulitan dalam menentukan persediaan stok alat medis, jadi aplikasi pada sistem yang lama sangat sulit untuk membantu manager dalam menentukan prediksi penjualan untuk priode berikutnya. Tidak jarang stok alat medis yang diminta merupakan stok yang peminatnya kurang dan terjadi penumpukan stok di gudang. Untuk menyelesaikan masalah tersebut dibutuhkan suatu teknologi sistem informasi yang akan membantu manajemen dalam mengelola perusahaan agar setiap keputusan yang diambil ditunjang dengan informasi aktual dan dapat dipercaya. Salah satu teknik yang ada pada data mining adalah klasifikasi dengan algoritma C4.5. Pada penelitian ini akan dibahas teknik klasifikasi yang diterapkan untuk menganalisa data penjualan terutama hal yang berkaitan dengan transaksi penjualan alat medis. Kesimpulan yang diperoleh yaitu dengan menggunakan data mining algoritma C4.5 dapat membantu perusahaan dalam menentukan prediksi penjualan alat medis. Sehingga aplikasi data mining yang dibangun dapat langsung digunakan oleh perusahaan dan dapat dirasakan manfaatnya.


Kata Kunci


Alat Medis; Data Mining; Algoritma C4.5; Prediksi Penjualan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Kamal, I. M., & Ilyas, R. (2017). PREDIKSI PENJUALAN BUKU MENGGUNAKAN DATA MINING DI PT. NIAGA SWADAYA. SEMNASTEKNOMEDIA ONLINE, 5(1), 2-1.

Eska, J. (2018). Penerapan Data Mining Untuk Prediksi Penjualan Wallpaper Menggunakan Algoritma C4. 5.

Nasari, F. (2017, October). Penerapan Algoritma C4. 5 dalam Pemilihan Bidang Peminatan Program Studi Sistem Informasi di Stmik Potensi Utama Medan. In Seminar Nasional Informatika (SNIf) (Vol. 1, No. 1, pp. 30-34).

Yunus, M., Dachlan, H. S., & Santoso, P. B. (2014). SPK Pemilihan Calon Pendonor Darah Potensial dengan Algoritma C4. 5 dan Fuzzy Tahani. Jurnal EECCIS, 8(1), 47-54.

Harahap, F. (2018). Penerapan data Mining dalam Pemilihan Mobil menggunakan Algoritma C4. 5. Jurnal VOI (Voice Of Informatics), 7(1).

Saleh, A. (2015). Penerapan Data Mining Dengan Metode Klasifikasi Naïve Bayes Untuk Memprediksi Kelulusan Mahasiswa Dalam Mengikuti English Proficiency Test. no. February, 2016.

Darrma, S., Defit, S., Hartama, D., Robiansyah, W., & Firzada, F. (2020, July). Penerapan Metode K-Means Dalam Pengolompokan Jumlah Wisatawan Asing Di Indonesia. In Prosiding Seminar Nasional Riset Information Science (SENARIS) (Vol. 2, pp. 255-261).

Nasution, R. S., Verina, W., & Tanjung, M. R. (2020). Rancang Bangun Aplikasi Pemilihan Pegawai Berprestasi Dengan Metode Profile Matching Berbasis Android Pada BPJS Ketenagakerjaan. Jurnal Mahasiswa Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, 1(1), 666-680.

Cynthia, E. P., & Ismanto, E. (2018). Metode Decision Tree Algoritma C. 45 Dalam Mengklasifikasi Data Penjualan Bisnis Gerai Makanan Cepat Saji. Jurasik (Jurnal Riset Sistem Informasi dan Teknik Informatika), 3, 1-13.

Amalia, Y. R. (2018). Penerapan Data Mining Untuk Prediksi Penjualan Produk Elektronik Terlaris Menggunakan Metode K-Nearest Neighbor (Studi Kasus: PT. Bintang Multi Sarana Palembang) (Doctoral dissertation, UIN RADEN FATAH PALEMBANG).




DOI: http://dx.doi.org/10.22303/infosys.5.1.2020.70-83

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Kantor Redaksi InfoSys Journal. Gedung LPPM Lt2, Kampus Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241

 

Qries Qries Qries Qries Qries Qries

 

Creative Commons License
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.