Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Madrasah Ibtidaiyah Terbaik Dengan Kombinasi Metode Profile Matching Dan Fuzzy SAW

Indah Widiastuti, Lili Tanti, Daifiria Daifiria

Sari


Saat ini Kantor Kementrian Agama Kab. Langkat belum menggunakan sistem dalam pengambilan keputusan yang berkaitan dengan Pemilihan Madrasah Ibtidaiyah Terbaik, sebelumnya masyarakat hanya bertanya kepada tetangga untuk mengetahui apakah madrasah tersebut terbaik atau tidak. Masalah yang terjadi masyarakat tidak adanya data yang efesien untuk membuktikan madrasah tersebut terbaik atau tidak. Untuk itu memerlukan suatu sistem yang dapat membantu Kantor Kementrian Agama dalam pengambilan keputusan Pemilihan madrasah ibtidaiyah terbaik dengan menyediakan alternative pilihan dengan mempertimbangkan beberapa unsur dari setiap kriteria yang sudah ditentukan. Adapun hasil penelitian: Aplikasi sistem pendukung keputusan yang di bangun dapat memberikan keputusan dalam pemilihan madrasah ibtidaiyah terbaik.


Kata Kunci


Pemilihan Madrasah Ibtidaiyah; Sistem Pendukung Keputusan; Kombinasi Metode Profile Matching; Fuzzy SAW

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Angeline, M. (2018). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Karyawan Terbaik Menggunakan Metode Profile Matching. Jurnal Ilmiah Smart, 2(2), 45-51.

Handayani, R. I. (2017). Sistem pendukung keputusan pemilihan karyawan berprestasi dengan metode profile matching pada PT. Sarana Inti Persada (SIP). Jurnal Pilar Nusa Mandiri, 13(1), 28-34.

Hastuti, T. P., & Wismarini, T. D. (2019). Implementasi Metode Fuzzy Saw Untuk Pemilihan Laptop Pada Sistem Pendukung Keputusan Berbasis Web.

Muslihudin, M., Kurniawan, D., & Widyaningrum, I. (2017). Implementasi Model Fuzzy SAW Dalam Penilaian Kinerja Penyuluh Agama (Studi Kasus: Kementerian Agama Kabupaten Pringsewu). Jurnal TAM (Technology Acceptance Model), 8(1), 39-44.

Negoro, S. Y., & Abadi, S. (2017). Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Menggunakan Metode Fuzzy Sample Additive Weighting (SAW) Dalam Menentukan Kelaikan Installasi Listrik Yang Terpasang Di Rumah Pelanggan. Jurnal TAM (Technology Acceptance Model), 5, 73-79.




DOI: http://dx.doi.org/10.22303/infosys.5.1.2020.60-69

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Kantor Redaksi InfoSys Journal. Gedung LPPM Lt2, Kampus Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241

 

Qries Qries Qries Qries Qries Qries

 

Creative Commons License
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.