Penerapan E-Customer Relationship Pada PT. Kimia Farma Berbasis Web

Bagus Pramana Putra, Evri Ekadiansyah

Sari


Hasil penjualan PT. Kimia Farma dipasarkan hingga sekitaran luar kota. Seiring dengan misi perusahaan untuk meningkatkan kepuasan dan membina hubungan baik dengan pelanggan, maka dibutuhkan suatu konsep manejem customer yang baik. Sistem yang berjalan pada perusahaan masih menggunakan aplikasi sederhana, sehingga pelanggan yang akan memesan produk harus datang langsung atau menghubungi pihak perusahaan untuk melakukan proses pemesanan produk, kemudian pihak perusahaan akan konfirmasi pemesanan produk, setelah itu melakukan proses pembayaran pemesanan produk dengan datang langsung pada perusahaan. Seiring dengan misi perusahaan untuk meningkatkan kepuasan management customer yang baik. Salah satu konsep yang dapat diadopsi untuk merespon hal ini adalah dengan menerapkan suatu Customer Relationship Management yang dapat menghubungkan perusahaan dan customer secara langsung (online) yang disebut E-CRM. Ada banyak sekali alasan mengapa penerapan E-CRM sangat penting untuk perusahaan. Melalui pengunaan E-CRM perusahaan bisa mendapatkan manfaat untuk penjualan, pemasaran, pelayanan dan juga aktivitas perusahaan lainnya. E-CRM juga dapat mempermudah pelanggan dalam mendapatkan informasi yang diperlukan dari perusahaan tersebut. Hal ini menjadi sarana untuk mempertahankan hubungan perusahaan dengan pelanggan demi mewujudkan loyalitas pelanggan, dengan merancang system yang baru maka pelanggan dan pihak perusahaan akan dapat melakukan kerja sama yang baik dengan transaksi pemasaran.


Kata Kunci


E-CRM; PHP; Mysql

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Solichin, A. (2016). Pemrograman web dengan PHP dan MySQL. Penerbit Budi Luhur.

Afrina, M., & Ibrahim, A. (2013). Rancang Bangun Electronic Costumer Relationship Management (E-CRM) Sebagai Sistem Informasi Dalam Peningkatan Layanan Perpustakaan Digital Fakultas Ilmu Komputer Unsri. Jurnal Sistem Informasi (JSI), 5(2), 629-644.

Anwar, S., Efendi, Y., Rustam, R., & Andrew, A. (2016). Perancangan Sistem Informasi Pendaftaran Mahasiswa Baru dan Pengisian Kartu Rencana Studi (KRS) AMIK Wahana Mandiri Berbasis Web Mobile. Studia Informatika: Jurnal Sistem Informasi, 9(1).

Aprianti, W., & Maliha, U. (2016). Sistem Informasi Kepadatan Penduduk Kelurahan Atau Desa Studi Kasus Pada Kecamatan Bati-Bati Kabupaten Tanah Laut. Jurnal Sains dan Informatika, 2(1).

Rahman, A. A., Supaidi, A., Aslamiah, I., & Ibrahim, A. (2018). Implementasi Customer Relationship Management (Crm) Pelayanan Pelanggan (Corporate) Divisi Bges Pada Pt Telkom Witel Sumsel. JRMSI-Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 9(1), 72-78.

Candra, C. (2017). Perancangan Mebel Multifungsi untuk “Daily Treats” Surabaya. Intra, 5(2), 322-331.

Ekadiansyah, E., & Kurniawan, H. (2015). PERANCANGAN E-CRM (CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT) PADA PT. SONYA FM MEDAN. SEMNASTEKNOMEDIA ONLINE, 3(1), 3-3.

Darmawan, H., Ari, O., & Aditya, A. (2018, July). Analisis dan Perancangan Electronic Customer Relationship Management pada Cetta Mom and Baby Spa Pontianak. In Proceeding Seminar Nasional Sistem Informasi dan Teknologi Informasi (Vol. 1, No. 1, pp. 611-615).

Adnyana, I. M. B. (2016). Perancangan Sistem Informasi Akademik STIKES Wira Medika Bali Berbasis Desktop. Jurnal Sistem dan Informatika (JSI), 10(2), 49-58.

Linda, D. (2016). Analisis Sistem Informasi Pengawas Keamanan dan Kesehatan Makan pada Dinas Kesehatan Kota Bandar Lampung. EXPERT: Jurnal Manajemen Sistem Informasi dan Teknologi, 6(2).

Munte, M. H. M. (2016). Sistem Informasi Akuntansi. Edisi Pertama Universitas HKBP Nommensen

Sutopo, P., Cahyadi, D., & Arifin, Z. (2017). Sistem Informasi Eksekutif Sebaran Penjualan Kendaraan Bermotor Roda 2 di Kalimantan Timur Berbasis Web.

Yesputra Rolly, 2017. Belajar Visual Basic .Net Dengan Visual Studio 2010. Royal Asahan Press, Kisaran.

Mulyani, S. (2017). Metode Analisis dan perancangan sistem. Abdi Sistematika.

Musrifah, M. (2017). Implementasi Teknologi Informasi Menggunakan Human Organization Technology (HOT) Fit Model di Perpustakaan Perguruan Tinggi. JIPI (Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi), 2(2), 222-242.




DOI: http://dx.doi.org/10.22303/infosys.5.1.2020.25-36

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Kantor Redaksi InfoSys Journal. Gedung LPPM Lt2, Kampus Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241

 

Qries Qries Qries Qries Qries Qries

 

Creative Commons License
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.