Penilaian Postur Kerja Operator Pada UKM XYZ Dengan Metode Biomekanika

Vidi Agung Fragastia, Muhammad Denil Ramadhan

Sari


nelitian ini bertujuan untuk mendapatkan nilai postur pekerja dan memberikan rekomendasi perbaikan sistem kerja dari proses persiapan, proses pengirisan dengan mesin, proses penggorengan dan pengemasan yang dilakukan operator pada UKM XYZ. Kegiatan tersebut masih menggunakan mesin tradisional dan peralatan sederhana sehingga operator melakukan aktivitas membungkuk yang cukup lama. Hal tersebut dapat menyebabkan keluhan musculoskeletal disorders (MSDs). UKM XYZ bergerak di bidang olahan makanan ringan berbahan dasar singkong atau ubi kayu. Penelitian dilakukan melalui beberapa tahapan, yaitu mendokumentasikan postur operator yang dilakukan saat bekerja, mengetahui skor, level risiko dan level tindakan dengan metode RULA, REBA, OWAS dan QEC serta memberikan rekomendasi solusi terhadap risiko ergonomi pada pekerja. Penelitian ini akan membandingkan metode-metode tersebut, dengan mengevaluasi input, proses (metodologi) dan outputnya. Hasil penilaian menunjukkan bahwa dari kelima elemen kerja, nilai paling beresiko terjadi MSDs pada pekerja terdapat di elemen kerja ketiga (menggoreng). Dari keempat metode menunjukkan hasil action level 3 pada elemen kerja ketiga. Dengan kata lain pemeriksaan harus segera dilakukan dan perubahan harus dilakukan secepatnya untuk menghindari gangguan pada sistem otot-rangka karena pembebanan yang terus-menerus.

Kata Kunci


Biomekanika; Ergonomi; Penilaian Postur Kerja; UKM;

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Tarwaka, P., & Bakri, L. S. (2010). Ergonomi Industri Dasar-Dasar Pengetahuan Ergonomi Dan Aplikasi Di Tempat Kerja. Solo: Harapan Press Solo.

Martaleo, M. (2012). Perbandingan Penilaian Risiko Ergonomi dengan Metode REBA dan QEC (Studi Kasus pada Kuli Angkut Terigu).

Wijaya, W., Samsir, S., & Paramitha, A. (2018). Analisis Penilaian Tingkat Risiko Ergonomi Terhadap Kenyamanan Pekerja Pada PT. Wahana Barametal Pekanbaru. JOM FEB, 1(1), 1-11.

Hermanus, M. A. (2007). Occupational health and safety in mining-status, new developments, and concerns. Journal of the Southern African Institute of Mining and Metallurgy, 107(8), 531-538.

Siswanto, S., Pusporini, P., & Ismiyah, E. (2021). Analisis Postur Kerja Operator Sablon Karung Dengan Metode Rula Dan Wera. JUSTI (Jurnal Sistem dan Teknik Industri), 1(4), 591-608.

Yazid, B., & Situmorang, H. (2021). Hubungan Aktivitas Fisik Dengan Gangguan Muskuloskeletal Pada Perawat Di RSU Sundari Medan. Jurnal Keluarga Sehat Sejahtera, 19(2), 38-47.

Nurcahyani, W. F., & Tarwaka, P. (2021). Perbedaan Penilaian Postur Kerja Antara Metode Rula, Reba, Dan Owas Terhadap Gangguan Muskuloskeletal Pada Pekerja Kuli Panggul Wanita Pasar Legi Surakarta (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).




DOI: http://dx.doi.org/10.22303/iesm%20journal.3.1.2022.67-80

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Kantor Redaksi IESM Journal

Gedung LPPM Lt2, Kampus Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241