Analisis Produktivitas Dengan Menggunakan Metode Marvin E. Mundel di CV. Bubut Riziq

Iswanto Rizky, Ismail Ismail

Sari


Perkembangan dunia industri yang sangat pesat menuntut suatu perusahaan harus memiliki kemampuan bersaing. Daya saing suatu perusahaan dapat diukur dengan produktivitas perusahaan tersebut. Perusahaan banyak gagal dalam merencanakan rencana produksi sehingga produktivitas menurun. Hal tersebut terjadi pada objek penelitian yaitu pada CV. Bubut Riziq. Tingkat produktivitas rendah diakibatkan adanya peningkatan biaya produksi sehubungan dengan adanya kendala-kendala yang dijumpai perusahaan seperti keterlambatan bahan.Objek penelitian merupakan perusahaan manufaktur yang memproduksi Engsel, Sambungan Pipa, Poros (Shafts), Mur, Baut, Drat Tirus, Bearing dan lain sebagainya. Pembuatan sebagian produk dapat memakan waktu hingga 12 jam. Hal ini mengakibatkan waktu penyelesaian produk sering tidak dapat diduga. Oleh karena itu perlu dilakukan pengukuran produktivitas. Penelitian ini menggunakan metode Marvin E. Mundel, metode ini digunakan sebagai pengukuran tingkat produktivitas perusahaan dengan menitikberatkan biaya produksi sebagai input (biaya depresiasi mesin, material, tenaga kerja, maintenance mesin serta energi dan utiltas)dan produk yang dihasilkan sebagai output.Dari pengukuran produktivitas didapatkan hasil indeks produktivitas parsial tertinggi yang dicapaioleh perusahaan yaitu pada bulanNovember 2019 sebesar 140,64% untuk depresiasi, produktivitas material bulan Juli 2020 sebesar 100,50%, produkyivitas tenaga kerja bulan Juli 2020 sebesar 138,87%, produktivitas energi dan utilitas bulan Juli 2020 sebesar 130,14%, dan produktivitas maintenance sebesar 70,28 %. Sedangkan untuk indeks produktivitas parsial terendah yang dicapai oleh perusahaan terjadi pada bulan Agustus 2019 sebesar 55,05% untuk depresiasi,38,90% untuk material, 55,05 untuk tenaga kerja %, , 57,41% untuk energi dan utilitas dan 27,51% untuk produktivitas maintenance. Indeks produktivitas total tertinggi dicapai pada bulan Juli yaitu sebesar 117,65 % dan yang terendah terjadi pada bulan oktober 2019 sebesar 49,78%. Evaluasi serta peningkatan produktivitas di CV. Bubut Riziq untuk periode yang akan datang dilakukan dengan diagram sebab akibat. Berdasarkan hasil pengukuran dan hasil evaluasi produktivitas, peningkatan produktivitas dapat dilakukan dengan cara perbaikan dari masing-masing input antara lain meningkatkan pemeliharaan dan perawatan terhadap mesin produksi, meningkatkan pengawasan terhadap karyawan, meningkatkan kontrol terhadap material yang dikirim dan lain sebagainya.

Kata Kunci


Produktivitas; Pengukuran Produktivitas; Metode Marvin E. Mundel;

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


. Sinulingga. Sukaria. 2010. Analisis dan Rekayasa Produktivitas. Medan : Universitas Sumatera Utara.

. Sumanth. David J.1984. Productivity Engineering andManagement. United States Of America: McGraw-Hill Book Company.

. Sutalaksana. Iftikar Z. 2005. Teknik Perancangan Sistem Kerja. Bandung: Penerbit ITB

. Gasperz, V. 2004. Manajemen Produktivitas Total: Strategi Peningkatan Produktivitas Bisnis Global. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

. Gaspersz , Vincent. 1998. Manajemen Produktivitas Total. Jakarta: Gramedia Utama.

. Herman, R.T.,Faisal S.,Rhiren R.M. 2008. Pengukuran Produktivitas Berdasarkan Model Mundel dan APC Untuk Menciptakan KeunggulanBiaya Produksi ( Studi Kasus : PT. ITS Jakarta). Jakarta.

. Mulyadi. 2007. Sistem Perencanaan dan Pengendalian Manajemen. Penerbit Salemba Empat. Jakarta.

. Pujotomo, D, Haryom S., Halimah, N. 2008. Analisis Pengukuran Produktivitas Pada CV. Citra Jepara Furniture. Jurnal Teknik Industri UNDIP. 3(1): 26-34

. Purnomo, H. 2004. Pengantar Teknik Industri. Graha Ilmu. Yogyakarta. Eko, M. H. 2010.

. Analisis Pengukuran Produktivitas Perusahaan dengan Menggunakan Metode Marvin E. Mundel di PTPN IV Pks Pabatu, Tebing Tinggi. USU. Medan.

. Purnama, R. 2008. Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Pada Bagian Produksi CV. Epsilon Bandung. Jurnal Pendidikan Manajemen Bisnis. 7(14).

. Rejeki, K.S, Sinulingga, S, Tarigan, U. 2013. Evaluasi dan Analisis Produktivitas dengan menggunakan Metode Marvin E. Mundel di PT. XYZ. Jurnal Teknik Industri FT USU 2(1): 48-53.

. Sondang P. Siagian. 2009. Kiat Meningkatkan Produktivitas Kerja. PT. Rineka Cipta. Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.22303/iesm%20journal.3.1.2022.56-66

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Kantor Redaksi IESM Journal

Gedung LPPM Lt2, Kampus Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241