ANALISA PENGENDALIAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU TBS MINYAK SAWIT DENGAN METODE MRP

Muhammad Anugrah, Yuli Setiawannie

Sari


Pada saat ini semakin berkembangnya dunia industri manufaktur, perusahaan-perusahaan industri akan bersaing dengan ketat untuk mencari keunggulan yang kompetitif yang menghasilkan produk-produk yang murah dan bermutu. Pada perusahaan PT.XYZ terdapat permasalahan pada persediaan buah kelapa sawit, yaitu adanya kekurangan bahan baku untuk proses pembuatan CPO. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengendalian persediaan bahan baku dengan metode MRP agar dapat mengurangi waktu tunggu persediaan dan mengetahui pengaruh pengendalian persediaan bahan baku terhadap produksi minyak CPO. Tahapan penelitian ini dimulai dengan melakukan perencanaan jumlah bahan baku setiap bulan melalui peramalan untuk masa akan datang yang diperoleh dari data permintaan bahan baku CPO pada tahun 2019-2020, serta metode MRP teknik Lot For Lot akan digunakan untuk perencanaan bahan baku setiap bulannya agar terpenuhi buah kelapa sawit pada saat proses produksi. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini adalah terdapat 11 kali pemesanan buah kelapa sawit, dan hasil pengolahan data dengan metode MRP teknik lot for lot, diperoleh kebutuhan awal bahan baku untuk produksi CPO sebesar 11,7752 MT. Pengaruh pengendalian persediaan bahan baku dengan metode MRP terhadap produksi CPO adalah waktu tunggu untuk persediaan awal terpenuhi, serta tidak terdapat bahan baku yang tersisa karena buah kelapa sawit mudah membusuk dalam keadaan terlalu lama, dan metode MRP teknik lot for lot juga tidak menggunakan safety stock sehingga perusahaan dapat optimal dalam pengendalian persediaan bahan baku setiap bulan.

Kata Kunci


MRP, Pengendalian Bahan Baku, Peramalan, Lot For Lot

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Kusuma, T. Y. T. (2017). Analisis Material Requirement Planning (MRP) di C-Maxi Alloycast. Integr. Lab J, 5(2), 81-94.

Gaspersz, V. (2001). Production Planning and Inventory Control. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

DADANG FIRMANSYAH, M. O. C. H. A. M. M. A. D., & Riandadari, D. (2019). Penerapan Material Requirements Planning (MRP) Dalam Perencanaan Persediaan Bahan Baku Produk Multi–PLY Conveyor Belt Construction Di PT. Karet Ngagel Surabaya Wira Jatim. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 8(2).

Wahyuni, A., & Syaichu, A. (2015). Perencanaan Persediaan Bahan Baku dengan Menggunakan Metode Material Requirement Planning (MRP) Produk Kacang Shanghai pada Perusahaan Gangsar Ngunut-Tulungagung. Spektrum Industri, 13(2), 141-156.

Widyastuti, S. (2009). Analisis Pengendalian Persediaan Inti Sawit (Studi Kasus Dapartemen Palm Kernel Crushing PT. Sinar Alam Permai (PT.SAP) Mariana, Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan).

Zahra, Z. S., & Fahma, F. (2020, November). Implementasi Metode MRP untuk Pengendalian Bahan Baku Produk ABC Pada PT XYZ. In Semin. dan Konf. Nas. IDEC 2020 (pp. 1-11).

Wibisono, G., Rahayuningsih, S., & Santoso, H. B. (2017). Analisis Penerapan MRP Terhadap Perencanaan Dan Pengendalian Persediaan Bahan Baku Pada PT. Latif Di Kediri. Jurnal Jati Unik, 1, 40-46.

Kurnia, D., Bastuti, S., & Istiqomah, B. N. (2018). Analisis Pengendalian Bahan Baku Pada Produk Tas Dengan Menggunakan Metode Material Requirements Planning (Mrp) Untuk Meminimalkan Biaya Penyimpanan Di Home Industry Amel Collection. Jitmi (Jurnal Ilmiah Teknik Dan Manajemen Industri), 1(1), 22-28.

Zaen, M. T. A., Fatmah, S., & Imtihan, K. (2020). IMPLEMENTASI METODE MRP (MATERIAL REQUIREMENT PLANNING) UNTUK MENCAPAI TARGET PRODUKSI PAKAIAN BERBASIS WEB (Studi Kasus: UD. Darmawan Desa Selagek). Jurnal Informatika dan Rekayasa Elektronik, 3(1), 11-19.

Lestari, S., & Nurdiansah, D. D. (2018). Analisa perencanaan kebutuhan material pada perusahaan manufaktur kertas dengan metode material requirement planning (MRP). Jurnal INTECH Teknik Industri Universitas Serang Raya, 4(2), 59-64.




DOI: http://dx.doi.org/10.22303/iesm%20journal.2.1.2021.67-73

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Kantor Redaksi IESM Journal

Gedung LPPM Lt2, Kampus Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241