Analisa Pengendalian Kualitas Produk Ikan Tuna Dengan Metode Six Sigma Dan Analisa Kaizen di PT. Medan Tropical Canning & Industri Frozen

Hironimus DD Samosir, Yuli Setiawannie

Sari


PT. Medan Tropical Canning & Frozen dihadapkan pada permasalahan yaitu sering terjadinya keluhan pelanggan terhadap kualitas produk yang tidak sesuai permintaan khususnya pada produk ikan dikarenakan sistem pengendalian kualitas belum efektif. Penelitian ini difokuskan pada jenis produk ikan tuna dengan jumlah defect terbesar dibandingkan dengan produk lainnya yaitu sebesar 3,67 Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jumlah produk cacat dan nilai Sigma, untuk mengindetifikasi faktor-faktor yang paling berpengaruh pada kecacatan produksi ikan tuna, dan menganalisa tindak perbaikan yang tepat untuk mengurangi produk cacat (defect) dengan metode Six Sigma DMAIC dan Kaizen di PT. Medan Tropical Canning & Frozen. Tahap- tahap penelitian ini terdiri dari pengamatan secara langsung kepada proses produksi di lapangan, mengolah data dengan tahapan DMAIC, dan memberikan usulan perbaikan dengan analisa kaizen. Berdasarkan hasil pengolahan data dan analisa, maka diperoleh total kecacatan produk ikan tuna yaitu busuk (55.616), tidak register (8.552), dan rusak (7.129). Nilai DPMO proses sebesar 14836,8626 dengan nilai Sigma sebesar 3,67. Faktor-faktor yang menyebabkan kecacatan produk untuk parameter cacat busuk adalah mesin, manusia, metode, dan ingkungan. Dengan usulan perbaikan melalui Kaizen adalah (Seiri) yaitu memisahkan barang yang diperlukan dan tidak diperlukan dan akan menyimpannya, seperti alat-alat yang rusak dan alat-alat tidak bisa digunakan lagi serta barang yang tidak dibutuhkan. (Seiton) yaitu mengatur letak bahan dan barang sesuai tempatnya agar pekerja mudah menemukan bahan atau barang yang dibutuhkan yang bertujuan untuk mempelancar proses produksi. (Seiso) adalah membersihkan semua fasilitas dan lingkungan kerja serta membuang sampah pada tempatnya dan menghimbau kepada seluruh pekerja untuk menjaga kebersihan lingkungan kerja, (Seiketsu) adalah memelihara semua barang ataupun peralatan, mesin, pakaian, tempat kerja, dan material lainnya yang berhubungan dengan proses produksi, sehingga kodisinya tetap bersih, terawatt, dan tertata rapi, (Shitsuke) adalah memperbaiki sikap untuk memenuhi dan mematuhi peraturan-peraturan dan displin kerja mengenai kebersihan dan kerapian terhadap peralatan dan tempat kerja

Kata Kunci


Kualitas Produk, Pengendalian Kualitas, Six Sigma DMAIC, Kaizen

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agus, A. (1985). Pengendalian Produk, Edisi 2 BPFE. Yogyakarta

Assauri, S. (1998). Manajemen operasi dan produksi. Jakarta: LP FE UI, 210.

Gaspersz, V. (2003). Sistem manajemen kinerja terintegrasi Balanced scorecard dengan six sigma untuk organisasi bisnis dan pemerintah. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Hidayat, A. (2007). Strategi six sigma+ CD. Elex Media Komputindo.

Saripudain, A. A., & Satar, M. (2020). ANALISA PENGENDALIAN KUALITAS PRODUK BRCKET ELECTRK AIR BUS 380 DENGAN METODE SIX SIGMA PADA AREA PROFILE PRESS FORMING DI PT. X. Jurnal Industri Elektro dan Penerbangan, 4(3).

Delvika, Y. (2018). Analisa Pengendalian Kualitas Refined Bleached Deodorized Palm Oil Dengan Menggunakan Metode Taguchi Pada PT. XYZ. Jurnal Sistem Teknik Industri, 20(1), 48-53.

Ekawati, R., & Rachman, R. A. (2017). Analisa pengendalian kualitas produk horn PT. MI menggunakan Six Sigma. Journal Industrial Servicess, 3(1a).

Chandradevi, A., & Puspitasari, N. B. (2016). Analisa Pengendalian Kualitas Produksi Botol X 500 Ml Pada PT. Berlina, Tbk Dengan Menggunakan Metode New Seven Tools. Industrial Engineering Online Journal, 5(4).

Wiyatno, T. N., & Fachraji, R. A. (2016). Analisa Pengendalian Kualitas Untuk Mengurangi Cacat Pada Hasil Produksi Genteng Keramik Berglazur Di PT. XYZ. Prosiding Semnastek.

Sirine, H., & Kurniawati, E. P. (2017). Pengendalian Kualitas Menggunakan Metode Six Sigma (Studi Kasus pada PT Diras Concept Sukoharjo). Asian Journal of Innovation and Entrepreneurship, 2(03), 254-290.

Saripudain, A. A., & Satar, M. (2020). ANALISA PENGENDALIAN KUALITAS PRODUK BRCKET ELECTRK AIR BUS 380 DENGAN METODE SIX SIGMA PADA AREA PROFILE PRESS FORMING DI PT. X. Jurnal Industri Elektro dan Penerbangan, 4(3).

Harahap, B., Parinduri, L., & Fitria, A. A. L. (2018). Analisis Pengendalian Kualitas Dengan Menggunakan Metode Six Sigma (Studi Kasus: PT. Growth Sumatra Industry). Buletin Utama Teknik, 13(3), 211-218.




DOI: http://dx.doi.org/10.22303/iesm%20journal.2.1.2021.42-53

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Kantor Redaksi IESM Journal

Gedung LPPM Lt2, Kampus Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241