Perancangan Aplikasi Absensi Menggunakan QR Code Berbasis Android

Akhiruddin Pulungan, Alfa Saleh

Sari


Absensi dapat diartikan sebagai sebuah tanda kehadiran sesorang untuk dapat menandakan bahwa seseorang tersebut sudah melakukan absensi yang dimana nantinya hasil absensi akan dibuat menjadi sebuah laporan kehadiran baik pada perusahaan, pabrik, rumah sakit dan sekolah yang menjadikan absensi sebagai tanda kehadiran. Sesuai dengan perkembangan teknologi saat ini, proses absensi juga sudah banyak perkembangannya mulai dari sistem manual hingga sistem terkomputerisasi seperti saat ini. Didalam institusi pendidikan termasuk sekolah absensi sangat penting perannya dalam menunjang perkembangan siswa, absensi bisa dikatakan penilaian paling utama dari seorang siswa sebab jika seorang siswa bermasalah dengan kehadirannya maka tentu saja akan berpengaruh juga pada penilaian hasil belajar siswa tersebut. Tetapi kebanyakan sekolah masih menerapkan sistem absensi manual dalam menandai kehadiran siswa, sehingga masih banyak celah kesalahan baik dari pihak guru ataupun siswa dalam menandai kehadiran. Oleh sebab itu dibutuhkan penanganan untuk menanggulangi kesalahan tersebut yaitu dengan merancang sebuah sistem aplikasi absensi berbasis android dengan memanfaat QR Code sebagai alat untuk membantu menandai kehadiran siswa. QR merupakan sebuah code dengan respon cepat dalam cara kerjanya dan code tersebut dapat dibaca melalui scanner (pembaca code) oleh karena itu sangat berguna untuk diterapkan dalam sistem absensi dan  android yang dimiliki siswa juga memiliki manfaat yang lebih berguna.


Kata Kunci


Absensi; QR Code; Android

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adhar, D., & Nababan, L. (2016). Perancangan Aplikasi Ujian Saringan Masuk Perguruan Tinggi Secara Online Berbasis Android (Studi Kasus Universitas Potensi Utama Medan). Techno. Com, 15(3), 217-223.

Rahmad, I. F., & Fragastia, V. A. (2017, October). Perancangan Navigasi Robot Berbasis Suara Menggunakan Android. In Seminar Nasional Informatika (SNIf) (Vol. 1, No. 1, pp. 320-324).

Mangunsong, P., Tanti, L., & Dewi, R. (2018). Aplikasi Game Catur Multiplayer Via Bluetooth Berbasis Android. IT (INFORMATIC TECHNIQUE) JOURNAL, 5(2), 118-127.

Kurniawan, H. (2016). Perancangan Aplikasi Penjualan Sepeda Motor pada CV. Yamaha SBM. SEMNASTEKNOMEDIA ONLINE, 4(1), 4-11.

Ahmad, A. (2016). Perancangan Aplikasi Komoditas Pertanian Berbasis Android. CSRID (Computer Science Research and Its Development Journal), 7(3), 190-200.

Juansyah, A. (2015). Pembangunan aplikasi child tracker berbasis assisted-global positioning system (a-gps) dengan platform android. Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika (KOMPUTA), 1(1), 1-8.

Ramadhan, T., & Utomo, V. G. (2014). Rancang Bangun Aplikasi Mobile untuk notifikasi Jadwal Kuliah Berbasis Android (Studi Kasus STMIK Provisi Semarang). Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi, 5(2), 2087-0868.

Setiawan, E. B., & Kurniawan, B. (2015). Perancangan Sistem Absensi Kehadiran Perkuliahan dengan Menggunakan Radio Frequency Identification (RFId). Jurnal CoreIT: Jurnal Hasil Penelitian Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi, 1(2), 44-49.

Sugiantoro, B. (2015). Pengembangan QR Code Scanner Berbasis Android Untuk Sistem Informasi Museum Sonobudoyo Yogyakarta. Telematika: Jurnal Informatika dan Teknologi Informasi, 12(2), 134-145.

Sulihati, A. (2016). Aplikasi Akademik Online Berbasis Mobile Android Pada Universitas Tama Jagakarsa, Volume XI, Nomor 1, Hal 18-19. Universitas Tama. Jagakarsa.

Wardhani, R., & Yaqin, M. H. (2013). Game Dasar-Dasar Hukum Islam Dalam Kitab Mabadi’ul Fiqh Jilid I. Jurnal Teknika, 5(2).

Aini, Q., Graha, Y. I., & Zuliana, S. R. (2017). Penerapan Absensi QRCode Mahasiswa Bimbingan Belajar pada Website berbasis YII Framework. Sisfotenika, 7(2), 207-218.

Pohan, N. (2016). Implementasi Barcode untuk Sistem Informasi Absensi pada PT. Coca Cola Distribution Indonesia Pekanbaru. Riau Journal Of Computer Science, 2(2), 87-102.

Hendini, A. (2016). Pemodelan UML sistem informasi monitoring penjualan dan stok barang (studi kasus: distro zhezha pontianak). Jurnal Khatulistiwa Informatika, 4(2).

Gata, W., & Gata, G. (2013). Penerapan Bahasa Pemrograman Java Dalam Sistem Informasi Penjualan Versi Desktop. Budi Luhur Information Technology, 10(1).

Agustin, F. (2015). Bussiness Process Reengineering Sistem Presensi Mahasiswa Berbasis Waktu Secara Paperless (Study Kasus: Stmik Potensi Utama). CSRID (Computer Science Research and Its Development Journal), 6(3), 159-170.

Setiawan, A. (2016). Penerapan Algoritma Gabor Wavelet Sebagai Keamanan Rumah Dengan Mengidentifikasi Wajah Berbasis Webcam. Eksplora Informatika, 5(2).

Tanjung, D. Y. H. (2019, December). RANCANG BANGUN APLIKASI PEMESANAN DAN PENJUALAN BERBASIS WEB DAN ANDROID PADA TOKO YT. WALL INTERIOR. In SENSITIf: Seminar Nasional Sistem Informasi dan Teknologi Informasi (pp. 717-728).

Arief, R. I., Wahyuni, L., & Puspita, K. (2020). PENERAPAN METODE LINEAR CONGRUENT METHOD (LCM) PADA PERANGKAT LUNAK TEBAK HURUF HIRAGANA BERBASIS ANDROID. IT (INFORMATIC TECHNIQUE) JOURNAL, 7(2), 63-71.

Syahputri, N., Indriani, U., Alfina, O., Astuti, E., Siregar, E. T., & Tanjung, Y. (2019, November). Child Development Application (Toddler) Based on Android. In 2019 7th International Conference on Cyber and IT Service Management (CITSM) (Vol. 7, pp. 1-5). IEEE.

Haryanto, E. V., Lubis, E. L., Saleh, A., & Lubis, N. I. (2019, November). Implementation of Augmented Reality of Android Based Animal Recognition using Marker Based Tracking Methods. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1361, No. 1, p. 012019). IOP Publishing.

Leman, D., & Akbar, M. B. (2018). SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (GIS) UNTUK PENANGGULANGAN KECELAKAAN BERBASIS ANDROID. IT (INFORMATIC TECHNIQUE) JOURNAL, 6(2), 217-225.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer. Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.
slot gacor slot demo slot gacor slot demo situs toto slot gacor slot gacor slot gacor slot deposit pulsa slot gacor slot demo slot gacor data macau slot kamboja slot pulsa slot gacor Slot Gacor 777 Slot demo Slot demo Slot demo slot gacor maxwin slot gacor server thailand slot gacor slot gacor slot gacor slot gacor Slot Gacor Maxwin