PENERAPAN SINEMATOGRAFI PADA FILM PILAR
Sari
Kemajemukan yang di tandai dengan keanekaragaman agama ini mempunyai kecendrungan kuat terhadap identitas agama masing masing. Indonesia merupakan salah satu contoh masyarakat yang multikultural. Multikultural masyarakat Indonesia tidah saja keanekaragaman suku, budaya, bahasa, ras tapi juga dalam hal agama. Metode penciptaan yang digunakan dibagi menjadi tiga tahap yaitu pra produksi, produksi dan pasca produksi. Teori yang digunakan dalam penciptaan film “Pilar” teori oleh Joseph V. Mascelli A.S.C terkait dengan teknik sinematografi yang terdiri dari komposisi, kamera angel dan kontinuti. bertujuan untuk mengetahui rancangan, konsep dan teknik sinematografi dalam memvisualkan cerita pada film “Pilar”. Hal ini memberikan nilai nilai persatuan dan menegakan keadilan di tengah tengah masyarakat serta memberikan pesan kepada khalayak agar mampu menjaga kerukunan beragama dan toleransi kepada sesama. Jika hal ini terus berlangsung tanpa ada usaha untuk mengembangkan nilai nila persatuan Indonesia, maka akan sangat sulit untuk kita bersatu biheneka tunggal ika. Adapun studi kasus yang menjadi acuan dalam penelitian ialah film “Pilar”. Hasil penciptaan menunjukan bahwa konsep dan teknik sinematografi yang digunakan adalah konsep estetik yang di gunakan yaitu tatat cahaya, pencahayaan, dan warna pada film, sehingga membuat penonton menikmati dan mempermudah memahami jalan cerita pada film ini. Pesan tersebut dapat disampaikan dengan menggunakan aspek narasi, gesture, dan simbol yang diakomodasi dengan aspek visual.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Joseph V. Mascelli A.S.C (2010). Memahami Cinematograpy. Cataloguing : British Library.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.
Ginanjar Angga W (2017, 21). Pengantar Sinematografi.. Bandung. Cinematogray.
Aka Kamarulzaman (2005, 642). Kamus Ilmiah Sarapan Bahasa Indonesia
Erving Goffman (1959). Frame Analysis Publisher: Northeastern University Press,
Tanjung, M. R. (2019). FOTOGRAFI PONSEL (Smartphone) SEBAGAI SARANA MEDIA DALAM PERKEMBANGAN MASYARAKAT MODERN. PROPORSI: Jurnal Desain, Multimedia dan Industri Kreatif, 1(2), 224-234.
Atika, J., Minawati, R., & Waspada, A. E. B. (2019). IKLAN LAYANAN MASYARAKAT PEDULI SAMPAH. PROPORSI: Jurnal Desain, Multimedia dan Industri Kreatif, 3(2), 188-197.
Manesah, D. (2019). REPRESENTASI PERJUANGAN HIDUP DALAM FILM “ANAK SASADA” SUTRADARA PONTY GEA. PROPORSI: Jurnal Desain, Multimedia dan Industri Kreatif, 1(2), 179-189.
Manesah, D. (2019). REPRESENTASI PERJUANGAN HIDUP DALAM FILM “ANAK SASADA” SUTRADARA PONTY GEA. PROPORSI: Jurnal Desain, Multimedia dan Industri Kreatif, 1(2), 179-189.
Manesah, D. (2019). ASPEK SOSIAL BUDAYA PADA FILM MUTIARA DARI TOBA SUTRADARA WILLIAM ATAPARY. PROPORSI: Jurnal Desain, Multimedia dan Industri Kreatif, 2(2), 177-186.
Suryanto, S. (2019). ANALISIS PERBANDINGAN INTERPRETASI PENOKOHAN ANTARA NOVEL DAN FILM 99 CAHAYA DI LANGIT EROPA. PROPORSI: Jurnal Desain, Multimedia dan Industri Kreatif, 1(2), 153-164.
Giovani, G. (2019). REPRESENTASI “NAZAR” DALAM FILM INSYA ALLAH SAH KARYA BENNI SETIAWAN. PROPORSI: Jurnal Desain, Multimedia dan Industri Kreatif, 2(1), 59-70.
Sya'dian, T. (2019). ANALISIS SEMIOTIKA PADA FILM LASKAR PELANGI. PROPORSI: Jurnal Desain, Multimedia dan Industri Kreatif, 1(1), 51-63.
Wahyuni, S. (2019). ANALISIS PENYAJIAN PROGRAM TALK SHOW “ASSALAMUALAIKUM INDONESIA” DI SALAM TV MEDAN. PROPORSI: Jurnal Desain, Multimedia dan Industri Kreatif, 1(1), 64-76.
Sya'dian, T. (2019). BUNKASAI, KAJIAN SEMIOTIKA BUDAYA KONTEMPORER DARI PENGARUH FILM JEPANG. PROPORSI: Jurnal Desain, Multimedia dan Industri Kreatif, 2(1), 35-47.
Suprianingsih, S. (2019). IKLAN LAYANAN MASYARAK PEMANPAATAN LOTENG RUMAH SEBAGAI LAHAN HIDROPONIK. PROPORSI: Jurnal Desain, Multimedia dan Industri Kreatif, 3(2), 164-175.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by4.footer##
Fakultas Seni dan Desain. Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241