PENERAPAN TEKNIK EDITING SMASH CUT PADA PENCIPTAAN FILM JABANG
Sari
Analisis film pendek Jabang ini membahas tentang teknik editing smash cut pada film Jabang, yang terdiri dari beberapa transisi editing yang menggunakan teknik smash cut. Editing smash cut adalah teknik yang di potong secara tidak berurutan dengan tujuan estetika yang bertujuan untuk membuat penonton merasa di kejutkan dan tidak dapat menebak jalur cerita film. Semua teknik atau transisi tersebut sangat penting dari penulis terapkan dalam penciptaan film Jabang. Film Jabang adalah film fiksi bergenre Drama yang berdurasi 44menit, film Jabang mengangkat tema mengenai kokokan ayam malam-malam pertanda ada gadis yang hamil diluar nikah, mitos tersebut masih berkembang disebagian masyarakat di Indonesia. Film Jabang sendiri bersinopsis tentang satu keluarga tinggal dirumah warisan yang mulai kosong karena krisis ekonomi pada keluarga tersebut, suatu hari sang ayah (46tahun) bertekad untuk mencari pekerjaan kekampung orang dalam keadaan yang kurang sehat, kepergian sang ayah meninggalkan istrinya sumiati (38 tahun) dan dua orang anak, gadis (8tahun) bersama yuni (17tahun). Hingga suatu hari anak yang paling besar yuni (17tahun) melakukan hubungan suami istri yang kemudian diketahui hamil diluar nikah hingga membuat ibu marah besar sampai mengurungnya berbulan-bulan digudang. Hasil dari analisis di film jabang ini adalah editing yang digunakan banyak menggunakan transisi yang berbeda-beda dengan teknik editing smash cut yang bertujuan agar film menjadi lebih dramatis dan terlihat horror apalagi film jabang ini menggunakan warna kehijauan.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Pratista, Hilmawan. (2008). Memahami Film. Yogyakarta: Homerian Pustaka.
Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)
Arnheim, Rudolf. (1957). Film Art : University Of California Press.
Chase,2009:1). PengertianTemaNaratif
D.W Griffty , (1967). Teknik Editing dalamseni
Fachruddin, Andi. (2012). Dasar-dasar Produksi Program Televisi, Jakarta: Kencana.
Patz Created .(1997). Film Production Management. Book length:500. 419270.
Thompson and Christopher J.Bowen,2009:1). Pengertian Editing. France : Fox.
Wahid,200:65. FrosaFiksiEditing .
Widada. (2014). Cara Muda Kreasi Fotografi, Plus Editing Image : Pustaka Belajar.
Tanjung, M. R. (2019). FOTOGRAFI PONSEL (Smartphone) SEBAGAI SARANA MEDIA DALAM PERKEMBANGAN MASYARAKAT MODERN. PROPORSI: Jurnal Desain, Multimedia dan Industri Kreatif, 1(2), 224-234.
Atika, J., Minawati, R., & Waspada, A. E. B. (2019). IKLAN LAYANAN MASYARAKAT PEDULI SAMPAH. PROPORSI: Jurnal Desain, Multimedia dan Industri Kreatif, 3(2), 188-197.
Manesah, D. (2019). REPRESENTASI PERJUANGAN HIDUP DALAM FILM “ANAK SASADA” SUTRADARA PONTY GEA. PROPORSI: Jurnal Desain, Multimedia dan Industri Kreatif, 1(2), 179-189.
Manesah, D. (2019). REPRESENTASI PERJUANGAN HIDUP DALAM FILM “ANAK SASADA” SUTRADARA PONTY GEA. PROPORSI: Jurnal Desain, Multimedia dan Industri Kreatif, 1(2), 179-189.
Manesah, D. (2019). ASPEK SOSIAL BUDAYA PADA FILM MUTIARA DARI TOBA SUTRADARA WILLIAM ATAPARY. PROPORSI: Jurnal Desain, Multimedia dan Industri Kreatif, 2(2), 177-186.
Suryanto, S. (2019). ANALISIS PERBANDINGAN INTERPRETASI PENOKOHAN ANTARA NOVEL DAN FILM 99 CAHAYA DI LANGIT EROPA. PROPORSI: Jurnal Desain, Multimedia dan Industri Kreatif, 1(2), 153-164.
Giovani, G. (2019). REPRESENTASI “NAZAR” DALAM FILM INSYA ALLAH SAH KARYA BENNI SETIAWAN. PROPORSI: Jurnal Desain, Multimedia dan Industri Kreatif, 2(1), 59-70.
Sya'dian, T. (2019). ANALISIS SEMIOTIKA PADA FILM LASKAR PELANGI. PROPORSI: Jurnal Desain, Multimedia dan Industri Kreatif, 1(1), 51-63.
Wahyuni, S. (2019). ANALISIS PENYAJIAN PROGRAM TALK SHOW “ASSALAMUALAIKUM INDONESIA” DI SALAM TV MEDAN. PROPORSI: Jurnal Desain, Multimedia dan Industri Kreatif, 1(1), 64-76.
Sya'dian, T. (2019). BUNKASAI, KAJIAN SEMIOTIKA BUDAYA KONTEMPORER DARI PENGARUH FILM JEPANG. PROPORSI: Jurnal Desain, Multimedia dan Industri Kreatif, 2(1), 35-47.
Suprianingsih, S. (2019). IKLAN LAYANAN MASYARAK PEMANPAATAN LOTENG RUMAH SEBAGAI LAHAN HIDROPONIK. PROPORSI: Jurnal Desain, Multimedia dan Industri Kreatif, 3(2), 164-175.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by4.footer##
Fakultas Seni dan Desain. Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241