PENERAPAN SINEMATOGRAFI PADA PENCIPTAAN FILM FIKSI BERJUDUL “ JUARA “
Sari
Penciptaan karya film fiksi berjudul “JUARA” terkait dengan sinematografi bertujuan untuk mengetahui konsep dan teknik sinematografi dalam menvisualkan cerita kedalam film.. Film “JUARA” diangkat berdasarkan Fakta dan budaya dalam segi olahraga Silat yang ada di Indonesia, Tujuan menghasilkan film fiksi “JUARA”adalah untuk mengedukasi bagi masyarakat tentang bagaimana untuk menjaga dan melestarikan budaya adat istiadat serta menjaga panorama alam lokal yang ada disamosir Sumatera Utara. Metode penciptaan yang digunakan menjadi tiga tahap yaitu pra produksi, produksi, dan pasca produksi. Teori yang digunakan adalah Five C’s Cinematography (camera angle, continuity, cutting, close up, dan composisi oleh Joseph V. Mascelli A.s.c dan teori three point lighting (key light, fill light, dan back light). Konsep dan teknik sinematografi yang digunakan adalah konsep sinematografi Konsep Landscape dengan teknik angle kamera objektif sehingga penonton dapat dengan mudah memahami dan menikmati jalan cerita pada film. Komposisi dinamik dan simetris yang memanfaatkan elemen garis agar pandangan mata penonton langsung pada objek. Hasil yang diterapkan dalam konsep landscape pada penciptaan film fiksi “JUARA” untuk memperlihatkan keindahan panorama alam lokal yang dimiliki Sumatera Utara.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
ABDILLAH, G. A. W. D. F., & Ds, M. (2017). PERANCANGAN PROMOSI WISATA BAHARI
Dematra, Natasha. (2018). Bikin film itu gampang. Jakarta : Bhuana Ilmu Populer.
Fachruddin, Andi. (2012). Dasar-Dasar Produksi Televisi. Jakatra: Kencana.
James, M Linda. (2009). How To Write Great Screenplays. Cataloguing : British Library.
Joseph V. Mascelli A.S.C (2010). Memahami Cinematograpy. Cataloguing : British Library.KBBI, 2018. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).
Miyarso, E. (2011). Peran Penting Sinematografi dalam pendidikan pada era teknologi Informasi & Komunikasi. Majalah Pendidikan.
Pratista, Himawan. (2008). Memahami Film. Yogyakarta: Homerin Pustaka.
Winanda, TioNuarta. 2015. Perancangan Director Of Photography Film Arah (Adaptasi Novel Labirin). (Online).
Atika, J., Minawati, R., & Waspada, A. E. B. (2019). IKLAN LAYANAN MASYARAKAT PEDULI SAMPAH. PROPORSI: Jurnal Desain, Multimedia dan Industri Kreatif, 3(2), 188-197.
Manesah, D. (2019). REPRESENTASI PERJUANGAN HIDUP DALAM FILM “ANAK SASADA” SUTRADARA PONTY GEA. PROPORSI: Jurnal Desain, Multimedia dan Industri Kreatif, 1(2), 179-189.
Manesah, D. (2019). REPRESENTASI PERJUANGAN HIDUP DALAM FILM “ANAK SASADA” SUTRADARA PONTY GEA. PROPORSI: Jurnal Desain, Multimedia dan Industri Kreatif, 1(2), 179-189.
Manesah, D. (2019). ASPEK SOSIAL BUDAYA PADA FILM MUTIARA DARI TOBA SUTRADARA WILLIAM ATAPARY. PROPORSI: Jurnal Desain, Multimedia dan Industri Kreatif, 2(2), 177-186.
Suryanto, S. (2019). ANALISIS PERBANDINGAN INTERPRETASI PENOKOHAN ANTARA NOVEL DAN FILM 99 CAHAYA DI LANGIT EROPA. PROPORSI: Jurnal Desain, Multimedia dan Industri Kreatif, 1(2), 153-164.
Giovani, G. (2019). REPRESENTASI “NAZAR” DALAM FILM INSYA ALLAH SAH KARYA BENNI SETIAWAN. PROPORSI: Jurnal Desain, Multimedia dan Industri Kreatif, 2(1), 59-70.
Sya'dian, T. (2019). ANALISIS SEMIOTIKA PADA FILM LASKAR PELANGI. PROPORSI: Jurnal Desain, Multimedia dan Industri Kreatif, 1(1), 51-63.
Wahyuni, S. (2019). ANALISIS PENYAJIAN PROGRAM TALK SHOW “ASSALAMUALAIKUM INDONESIA” DI SALAM TV MEDAN. PROPORSI: Jurnal Desain, Multimedia dan Industri Kreatif, 1(1), 64-76.
Sya'dian, T. (2019). BUNKASAI, KAJIAN SEMIOTIKA BUDAYA KONTEMPORER DARI PENGARUH FILM JEPANG. PROPORSI: Jurnal Desain, Multimedia dan Industri Kreatif, 2(1), 35-47.
Suprianingsih, S. (2019). IKLAN LAYANAN MASYARAK PEMANPAATAN LOTENG RUMAH SEBAGAI LAHAN HIDROPONIK. PROPORSI: Jurnal Desain, Multimedia dan Industri Kreatif, 3(2), 164-175.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by4.footer##
Fakultas Seni dan Desain. Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241