STRATEGI KREATIF DALAM PROGRAM ACARA DENDANG PANTUN TVRI SUMATERA UTARA DENGAN TEMA TAKKAN GOYAH DIPECAH BELAH

Kartika Hasanah, Triadi Sya'dian

Sari


Penelitian ini bermula adanya salah satu program Dendang Pantun di stasiun TVRI SUMUT. Penelitian ini mengambil fokus bagaimana strategi keratif yang diterapkan dalam program acara dendang pantun sebagai program yang menarik di stasiun TVRI. Penelitian ini menggunakan Metode pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengambilan data melalui wawancara dan observasi secara langsung maupun tidak langsung. Data yang telah dihasilkan dan di Analisa dengan menggunakan teori 13 tips kreativ acara oleh Naratama. Hasil penelitian dari Strategi kreatif yang diterapkan produser dikemas secara komedi dengan menggunakan pembawa acara, Combo PARSI band, dengan pemantun saling berbalas pantun. Produser juga menerapkan strategi kreatif pada tahap praproduksi dalam menentukan judul program, target penonton, jam tayang, bahasa naskah, format acara, gimmick secara improvisasi, funfare di setiap akhir segmen 4, Meski terdapat jedah beberapa detik tidak terdapat adanya clip hanger dalam program acara ini. Pemberhentian hanya berupa bumper dari program acara Dendang Pantun sendiri, penggunaan tune dan bumper, penataan artistik yang sederhana dengan teteap menggunakan properti yang berkaitan dengan suku Melayu, musik maupun fashion yang disesuaikan dengan suku Melayu, logo dan musik track, General Rehearsal Pada program acara Dendang Pantun yaitu bagian dari tim akan melakukan pengecekan terhadap pemantun dengan cara melihat mereka latihan di sanggarnya. Namun pada saat akan dilaksanakan produksi sebelum live, para pemantun dan seluruh tim akan melakukan jiar. Bertujuan agar meminimkan segala kesalahan-kesalahan yang mungkin nantinya akan dapat terjadi. Selain itu strategi kreatif juga terdapat pada pengambilan gambar dengan berbagai shot, Mengenai evaluasi, pada tahap perencanaan tim Dendang Pantun sudah melakukan evaluasi kekurangan - kekurangan yang ada. Dendang pantun merupakan sebuah program acara untuk melestarikan Budaya

Kata Kunci


strategi kreatif; program acara Dendang Pantun

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Fachruddin, Andi. 2015. Cara Kreatif Memproduksi Program Televisi. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Bintang B. Doeana & Han Revo Joang. 2017. Tata Artistik Film & Tv. Jakarta: PT Jembatan Bintang Sentosa.

Naratama. 2013. Menjadi Sutradara Televisi Dengan Single Dan Multicamera. Jakarta: PT Grasindo.

Rusman Latief & Yusiatie Utud. 2015. Siaran Televisi Non-Drama. Jakarta: Prenadamedia Group.

Sugiyono. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Nunik Hariyani. 2013. Televisi Lokal dalam Perencanaan Strategi Kreatif Program Berbasis " Lokaitas" Sebagai Wujud Eksistensi Media. Dosen Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Merdeka Madiun.

Diah Fitri Pratiwi. 2016. Strategi Kreatif Web Series Jalan- jalan Men dalam Mengemas Konten Budaya. jurusan Ilmu Komunikasi Pada Konsentrasi Jurnalistik Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Serang.

Dody Afrianto. Strategi Kreatif Program Acara Anak (Studi deskriptif tentang strategi kreatif program acara pendidikan anak Multi Talenta “MT”. 2009. Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Nurul Wulan dan Syaifuddin. 2016. Strategi Kreatif Dalam Memproduksi Tayangan Magazine Show Di Televisi. Jurusan Ilmu Komunikasi Institut Teknologi dan Bisnis Kalbis Jakarta Timur.

Sri Cahyani Putri Purwaningsih. 2018. Strategi Kreatif Produser Program Acara Wedang Ronde sebagai program unggulan di ADiTV Yogyakarta. Jurusan Televisi dan Film, Institusi Seni Indonesia Surakarta.

Rico Delta Yudha. 2016. Strategi Kreatif Program Acara Langenswara di Jogja TV. jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Syahrani (40th.), Kepala Seksi Program dan Produser, TVRI SUMUT, wawancara tanggal 19 Agustus 2019, Medan.

Tanjung, M. R. (2019). FOTOGRAFI PONSEL (Smartphone) SEBAGAI SARANA MEDIA DALAM PERKEMBANGAN MASYARAKAT MODERN. PROPORSI: Jurnal Desain, Multimedia dan Industri Kreatif, 1(2), 224-234.

Atika, J., Minawati, R., & Waspada, A. E. B. (2019). IKLAN LAYANAN MASYARAKAT PEDULI SAMPAH. PROPORSI: Jurnal Desain, Multimedia dan Industri Kreatif, 3(2), 188-197.

Manesah, D. (2019). REPRESENTASI PERJUANGAN HIDUP DALAM FILM “ANAK SASADA” SUTRADARA PONTY GEA. PROPORSI: Jurnal Desain, Multimedia dan Industri Kreatif, 1(2), 179-189.

Manesah, D. (2019). REPRESENTASI PERJUANGAN HIDUP DALAM FILM “ANAK SASADA” SUTRADARA PONTY GEA. PROPORSI: Jurnal Desain, Multimedia dan Industri Kreatif, 1(2), 179-189.

Manesah, D. (2019). ASPEK SOSIAL BUDAYA PADA FILM MUTIARA DARI TOBA SUTRADARA WILLIAM ATAPARY. PROPORSI: Jurnal Desain, Multimedia dan Industri Kreatif, 2(2), 177-186.

Suryanto, S. (2019). ANALISIS PERBANDINGAN INTERPRETASI PENOKOHAN ANTARA NOVEL DAN FILM 99 CAHAYA DI LANGIT EROPA. PROPORSI: Jurnal Desain, Multimedia dan Industri Kreatif, 1(2), 153-164.

Giovani, G. (2019). REPRESENTASI “NAZAR” DALAM FILM INSYA ALLAH SAH KARYA BENNI SETIAWAN. PROPORSI: Jurnal Desain, Multimedia dan Industri Kreatif, 2(1), 59-70.

Sya'dian, T. (2019). ANALISIS SEMIOTIKA PADA FILM LASKAR PELANGI. PROPORSI: Jurnal Desain, Multimedia dan Industri Kreatif, 1(1), 51-63.

Wahyuni, S. (2019). ANALISIS PENYAJIAN PROGRAM TALK SHOW “ASSALAMUALAIKUM INDONESIA” DI SALAM TV MEDAN. PROPORSI: Jurnal Desain, Multimedia dan Industri Kreatif, 1(1), 64-76.

Sya'dian, T. (2019). BUNKASAI, KAJIAN SEMIOTIKA BUDAYA KONTEMPORER DARI PENGARUH FILM JEPANG. PROPORSI: Jurnal Desain, Multimedia dan Industri Kreatif, 2(1), 35-47.

Suprianingsih, S. (2019). IKLAN LAYANAN MASYARAK PEMANPAATAN LOTENG RUMAH SEBAGAI LAHAN HIDROPONIK. PROPORSI: Jurnal Desain, Multimedia dan Industri Kreatif, 3(2), 164-175.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Fakultas Seni dan Desain. Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.