Perancangan Interior Kantor Pada Perusahaan W Design

Cindy Pratiwi, Irwansyah Irwansyah

Sari


Dalam hal ini penulis akan membahas tentang perancangan interior kantor pada perusahaan W Design. Masalah utama penulis mengangkat judul ini adalah dalam perancangan interior kantor W Design karyawan mengalami jenuh dan stress pada saat bekerja, suasana ruangan yang terlalu monoton atau tidak kondusif membuat karyawan jenuh dalam bekerja, selain itu layout yang belum sesuai alur kerja, kebutuhan penyimpanan berkas, pengembangan kantor dan elemen estetika. Tujuan perancangan interior ini yaitu untuk menciptakan efisiensi penggunaan ruang berupa peletakan layout furnitur, alur serta sirkulasi pada luasan kantor yang terbatas, menciptakan ruangan kantor yang memiliki kualitas yang baik, sehingga memberikan kenyamanan terhadap karyawan di perusahaan W Design, dan  menciptakan sebuah desain yang dapat merepresentasikan identitas atau image dari perusahaan. Penggalian data desain dilakukan dengan cara memberi kuesioner, wawancara dan pengamatan lapangan langsung. Gaya Industrial pada dasarnya menggunakan kaca, besi, kayu, yang biasanya material ini digunakan untuk perancangan interior kantor W Design. Sedangkan gaya Minimalis digunakan untuk memaksimalkan lahan yang tidak terlalu luas agar terlihat lebih fungsional. Pengaplikasian konsep  Industrial Minimalis ke dalam ruang interior Kantor W Design akan memunculkan suasana yang mewakili pada image kantor tersebut dan memberikan kesan yang nyaman, homey, simple dan modern  bagi para pekerja, serta untuk menarik perhatian klien.


Kata Kunci


Industrial Minimalis; Kantor; Perancangan Interior

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


A. Wicaksono Andie, Tisnawati Endah, Teori Interior. Griya Kreasi (Penebar Swadaya Grup), 2014

Endra Ade Winata, “Pendekatan Seni: Redesain Interior Kantor PT. Diginet Media Yogyakarta” dalam Seni: Jurnal Pengetahuan & Penciptaan Seni UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta (2017)

Erlina Laksmiani Wahjutami, “Pendekatan Seni: Kesenjangan Konsep dan Penerapan Gaya Modern Minimalis pada Bangunan Rumah Tinggal” dalam Seni: Jurnal Arsitektur, Volume I Nomor I, (2017), 21-29, p-ISSN 1411-7193

Jody Vidyandika, “Pendekatan Seni: Perancangan Interior Kantor Penerbitan dan Percetakan PT. Intan Pariwara Klaten” dalam Seni: Jurnal Pengetahuan & Penciptaan Seni UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta (2017)

Miftahul Khairah, “Pendekatan Seni: Perancangan Interior Kantor Greenpeace Indonesia dengan Penerapan Eco-Design” dalam Seni: Jurnal Pengetahuan & Penciptaan Seni UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta (2017)

Silvia fransiska anggada, Freddy H. istanto, Rani prihatmanti, “Pendekatan Seni: Desain Interior Modern berkonsep avenue di Dalam Kantor dan Showroom Granito Tile” dalam Seni: Jurnal Aksen, Volume 2 No 1 (2016)

Bintarto, J., Jhon, J., & Purba, R. (2019). KAJIAN SEMIOTIKA PADA LOGO SANGGAR REOG SINGO BARONG KABUPATEN LANGKAT. PROPORSI: Jurnal Desain, Multimedia dan Industri Kreatif, 2(1), 81-89.

Purba, R. (2019). TIPOGRAFI KREASI MOTIF GORGA BATAK. PROPORSI: Jurnal Desain, Multimedia dan Industri Kreatif, 1(2), 190-201.

Irwansyah, D. (2016). Perancangan Aplikasi Visualisasi Modifikasi Mobil Menggunakan Visual Studio 2008 Dan 3D Max.

Irwansyah, I. (2019). ANALISIS ORNAMEN INTERIOR PADA RUANG BALAIRUNG ISTANA MAIMOON MEDAN. PROPORSI: Jurnal Desain, Multimedia dan Industri Kreatif, 3(1), 21-32.

Panjaitan, S. W. (2019). PENGARUH DESAIN INTERIOR PERPUSTAKAAN TERHADAP KENYAMANAN PENGGUNA DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS POTENSI UTAMA. PROPORSI: Jurnal Desain, Multimedia dan Industri Kreatif, 1(2), 142-152.

Ramadhani, I. (2019). KETERKAITAN ELEMEN INTERIOR TEMPAT MAKAN TERHADAP SOSIAL MASYARAKAT. PROPORSI: Jurnal Desain, Multimedia dan Industri Kreatif, 1(2), 129-141.

Ramadhani, I. (2019). KETERKAITAN ELEMEN INTERIOR TEMPAT MAKAN TERHADAP SOSIAL MASYARAKAT. PROPORSI: Jurnal Desain, Multimedia dan Industri Kreatif, 1(2), 129-141.

Ramadhani, I. (2019). TACTILE DIKAITKAN DENGAN PEMBELIAN PRODUK (STUDI KASUS WALLPAPER DINDING). PROPORSI: Jurnal Desain, Multimedia dan Industri Kreatif, 2(2), 118-130.

Irwansyah, I. Tinjauan Antropometri Kursi dan Meja Makan pada Restoran 4 Fingers Crispy Chicken.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Fakultas Seni dan Desain. Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.