KONSEP PENYUTRADARAAN FILM “FILOSOFI CONGKLAK” DENGAN MENGGUNAKAN TEORI NEO-FORMALISME

Intan Kemala Chahyaditha, Triadi Sya'dian

Sari


Penelitian ini berjudul konsep penyutradaraan film pendek filosofi congklak dengan menggunakan teori neo-formalisme. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan konsep penyutradaraan dengan menggunakan bahasa sinematik, aspek naratif, konstruksi cerita, dan pengalaman psikologis penonton pada film tersebut. Teori yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Neo-formalisme sedangkan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kognitif. Dimana pendekatan ini merupakan, menonton film bukanlah merupakan pengalaman yang komplet. Penonton tidak disuapi secara otomatis oleh total keseluruhan cerita (story) yang disampaikan, atau disebut fabula dalam bahasa formalis Rusia, sehingga penonton menggunakan schemata untuk mengorganisir informasi lewat plot yang diberikan dalam aransemen film tersebut (disebut sebagai syuzhet) hingga menghadirkan representasi mental yang koheren. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah film filosofi congklak dan hasil dalam penelitian ini adalah bagaimana film mengambil bagian dalam 'defamiliarisasi', menunjukkan objek dan konsep yang sudah dikenal dan dirumuskan dengan cara yang mendorong untuk mengalaminya seolah-olah baru. Entitas.


Kata Kunci


Entitas; Film; Filosofi; Kognitif; Neo-formalisme

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Andrew, J. Dudley. (1976). The Major Film Theories:An Introduction, Oxford University Press, bagian Bibliografi.

Arnheim, R. (1932). Film as Art. Callifornia: University of California Press.

Bazin, A. (2009). Film Studies and Film Theory: Mapping Out the Complex Terrain From Russian Formalism to the Cognitive Approaches.

Carroll, N. (1988). Mystifying movies: fads & fallacies in contemporary film theory. Columbia University Press.

Dewi, S. F. K., Hidayat, T., & Hidayat, S. (2016). Perancangan Buku Ilustrasi Untuk Memperkenalkan Congklak Pada Anak-anak Sd. eProceedings of Art & Design, 3(3).

Gaarder, J. (2003). The Solitaire Mystery: A Novel About Family & Destiny. Farrar, Straus and Giroux.

Isnendes, R. (2018). Teori Sastra Kontemporer. Bandung: UPI Press Koentjaraningrat


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Fakultas Seni dan Desain. Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.