Perancangan Board Game Edukatif Tentang Budaya Indonesia Untuk Anak Sekolah Dasar

Ayu Murini Wulandari, Rinanda Purba

Sari


Indonesia terdiri dari beribu pulau dan memiliki keanekaragaman budaya yang ada. Salah satunya yang akan dibahas dalam hal ini yaitu pulau Sumatera Utara. Penduduk Sumatera Utara menurut golongan etnis terdiri dari penduduk asli Sumatera Utara, penduduk asli pendatang dan penduduk asing. Ada 8 suku asli yang terdapat pada Sumatera Utara, diantaranya yaitu : suku Melayu, Batak Karo, Simalungun, Pakpak/Dairi, Batak Toba, Mandailing, Angkola dan Nias. Banyak yang kurang mengetahui suku asli dari Sumatera Utara tersebut, maka disini penulis membuat pengenalan budaya-budaya tersebut melalui media menarik yaitu board game. Board game adalah permainan yang dimainkan oleh dua orang atau lebih, berupa papan permainan yang telah di desain sedemikian rupa sesuai jenis permainan, board game bisa menggunakan koin, dadu, pion, kartu atau semacamnya yang digunakan dengan cara tertentu, sesuai dengan peraturan tiap-tiap jenis board game. Board game ini ditujukan untuk anak sekolah dasar yang berusia 9 tahun ke atas agar lebih mudah memahami. Dalam penelitian ini menggunakan metode analisis SWOT, dan menggunakan pengumpulan data primer yaitu dalam bentuk Kuesioner.


Kata Kunci


Sumatera Utara; Board Game; Analisis SWOT; Media Pembelajaran

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Sanyoto, S. E., & Sadjiman, D. (2005). Dasar-dasar tata rupa dan desain. Yogyakarta: Arti Bumi Intaran.

Koentjaraningrat, P. I. A., & dan Pembangunan, M. (2009). Pengantar ilmu antropologi. Cet. 9; Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Bujuri, D. A. (2018). Analisis perkembangan kognitif anak usia dasar dan implikasinya dalam kegiatan belajar mengajar. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 9(1), 37-50.

Board Game, https://boardgame.id/ (diakses pada tanggal 16 Agustus 2020 Jam 13:00)

Sekilas Tentang Indonesia, https://www.indonesia-frankfurt.de/pendidikan-budaya/sekilas-tentang-budaya-indonesia/ (diakses pada tanggal 16 Agustus 2020 Jam 14.00)

Scorviano, M. (2010). Sejarah Board Game dan Psikologi Permainan Board Game. Jakarta. PT Gramedia Pustaka Utama.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Fakultas Seni dan Desain. Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.