PERANCANGAN PERMAINAN PUZZLE KAYU SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DAN PENGENALAN BAGI ANAK USIA DINI

Dimas Adiyoga, Rinanda Purba

Sari


Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan jenjang pendidikan sebelum sekolah dasar (SD) dalam sistem pendidikan Indonesia. Dimana pada tingkat pendidikan usia dini ini merupakan suatu pembinaan bagi anak usia 0 sampai 6 tahun dalam mengenal pembelajaran yang bertujuan untuk membantu perkembangan anak, mulai dari perkembangan sikap, perkembangan sifat, pengetahuan, serta perkembangan keterampilan anak. Bermain sambil belajar merupakan hal yang dibutuhkan bagi anak usia dini. Bermain dapat menumbuhkan daya nalar, daya ingat, imajinasi, dan kreatifitas. Permainan yang mengedukasi dapat dijadikan sebagai sarana pembelajaran sambil bermain untuk anak. Maka dari itu, permainan puzzle merupakan salah satu alat atau media permainan yang cocok bagi anak dan memiliki manfaat bagi tumbuh kembang anak. Puzzle adalah sebuah permainan sederhana dari potongan-potongan gambar atau bentuk yang harus disusun serta dirangkai menjadi gambar yang sempurna. Dalam perancangan ini, tema yang dibuat dalam permainan puzzle yaitu tujuh hewan langka di Indonesia. Tujuan dari permainan puzzle ini menumbuhkan rasa ketertarikan anak kepada hewan langka.


Kata Kunci


Permainan; Puzzle; hewan langka

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Al-Tabany, T. (2011). Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik Bagi Anak Usia Dini TK/RA & Anak Kelas Awal SD/MI. Jakarta: KENCANA.

Mutiah, D. (2010). Psikologi Anak Usia Dini. Jakarta: PRENADAMEDIA GROUP.

Sit, M. (2017). Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Depok: KENCANA.

Sudono, A. (2000). Sumber Belajar dan Alat Permainan (untuk Pendidikan Anak Usia Dini). Jakarta: PT Grasindo.

Syah, M. (2018). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Rosda.

Manfaat Bermain Puzzle Untuk Anak. (2020). https://www.bidanku.com/manfaat-bermain-puzzle-untuk-anak/ (diakses pada tanggal 1 April 2020 jam 20.00)

Spesies. (2020). https://www.wwf.id/spesies/ (diakses pada tanggal 10 September 2020 jam 23.00)


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Fakultas Seni dan Desain. Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.