CERITA SUSAH SENANG DIBALIK PENGEMUDI OJEK ONLINE DALAM MEDIA KOMIK

Reslon Romyandi Pasaribu, Muhammad Rusdi Tanjung

Sari


Di Indonesia, GO-JEK adalah aplikasi pertama yang menghadirkan ojek online sebelum pesaing bermunculan. Transportasi online merupakan transportasi yang berbasis suatu aplikasi tertentu, dimana konsumen memesan suatu sarana transportasi melalui sistem aplikasi di dalam smartphone. Aplikasi ini mempermudah masyarakat untuk bepergian dengan cara memesan kendaraan di aplikasi cukup dengan smartphone. Seiring berjalannya waktu banyak konsumen yang menggemari ojek online tersebut, mulai dari memesan kendaraan, memesan makanan, dan tidak jarang juga mengirim barang yang berupa dokumen dan lainnya. Akan tetapi sangat disayangkan bagi driver ojek online yang dimana mereka sering mendapatkan orderan fiktif atau pesanan bohongan yang biasa terjadi dalam pemesanan makanan. Hal ini tentu merugikan para driver ojek online dimana mereka adalah korban dari pengguna gojek. Penting untuk memberitahu kepada masyarakat atau sesama pengguna gojek agar saling menghargai dan lebih bijak dalam menggunakan aplikasi ini melalui media komik. Melalui media komik, akan di ilustrasikan cerita dari pengendara ojek online yang pernah mengalami kesulitan karna konsumen dengan cara yang menarik sehingga tidak menyinggung para pembaca. Pembuatan media komik ini juga menggunakan metode SWOT agar informasi yang dibawa mudah untuk dipahami.


Kata Kunci


Komik; Susah Senang Dibalik Pengemudi Ojek Online

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Bonneff, M. (1998). Komik Indonesia Kepustakaan Populer Gramedia

Fakhrudin, M. (2014). Fungsi Estetika Bahasa Indonesia Dalam Wacana cerpen Emak ingin Naik Haji Karya Asma Nadia. Jurnal Baahtera-Jurnal Pendidikan Bahasa Sastra dan Budaya, 1(01)

Imanda, T. (2014). ‘Komik Indonesia itu Maju’: Tantangan Komikus Underground Indonesia. Antropologi Indonesia.

Kristo, F. Y. (2017). Awal mula transportasi online menjamur di Indonesia. Inet. detik. com.

Kinanti, L. P. (2019). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR MOTIVASI DRIVER OJEK ONLINE DALAM PERSPEKTIF TEORI HIERARKI KEBUTUHAN (Studi Pada Driver Go-jek Di Bandar Lampun.

Lambe. B. Komikonlen. (2020). Perjalanan seorang ojol yang bertahan hidup dalam kerasnya ibukota. webtoons. instagram.

Lestari, D. (dkk). (2018). Parade Kisah Pengguna Taksi & Ojek Online. Ebook. Diva Press. Yogyakarta.

Meskin, A. (2007). Defining comics?. The Journal of Aesthetics and Art Criticism, 65(4), 369-379

Mufti, M., & Syam, H. M. (2018). Representasi Kritik Sosial dalam Komik Strip Si Juki di Instagram Terhadap Fenomena Sosial di Indonesia. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik, 3(3).

Prant, P. (2019). Film Pendek. Reality Ojek Online. youtube.

Perwira, L. T., & Hidayat, M. (2020). Memahami Dinamika Bekerja dalam ketidakpastian: Tinjauan Fenomenologis Pengalaman Bekerja Pengemudi Ojek Online. Psympathic: Jurnal Ilmiah Psikologi, 7(2), 249-266.

Shiny, P. T. (2018). Film Pendek. Orderan Ojek Online Paling Gak Masuk Akal. youtube

Tumuwe, R., Damis, M., & Mulianti, T. (2018). Pengguna ojek online di kalangan mahasiswa Universitas Sam Ratulangi Manado. HOLISTIK, Journal Of Social and Culture.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Fakultas Seni dan Desain. Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.