Motion Graphic Sebagai Media Promosi Museum Negeri Provinsi Sumatera Utara

Nur Inayah, Irwansyah Irwansyah

Sari


Museum adalah lembaga yang menyimpan koleksi-koleksi sejarah atau benda-benda langka. Museum juga dimanfaatkan untuk cagar budaya yang bersifat menyimpan, merawat dan mengamankan koleksi. Berdasarkan peraturan Pemerintah nomor 19 tahun 1995 dalam pedoman museum sebagai tempat pelestarian, mecegah dan menanggulangi kerusakan koleksi oleh faktor alam dan ulah manusia, dan sebagai sumber informasi pemanfaatan dan penyajian. Museum juga terbuka untuk masyarakat yang ingin melihat koleksinya seperti museum Negeri Provinsi Sumatera Utara yang dikategorikan sebagai museum umum. Namun seiring berjalannya waktu museum mulai di tinggalkan karena kurang menariknya museum dimata publik dan dianggap terlalu monoton dan juga membosankan. Pemasaran museum adalah jalan keluar upaya untuk menarik minat pengunjung ke museum. Ada beberapa strategi untuk memasarkan museum ini salah satunya dengan menggunakan media motion graphic. Motion Graphic untuk mempromosikan museum Negeri Sumatera Utara menggunakan metode 5W+1H agar video yang berbentuk animasi tersebut membantu menyederhanakan pesan dari isi yang dibawa, sehingga dapat menyajikan informasi dalam bagian kecil yang menarik dan sederhana untuk menunjukkan informasi.


Kata Kunci


Motion Graphic; Museum Negeri Provinsi Sumatera Utara; Media Promosi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


AMI, Asosiasi Museum Indonesia Pusat. (2014). Sambutan Inagurasi Ketua Umum Asosiasi Museum Indonesia Terpilih.

Alfian, T. (2012). Desain Komunikasi Visual Sebagai Media Promosi Ayo Berkunjung Ke Museum Kartini Jepara. Jawa Tengah.

Haswati, S. M. B., Apsari, D., & Putra, W. T. G. (2020). Meningkatkan Kualitas Melalui Peran Komunitas: Brand Promotion and Participatory design For Malang. MalangPosOnline.com

Hooper-Greenhill, E., Sandell, R., Moussouri, T., & O’Riain, H. (2000). Museums and Social Inclusion: The GLLAM report.

IKJ, FSR., Akademi & Kemahasiswaan. (2020). Video Promosi Musuem Wayang. Youtube.

Interaktif, B. M., Hidayatullah, Priyanto, Aldi Daswanto dan Sulistyo Ponco. (2011). Membuat Mobile Game Edukasi dengan Flash. Bandung: Informatika. Hidayatullah, Piyanto, Amarullah Akbar dan Zaky Rahim. (2011). Animasi Pendidikan Menggunakan Flash. Bandung: Informatika Leong, Marlon dan Mulyanta. (2009). Tutorial Membangun Multimedia Interaktif Media.

Kusuma, H. B. (2018). Wayfinding Sign pada Ruang Pameran Tetap di Museum Nasional Indonesia-Jakarta. Mudra Jurnal Seni Budaya, 33(2), 242-248.

Mardyansyah, Ervin. (2019). Video Promosi Museum Bahari. Yogyakarta. Youtube.

Maisaroh, E. (2016). Pengaruh Citra Destinasi, Fasilitas Wisata dan Experiental Purchasing terhadap Kepuasan Konsumen (Survei pada Pengunjung Domestik Museum Banteng Vredeburg Yogyakarta). (Doctoral Dissertation, Managemen-Fakultas Ekonomi).

Mansyur Santoso, K. H. O. L. I. D. (2016). Perancangan Media Promosi Museum Mandhilaras di Kabupaten Pamengkasan. Jurnal Seni Rupa, 3(03).

Nuraeni, B. S., Ferdinand, A.T., & Sufian, S. (2014). Analisis Faktor-faktor yang mempengaruhi Minat Kunjungan Ulang Wisatawan Museum Ranggawarsita Semarang. (Doctoral dissertation, Diponegoro University).

Purwono, Bambang. (2018). Magic Eye 3D. Youtube.

Rahmah, A. Wahidati,. (2009). Ayo Kita Mengenal Museum. Direktorat Museum. Departemen Kebudayaan dan Pariwisara. Jakarta.

Suharsimi, A. (2006). Metode Penelitian. Yogyakarta: Bina Aksara.

Sinurat, H., Silvia, I., & Sabrin, S. (2020). Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Meningkatkan Minat Berkunjung di Museum Negeri Provinsi Sumatera Utara. Messege: Jurnal Komunikasi, 9(1), 62-71.

Sadiman, A. S., (dkk). (2010). Media Pembelajaran. Raja Grapindo Persada. Jakarta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Fakultas Seni dan Desain. Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.