Perancangan Video Explainer Tata Cara Berwudhu Sesuai Sunnah Rasulullah Sebagai Media Kampanye Sosial

Isnaini Hamid Damanik, Titin Setiawani

Sari


Berwudhu ialah kewajiban bagi setiap umat muslim yang akan melakukan ibadah shalat sesuai dengan berpedoman kepada Al-Qur’an dan Al-Hadits, apabila tidak berwudhu maka ibadah shalat yang dikerjakan menjadi tidak sah. Wudhu adalah membersihkan diri dari semua yang termasuk hadast kecil dan hadast besar dengan sesuai aturan ajaran islam dan menggunakan air yang suci. Pemahaman tentang wudhu sesuai sunnah Rasulullah sangat penting diajarkan dari sekarang khususnya bagi peserta didik karena wudhu merupakan langkah awal yang harus sempurna sebelum kita melangkah pada amalan ibadah yang lainnya. Pembelajaran wudhu yang di lakukan yaitu dengan cara guru menyampaikan teori di dalam kelas menggunakan metode ceramah dan mempraktekkan gerakan wudhu di depan kelas kemudian siswa mengikuti. Dalam penyampaian teori tersebut dapat membuat peserta didik menjadi jenuh sehingga diperlukannya sebuah media pembelajaran seperti Video Explainer. Perancangan Video Explainer diharapkan dapat menjadi inovasi media pembelajaran yang dapat memotivasi peserta didik di bangku sekolah dasar untuk belajar dan memahami tentang wudhu yang benar sesuai sunnah Rasulullah. Video Explainer tata cara berwudhu juga diharapkan dapat diajarkan di rumah dengan bimbingan orang tua atau bahkan peserta didik dapat mempraktekkan langsung di rumah.


Kata Kunci


Video Explainer; Tata Cara Wudhu; Syariat Islam

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Bin Abdurrahman ad-Dausri, F. (2018). Tatacara Wudhu Sesuai Tuntunan Rasulullah. Sukoharjo: Gema Ilmu.

Surjono, H. D. (2017). Multimedia pembelajaran interaktif: konsep dan pengembangan. Yogyakarta: UNY Press.

Sagiran, S. (2018). Gantung Wudhu. Jakarta Selatan: Qultum Media.

Venus, A. (2019). Manajemen Kampanye. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Puspita, A. E. F. P. (2017). KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN EXPLAINER VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS VII DI SMP NEGERI 10 SEMARANG TAHUN AJARAN 2016/2017 (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).

Kristina, T. W. (2012). Pengembangan media video pembelajaran pertempuran di Surabaya siswa kelas IX SMP Negeri 1 Kalitidu-Bojonegoro (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang).


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Fakultas Seni dan Desain. Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.