PERANCANGAN BUKU ILUSTRASI MENGENAI DELAPAN ETNIK SUMATERA UTARA

Fahmi Husein Pulungan, Muhammad Rusdi Tanjung

Sari


Perancangan Buku Ilustrasi Mengenai Delapan Etnik Sumatera Utara didasari karena kurangnya informasi kepada para generasi muda tentang kekayaan adat istiadat dan budaya asli daerah Sumatera Utara. Dengan adanya pengaruh budaya-budaya asing, kebanyakan remaja justru lebih tertarik untuk mempelajari budaya dari luar dibandingkan mempelajari budaya yang ada di Sumatera Utara. Konsep ‘Batak’ dan ‘Melayu’ adalah label yang diberikan dari luar dan menjadi identitas kabur (evasive identity) pada saat digunakan menyebut populasi yang dipersatukan dengan penyergaman itu. Di Sumatera Utara terdapat 8 kelompok etnik yakni Melayu, Simalungun, Toba, Mandailing, Angkola, Pakpak, Karo, dan Nias sebagai etnik tuan rumah (host ethnic). Perancangan Buku Ilustrasi ini bertujuan untuk generasi muda agar lebih dapat memahami kelompok etnik asli apa saja yang mendiami wilayah Sumatera Utara. Adapun metode pengumpulan data seperti bertanya kepada generasi muda apakah mereka mengetahui etnik asli apa saja yang mendiami Sumatera Utara. Dari data yang didapatkan banyak generasi muda yang keliru dan menjawab salah temtamg etnik asli apa saja yang mendiami Sumatera Utara. Perancangan Buku Ilustrasi Mengenai Delapan Etnik Sumatera Utara diharapkan dapat memberikan edukasi yang berguna untuk masyarakat dan generasi muda akan kekayaan adat istiadat dan kebudayaan pada setiap etnik yang ada di Sumatera Utara dalam sajian buku ilustrasi yang menarik dan tidak membosankan melalui gambar-gambar ilustrasi.


Kata Kunci


Buku Ilustrasi; Etnik Sumatera Utara; Kebudayaan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Bohang, L. (2016). The Book of Forbidden Feelings. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

FP, M. (2019). Nanti Kita Cerita tentang Hari Ini. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Damanik, E. L. (2018). Potret Simalungun Tempoe Doeloe: Menafsir Kebudayaan Lewat Foto.

PANYABUNGAN, D., & NASUTION, M. E. (2017). ANALISIS STRUKTUR TEKS, MAKNA, DAN MELODI ONANG-ONANG PADA ADAT PERKAWINAN MANDAILING.

Sindhunata, S. (2019). Air Kata-Kata, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Sirait, S. N. P., & Tanjung, M. R. (2020). Rancangan Buku Puisi dengan Gaya Ilustratif untuk Memotivasi Minat Baca Anak Muda di Kota Medan. Jurnal Mahasiswa Fakultas Seni dan Desain, 1(1), 157-168.

Maulana, A. R., & Purba, R. (2020). DESAIN BUKU PEMBELAJARAN DAN PERMAINAN KREATIF UNTUK ANAK-ANAK. Jurnal Mahasiswa Fakultas Seni dan Desain, 1(1), 67-78.

Damanik, E. L. (2018). Menolak Evasive Identity: Memahami Dinamika Kelompok Etnik di Sumatera Utara. Anthropos: Jurnal Antropologi Sosial dan Budaya (Journal of Social and Cultural Anthropology), 4(1), 9-22.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Fakultas Seni dan Desain. Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.