Perancangan Interior Rumah Dengan Konsep Klasik Tradisional Jawa

Putri Ayu Lestari, Irwansyah Irwansyah

Sari


Modernisasi adalah keadaan dari yang kurang maju menjadi ke arah yang berkembang. Modernisasi berlaku pada rumah tinggal yang sejatinya zaman dahulu rumah dibangun hanya sebatas untuk melindungi dari teriknya matahari dan hujan, seiring majunya teknologi dan berubahnya zaman rumah tinggal pun mulai memiliki gaya seni. Dengan demikian, Rumah tinggal adalah tempat hunian yang memiliki fungsi ruang, indah serta nyaman sehingga dapat memenuhi kebutuhan fisik dan psikologis. Desain rumah tinggal biasanya dikembangkan dari siapa pemiliknya, sehingga dapat mencerminkan tingkat sosial, pekerjaan, karakteristik serta hobinya. Tidak sedikit orang yang menginginkan rumah yang nyaman, mewah dan luas. Tetapi tidak semua orang memiliki luas tanah yang besar, dengan desain rumah tinggal yang diinginkan orang tersebut dapat menjadi kenyataan meskipun dengan ukuran luas tanah yang tidak terlalu luas. Rumah tinggal ini menerapkan metode design thingking sebagai solusi untuk merancang hunian yang memenuhi fungsi secara fisik maupun psikologis dan metode kuantitatif dengan melakukan teknis survey di Jl. Pembinaan Hulu, Gg Mufakat Bandar Khalifah Tembung. Menggunakan langkah combine, fusion, harmonize dan balance, pemilik rumah ini menginginkan rumah hunian yang melambangkan keharmonisan antara dua konsep yang berbeda serta menyatukan berbagai aspek interior yang dapat mewakili masing-masing inti filosofis kedua konsep yaitu Klasik dan Tradisional jawa tanpa kesan kuno.


Kata Kunci


Perancangan Interior; Rumah Tinggal; Klasik; Tradisional; Tradisional Jawa

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ching, F. D. (1985). Arsitektur: Bentuk, ruang dan susunannya. Erlangga.

Dhani., & Shinta, I. S. (2016). Home Ideas Rumah 2 Lantai. Penerbit Swadaya Grup.

Hapsari, W. T., & Rucitra, A. A. (2017). Redesain Rumah Makan Warung Apung Rahmawati dengan Konsep Jawa Modern. Jurnal Sains dan Seni ITS, 6(1), 34-39.

Kokasih, A. (2017). Perancangan Interior Griya Lanjut Usia di Jawa Tengah dengan Konsep Klasik Tradisional. Jurnal Jurusan Desain Interior, 2(2).

Ronald, A. (2012). Pengembangan arsitektur rumah jawa. Cahaya Atma Pustaka.

Nabila, G. P. (2017). Perancangan Interior Rumah Tinggal Berfasad Neoclassic Bumi Klangenan, Tangerang (Doctoral dissertation, Institut Seni Indonesia Yogyakarta).

Limanto, S. D., Wardani, L. K., & Frans, S. M. (2018). Desain Interior Pusat Seni Pertunjukan Berbasis Nilai Budaya Jawa di Surakarta. Intra, 6(2), 765-774.

Wicaksono, A. A., & Tisnawati, E. (2014). Teori interior. Griya Kreasi.

Wita, V. A. (2013). Inspirasi Desain Interior Lengkap. Puspa Swara.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Fakultas Seni dan Desain. Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.