Perancangan Desain Interior Rumah Tinggal Type 96 2 Lantai Dengan Tema Kontemporer Modern

Jonerianson Saragih, Muhammad Rusdi Tanjung

Sari


Rumah merupakan bangunan permanen yang dijadikan tempat bernaung untuk melangsungkan kehidupan dan terhindar dari gangguan luar(iklim dan cuaca). Rumah yang baik adalah rumah yang memperhatikan aspek termalnya yang seharusnya dirancang senyaman mungkin, seefisien mungkin, dan sesuai kebutuhan  penghuni rumah, karena rancangan yang baik mempengaruhi psikis dan mood penghuni rumah. Seiring dengan kemajuan zaman desain rumah juga ikut berubah mengikuti tren yang sedang berlangsung pada setiap masanya, terlebih di kota padat penduduk lahan merupakan masalah yang yang umum dihadapi saat membangun hunian. Contemporary modern house adalah sebuah gaya desain interior yang menggabungkan antara desain interior yang sedang tren saat ini, up to date, dan bersifat open plan, dengan desain modern yang bersih, rapi dan minim dekorasi. Metode desain yang digunakan pada perancangan rumah tinggal bapak priantna yang beralamat  di Jl.Tanjung raya, Gg. Sereh veteran Pasar IV helvetia Tengah Medan yaitu menggunakan metode desain thingking, Tahapan yang digunakan  yaitu dengan cara mengumpulkan data-data yang berkaitan dengan tema, melakukan observasi, dan mengumpulkan referensi untuk  menghasilkan desain interior yang baik untuk memenuhi keinginan pemilik. konsep ini hadir untuk memenuhi kebutuhan pengguna ruang yang menginginkan hunian yang bersih, efisien, bersifat  open plan terbuka, dan modern.


Kata Kunci


Perancangan Interior; Rumah Tinggal; termal; modern; kontemporer.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Bowo Prihatno: 18 Desain rumah Berkonsep Tropis Modern, Jakarta: Andi, 2011.

Hindarto, Probo: Desain Hunian Dinamis. Griya Kreasi, Jakarta: Penebar Swadaya Grup, 2011.

Imelda Akmal Architectural Writer Studio, Menata rumah Mungil. . Indonesia: PT. Gramedia , 2010.

Imelda Akmal Architectural Writer Studio: 10 Inspirasi Menata Ruang Rumah Real Estate, Indonesia: PT. Gramedia , 2011.

Tien Manurung, Yohannes Firzal, Mira Dharma, Pendekatan Arsitektur Kontemporer Pada Perancangan Galeri Cokelat Pekanbaru, Mahasiswi Program Studi Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Riau.2019.

Yossa Leonardo, Atie Ernawati, Arief Nugroho Wibowo, Jurnal Arsitektur Perancangan Arena Bola Basket Bertaraf Nasional Dengan Pendekatan Arsitektur Kontemporer Di Kota Depok. Universitas Indraprasta PGRI, Program Studi Arsitektur. 02 September (2019).


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Fakultas Seni dan Desain. Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.