HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL KELUARGA DENGAN KEBERMAKNAAN HIDUP PADA PASIEN PUSAT REHABILITASI NARKOBA SIBOLANGIT CENTER DAN LRPPN BI MEDAN

Elisabet Manihuruk, Zuraida Zuraida

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial keluarga dengan kebermaknaan hidup pada pasien pusat rehabilitasi narkoba Sibolangit Center dan pusat rehabilitasi narkoba Lrppn Bi  yang sedang menjalani proses rehabilitasi. Subjek dalam penelitian ini adalah pasien pusat rehabilitasi narkoba Sibolangit Center dan pusat rehabilitasi narkoba Lrppn Bi Medan. Variabel bebas (X)  dalam penelitian ini adalah Dukungan Sosial Keluarga dan variabel terikat (Y) Kebermaknaan Hidup. Subjek dalam penelitian ini  berjumlah 30 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling, alasan peneliti menggunakan teknik purposive sampling adalah karena peneliti mengambil sabjek dengan kategori pria dan usia dewasa awal. Yang dikatakan kategori dewasa awal yakni 18-40 tahun.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan skala berupa angket, yaitu skala dukungan sosial keluarga yangt terdiri dari 36 item pernyataan dan skala kebermaknaan hidup terdiri dari 36 item pernyataan.Analisis data dengan metode statistik korelasi product moment dengan bantuan program spss 25 for windows. Berdasarkan hasil penelitian dilapangan dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat hubungan yant positif antara dukungan sosial keluarga dengan kebermaknaan hidup dengan R = 0,088 dengan p = 0,00.


Kata Kunci


Dukungan Sosial Keluarga; Kebermaknaan Hidup; Pasien Pusat Rehabilitasi Narkoba

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Pratiwi Rosana Lulun. 2011. Hubungan Kebermaknaan Hidup Dengan Self Esteem Pada Penghuni/siswa Pusat Rehabilitasi Narkoba Rumah Damai. Semarang.

Alfian, I.N. dan Suminar. 2012. Perbedaan Tingkat Kebermaknaan Hidup Remaja Akhir pada berbagai status identitas ego dengan jenis kelamin sebagai kovariabel.

Sarafino.E.P & Smith. (2011). Health Psychology: Biopsychosocial interactions (7th ed). New Jersey : Jhon Willey & Sons.

Taylor, S. (2015). Health Psychology (9th ed.). New York : McGraw-Hill Education

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Azwar, S. 2012. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Mirawati, M. (2019). Kematangan Sosial Siswa Kelas Xii Di SMK TI Swasta Budi Agung Ditinjau Dari Keyakinan Diri Akademik Dan Jenis Kelas. Jurnal Psikologi Kognisi, 2(1), 15-29.

Mirawati, M. (2018). Meningkatkan Harga Diri Melalui Pemberian Reinforcement Untuk Mengurangi Intensitas Menyontek Pada Mata Pelajaran Matematika Di SD Negeri 064015 Medan. Jurnal Psikologi Kognisi, 1(2), 165-179.

Mirawati, M. (2019). Penggunaan Layanan Bimbingan Kelompok Dan Kekompakan Kelompok Dalam Memantapkan Perencanaan Karir Siswa SMA Budi Agung Medan. Jurnal Psikologi Kognisi, 3(1), 11-22.

Oktariani, O. (2019). Hubungan Self Efficacy Dan Dukungan Sosial Teman Sebaya Dengan Self Regulated Learning Pada Mahasiswa Universitas Potensi Utama Medan. Jurnal Psikologi Kognisi, 2(2), 98-112.

Oktariani, O. (2018). Peranan Self Efficacy Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Psikologi Kognisi, 3(1), 41-50.

Rahmalia, D., & Sary, N. (2017, November). Makna Pernikahan Pada Istri Yang Menggugat Cerai Suami. In Prosiding Seminar Nasional Darmajaya (Vol. 1, No. 1, pp. 83-100).

Rahmalia, D., & Sary, N. (2018). Dinamika Psikologis pada Wanita Menggugat Cerai Suami. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 1(2), 59-66.

Rahmalia, D. (2017). Kepuasan Kompensasi Ekstrinsik Dan Instrinsik Terhadap Intensi Keluar. Jurnal Psikologi Kognisi, 1(1), 1-11.

Rahmalia, D. (2019). Makna Hidup Pada Wanita Dewasa Madya Yang Belum Menikah. Jurnal Psikologi Kognisi, 3(1), 23-32.

Nasution, F. Z. (2019). Gambaran Konflik Emosi Remaja Dengan Orang Tua Menggunakan Metode SACK’S Sentence Completion Test. Jurnal Psikologi Kognisi, 2(2), 122-135.

Zahara, F. (2019). Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dengan Interaksi Sosial Pada Mahasiswa Universitas Potensi Utama Medan. Jurnal Psikologi Kognisi, 2(2), 77-87.

Zahara, F. (2019). Hubungan Antara Kecemasan Dengan Tekanan Darah Pada Penderita Hipertensi Di Rsu Pku Muhammadiyah Yogyakarta. Jurnal Psikologi Kognisi, 2(1), 42-53.

Zahara, F. (2018). Pengendalian Emosi Ditinjau Dari Pola Asuh Orangtua Pada Siswa Usia Remaja Di SMA Utama Medan. Jurnal Psikologi Kognisi, 1(2), 94-109.

Zahara, F. (2012). Hubungan Dukungan Sosial Orangtua dan Motivasi Belajar dengan Kemandirian Belajar Siswa di SMA Negeri 7 Medan.

Zuraida, Z. (2019). Hubungan Kecerdasan Emosional Dan Dukungan Sosial Dengan Kebermaknaan Hidup Ramaja Di Panti Asuhan Al Jam’iyatul Washliyah. Jurnal Psikologi Kognisi, 3(1), 01-10.

Zuraida, Z. (2019). Konsep Diri Pada Remaja Dari Keluarga Yang Bercerai. Jurnal Psikologi Kognisi, 2(2), 88-97.

Zuraida, Z. (2019). Hubungan Prokrastinasi Akademik Dengan Prestasi Belajar Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Potensi Utama. Jurnal Psikologi Kognisi, 2(1), 30-41.

Zuraida, Z. (2018). Konsep Diri Penderita Skizofrenia Setelah Rehabilitasi. Jurnal Psikologi Kognisi, 1(2), 110-124.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Fakultas Psikologi. Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.