KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN PEGENDALIAN DIRI PADA MAHASISWA PSIKOLOGI UNIVERSITAS POTENSI UTAMA

Khairunnisya Khairunnisya, Zuraida Zuraida

Sari


Studi ini mengkaji tentang bagaimana hubungan kecerdasaan emosional dengan pengendalian diri mahasiswa fakultas psikologi Universitas Potensi Utama, di mana mahasiswa psikologi yang merupakan rol model dari pengendalian diri dan kecerdasaan emosional. Hal ini berkaitan dengan mereka yang sudah mepelajari tentang ilmu jiwa dan manusia sehingga di harapkan dapat beradaptasi  dan dapat mengontrol perilaku mereka sesuai dengan dalam keadaan yang tidak menyenangkan sekalipun. penelitian ini mengunakan dua varable yaitu  kecerdasaan emosional sebagai variable bebas(X) dan pengendalian diri sebagai variable terikat(Y). analisi mengunakan  statitstik korelasi product moment  dengan mengunakan bantuan program SPSS 25 for windows ,hasil menunjukan adanya hubungn kecerdasan emosional dengan pengendalian diri dengan R=0,658 dengan p=<0,01 dimana variable X  memiliki 41 item skala pernyataan dan variable Y 39 skala pernyataan. Data  di kumpulkan mengunakan skala liker dimana mengunakan pernyataan setuju(S), sangat setuju(SS), tidak setuju(TS) sangat tidak setuju(STS), yang selanjutnya  bagikan kepada mahasiswa melalui angket. Dengan subjek peelitan  sebanyak 88 orang.


Kata Kunci


kecerdasaan emosional; pengendalian diri

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Calhon F James, acocella Ross Joan , 2012, psikologi tentang penyesuaian dan hubungan kemanusianaan, Semarang: IKIP.

Gufron Nur M, Risnawita Rini, 2010, teori-teori psikologi, Jakarta: Ar-Ruz Media.

Rahmadani rahmadani, Palolang Baharudin,dkk. Hubungan kecerdasan emosional dengan hasil belajar siswa kelas VII Smp Negeri 2 Palu,2019.http//Jurnal.untad.ac.id.

MZ Fikria Hikmah, 2014, Analisis Konsep Kontrol Diri Umat Beragama.

Caplin J.P., 2015, Kamus Besar Psikologi , jakarta: Rajawali pers .

Saptoto.R, 2010, Hubungan kecerdasan emosional dengan kemampuan coping adaptif. Jurnal volume 37, di akses 23 september 2019.

Tri Haryani,2018, jurnal, Hubungan Antara Penyesuian Diri Dan Kontrol Diri. Di akses 23 september 2019

Mirawati, M. (2019). Kematangan Sosial Siswa Kelas Xii Di SMK TI Swasta Budi Agung Ditinjau Dari Keyakinan Diri Akademik Dan Jenis Kelas. Jurnal Psikologi Kognisi, 2(1), 15-29.

Mirawati, M. (2018). Meningkatkan Harga Diri Melalui Pemberian Reinforcement Untuk Mengurangi Intensitas Menyontek Pada Mata Pelajaran Matematika Di SD Negeri 064015 Medan. Jurnal Psikologi Kognisi, 1(2), 165-179.

Mirawati, M. (2019). Penggunaan Layanan Bimbingan Kelompok Dan Kekompakan Kelompok Dalam Memantapkan Perencanaan Karir Siswa SMA Budi Agung Medan. Jurnal Psikologi Kognisi, 3(1), 11-22.

Oktariani, O. (2019). Hubungan Self Efficacy Dan Dukungan Sosial Teman Sebaya Dengan Self Regulated Learning Pada Mahasiswa Universitas Potensi Utama Medan. Jurnal Psikologi Kognisi, 2(2), 98-112.

Oktariani, O. (2018). Peranan Self Efficacy Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Psikologi Kognisi, 3(1), 41-50.

Rahmalia, D., & Sary, N. (2017, November). Makna Pernikahan Pada Istri Yang Menggugat Cerai Suami. In Prosiding Seminar Nasional Darmajaya (Vol. 1, No. 1, pp. 83-100).

Rahmalia, D., & Sary, N. (2018). Dinamika Psikologis pada Wanita Menggugat Cerai Suami. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 1(2), 59-66.

Rahmalia, D. (2017). Kepuasan Kompensasi Ekstrinsik Dan Instrinsik Terhadap Intensi Keluar. Jurnal Psikologi Kognisi, 1(1), 1-11.

Rahmalia, D. (2019). Makna Hidup Pada Wanita Dewasa Madya Yang Belum Menikah. Jurnal Psikologi Kognisi, 3(1), 23-32.

Nasution, F. Z. (2019). Gambaran Konflik Emosi Remaja Dengan Orang Tua Menggunakan Metode SACK’S Sentence Completion Test. Jurnal Psikologi Kognisi, 2(2), 122-135.

Zahara, F. (2019). Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dengan Interaksi Sosial Pada Mahasiswa Universitas Potensi Utama Medan. Jurnal Psikologi Kognisi, 2(2), 77-87.

Zahara, F. (2019). Hubungan Antara Kecemasan Dengan Tekanan Darah Pada Penderita Hipertensi Di Rsu Pku Muhammadiyah Yogyakarta. Jurnal Psikologi Kognisi, 2(1), 42-53.

Zahara, F. (2018). Pengendalian Emosi Ditinjau Dari Pola Asuh Orangtua Pada Siswa Usia Remaja Di SMA Utama Medan. Jurnal Psikologi Kognisi, 1(2), 94-109.

Zahara, F. (2012). Hubungan Dukungan Sosial Orangtua dan Motivasi Belajar dengan Kemandirian Belajar Siswa di SMA Negeri 7 Medan.

Zuraida, Z. (2019). Hubungan Kecerdasan Emosional Dan Dukungan Sosial Dengan Kebermaknaan Hidup Ramaja Di Panti Asuhan Al Jam’iyatul Washliyah. Jurnal Psikologi Kognisi, 3(1), 01-10.

Zuraida, Z. (2019). Konsep Diri Pada Remaja Dari Keluarga Yang Bercerai. Jurnal Psikologi Kognisi, 2(2), 88-97.

Zuraida, Z. (2019). Hubungan Prokrastinasi Akademik Dengan Prestasi Belajar Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Potensi Utama. Jurnal Psikologi Kognisi, 2(1), 30-41.

Zuraida, Z. (2018). Konsep Diri Penderita Skizofrenia Setelah Rehabilitasi. Jurnal Psikologi Kognisi, 1(2), 110-124.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Fakultas Psikologi. Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.