HUBUNGAN ANTARA NOMOPHOBIA DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK PADA SISWA KELAS XI SMK-BM SWASTA SINAR HUSNI MEDAN

Riza Pahlawan, Fenty Zahara Nasution

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan positif antara nomophobia dengan prokrastinasi akademik pada siswa kelas XI SMK-BM Swasta Sinar Husni Medan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode korelasional. Populasinya yaitu semua siswa kelas XI SMK-BM Swasta Sinar Husni Medan yang berjumlah 120 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian sebanyak 60 orang, pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu cluster sample. Data dikumpulkan dengan metode angket yang berbentuk instrumen skala likert. Instrumen yang digunakan berupa Skala Prokrastinasi Akademik dan Skala Nomophobia. Skor validitas instrumen prokrastinasi akademik ini bergerak dari angka 0,302 sampai dengan 0,653. Sedangkan skor validitas instrumen nomophobia ini bergerak dari angka 0,338 sampai dengan 0,749. Nilai koefisien reliabilitas alpha (𝛼) pada skala prokrastinasi akademik sebesar 0,862 sedangkan pada skala nomophobia sebesar 0,872. Kemudian data yang diperoleh tersebut dianalisis dengan menggunakan teknik analisis product moment. Hasil analisis korelasi product moment diperoleh koefisien korelasi sebesar (0,607) dengan signifikansi sebesar 0,000 (p<0,01) yang berarti terdapat hubungan yang positif dan sangat signifikan antara nomophobia dengan prokrastinasi akademik pada siswa kelas XI SMK-BM Swasta Sinar Husni Medan.


Kata Kunci


nomophobia; prokrastinasi akademik; siswa kelas XI SMK

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


A Rizvi, J. E Prawitasari & H. P Soejipto. (1997). Pusat Kendali dan Efikasi Diri sebagai Prediktor Prokrastinasi Akademik Mahasiswa, Jurnal Psikologika Universitas Gadjah Mada (Nomor 3 tahun 11). Hlm. 51- 65.

Farouq, A. (2010). Mengupas Kiat Sukses Mengatur Waku. Jakarta: PT Prestasi Pustakarya.

Ferrari, J. (2010). Still Procrastinating: The No Regrets Guide to Getting It Done. New Jersey: John Wiley n Sons Inc.

Ghufron, M. Nur. & Rini, R.S. 2014. Teori-Teori Psikologi. Jogjakarta: Ar-ruzz media.

Thakkar, N. (2009). Why Procrastinate: An Investigation of the Root Causes behind Procrastination. Lethbridge Undergraduate Research Journal. Nomor 2 Volume 4.

Davidson, Gerald C. (2004). Psikologi Abnormal (edisi ke 9). Jakarta: PT. Raja Grapindo Persada.

Akanferri AA, Aziale LK, Asampana I. (2014). An empirical study on mobile phone usage among young adults in Ghana: From the viewpoint of university students. International Journal of Computer Applications, 98(5).

Dixit, S., Shukla, H., Bhagwat, A. K., Bindal, A., Goyal, A., Zaidi, A. K., & Shrivastava, A. (2010). A study to evaluate mobile phone dependence among students of a medical college and associated hospital of central India. Indian journal of community medicine: official publication of Indian Association of Preventive & Social Medicine, 35(2), 339.

Sudarji, S. 2017. Hubungan Antara Nomophobia Dengan Kepercayaan Diri. Jurnal Psikologi Psibernetika, Volume 10, No. 1, 51-61.

Zuraida, & Zuraidah. 2018. Hubungan Adversity Quotient Dengan Prokrastinasi Akademik Dalam Penyelesaian Skripsi Pada Mahasiswa Yang Bekerja Di PTS. Universitas Potensi Utama. Jurnal Kognisi , Vol. 2 No.2.

Zuraida. 2017. Hubungan Prokrastinasi Akademik Dengan Prestasi Belajar Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Potensi Utama. Jurnal Kognisi, Vol.2 No.1

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. rev.ed. Jakarta: Rineka Cipta.

Latipun. (2004). Psikologi Eksperimen edisi dua. Malang: Universitas Muhamadiyah Malang Press.

Sekaran, U. 2006. Research Methods for Business (Metodologi Penelitian untuk Bisnis) Buku 2 Edisi 4. Jakarta: Salemba Empat.

Azwar, S. 2012. Penyusunan Skala Psikologi Edisi 2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Mirawati, M. (2019). Kematangan Sosial Siswa Kelas Xii Di SMK TI Swasta Budi Agung Ditinjau Dari Keyakinan Diri Akademik Dan Jenis Kelas. Jurnal Psikologi Kognisi, 2(1), 15-29.

Mirawati, M. (2018). Meningkatkan Harga Diri Melalui Pemberian Reinforcement Untuk Mengurangi Intensitas Menyontek Pada Mata Pelajaran Matematika Di SD Negeri 064015 Medan. Jurnal Psikologi Kognisi, 1(2), 165-179.

Mirawati, M. (2019). Penggunaan Layanan Bimbingan Kelompok Dan Kekompakan Kelompok Dalam Memantapkan Perencanaan Karir Siswa SMA Budi Agung Medan. Jurnal Psikologi Kognisi, 3(1), 11-22.

Oktariani, O. (2019). Hubungan Self Efficacy Dan Dukungan Sosial Teman Sebaya Dengan Self Regulated Learning Pada Mahasiswa Universitas Potensi Utama Medan. Jurnal Psikologi Kognisi, 2(2), 98-112.

Oktariani, O. (2018). Peranan Self Efficacy Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Psikologi Kognisi, 3(1), 41-50.

Rahmalia, D., & Sary, N. (2017, November). Makna Pernikahan Pada Istri Yang Menggugat Cerai Suami. In Prosiding Seminar Nasional Darmajaya (Vol. 1, No. 1, pp. 83-100).

Rahmalia, D., & Sary, N. (2018). Dinamika Psikologis pada Wanita Menggugat Cerai Suami. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 1(2), 59-66.

Rahmalia, D. (2017). Kepuasan Kompensasi Ekstrinsik Dan Instrinsik Terhadap Intensi Keluar. Jurnal Psikologi Kognisi, 1(1), 1-11.

Rahmalia, D. (2019). Makna Hidup Pada Wanita Dewasa Madya Yang Belum Menikah. Jurnal Psikologi Kognisi, 3(1), 23-32.

Nasution, F. Z. (2019). Gambaran Konflik Emosi Remaja Dengan Orang Tua Menggunakan Metode SACK’S Sentence Completion Test. Jurnal Psikologi Kognisi, 2(2), 122-135.

Zahara, F. (2019). Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dengan Interaksi Sosial Pada Mahasiswa Universitas Potensi Utama Medan. Jurnal Psikologi Kognisi, 2(2), 77-87.

Zahara, F. (2019). Hubungan Antara Kecemasan Dengan Tekanan Darah Pada Penderita Hipertensi Di Rsu Pku Muhammadiyah Yogyakarta. Jurnal Psikologi Kognisi, 2(1), 42-53.

Zahara, F. (2018). Pengendalian Emosi Ditinjau Dari Pola Asuh Orangtua Pada Siswa Usia Remaja Di SMA Utama Medan. Jurnal Psikologi Kognisi, 1(2), 94-109.

Zahara, F. (2012). Hubungan Dukungan Sosial Orangtua dan Motivasi Belajar dengan Kemandirian Belajar Siswa di SMA Negeri 7 Medan.

Zuraida, Z. (2019). Hubungan Kecerdasan Emosional Dan Dukungan Sosial Dengan Kebermaknaan Hidup Ramaja Di Panti Asuhan Al Jam’iyatul Washliyah. Jurnal Psikologi Kognisi, 3(1), 01-10.

Zuraida, Z. (2019). Konsep Diri Pada Remaja Dari Keluarga Yang Bercerai. Jurnal Psikologi Kognisi, 2(2), 88-97.

Zuraida, Z. (2019). Hubungan Prokrastinasi Akademik Dengan Prestasi Belajar Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Potensi Utama. Jurnal Psikologi Kognisi, 2(1), 30-41.

Zuraida, Z. (2018). Konsep Diri Penderita Skizofrenia Setelah Rehabilitasi. Jurnal Psikologi Kognisi, 1(2), 110-124.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Fakultas Psikologi. Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.