HUBUNGAN ANTARA KEMATANGAN EMOSI DENGAN KOMUNIKASI EFEKTIF PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PERBANKAN SYARIAH UNIVERSITAS POTENSI UTAMA MEDAN

Eka Ismayani, Fenty Zahara Nasution

Sari


Dalam penelitian ini yang menjadi masalahnya adalah hubungan antara kematangan emosi dengan komunikasi efektif mahasiswa. Hal ini dapat kita lihat dari kematangan  emosi  seseorang ketika  sedang berkomunikasi, sehingga kematangan emosi mempengaruhi komunikasi yang efektif. Skor untuk  validitas instrumen komunikasi efektif  ini bergerak  dari angka  0,314 sampai dengan 0,647. Sedangkan untuk skor validitas instrumen kematangan emosi ini bergerak dari angka 0,311 sampai dengan 0,650. Nilai koefisien reliabilitas alpha pada skala komunikasi efektif sebesar 0,817 sedangkan pada skala kematangan emosi sebesar 0,844. Kemudian untuk hasil analisis korelasi product moment diperoleh koefisien korelasi sebesar (0,322) dengan signifikansi sebesar 0,004 (p<0,01) yang berarti ada  hubungan yang positif dan signifikan antara kematangan emosi dengan komunikasi efektif  mahasiswa program studi perbankan syariah Universitas Potensi Utama Medan. Hal ini berarti bahwa semakin tinggi kematangan emosi mahasiswa program studi perbankan syariah Universitas Potensi Utama Medan maka semakin baik pula komunikasi efektifnya, dan sebaliknya jika kematangan emosi mahasiswa program studi perbankan syariah Universitas Potensi Utama Medan rendah, maka komunikasi efektifnya buruk.


Kata Kunci


kematangan emosi; komunikasi efektif; mahasiswa perbankan syariah

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Yusuf , Syamsu. 2011. Psikologi Perkembangan Anak Dan Remaja. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Rahmat Jalaluddin. 2011.Psikologi Komunikasi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Chaplin. 2011.Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Semiun Yustinus. 2006. Kesehatan Mental 1. Yogyakarta: Kanisius.

Hurlock . 2002. Psikologi Perkembangan . Jakarta: Erlangga

Nurihsan , Zuantika, Achmad.. 2011. Dinamika Perkembangan Anak dan Remaja: Tinjauan Psikologi, Pendidikan, dan Bimbingan. Bandung: PT. Refika Aditama.

Punyanunt-Carter, N.M. (2004). Using equity to examine relationship maintenance and satisfaction in father-daughter relationship. Human Communication. A Publication of the Pacific and Asian Communication Assocation, 11(1), 157-172

Mirawati, M. (2019). Kematangan Sosial Siswa Kelas Xii Di SMK TI Swasta Budi Agung Ditinjau Dari Keyakinan Diri Akademik Dan Jenis Kelas. Jurnal Psikologi Kognisi, 2(1), 15-29.

Mirawati, M. (2018). Meningkatkan Harga Diri Melalui Pemberian Reinforcement Untuk Mengurangi Intensitas Menyontek Pada Mata Pelajaran Matematika Di SD Negeri 064015 Medan. Jurnal Psikologi Kognisi, 1(2), 165-179.

Mirawati, M. (2019). Penggunaan Layanan Bimbingan Kelompok Dan Kekompakan Kelompok Dalam Memantapkan Perencanaan Karir Siswa SMA Budi Agung Medan. Jurnal Psikologi Kognisi, 3(1), 11-22.

Oktariani, O. (2019). Hubungan Self Efficacy Dan Dukungan Sosial Teman Sebaya Dengan Self Regulated Learning Pada Mahasiswa Universitas Potensi Utama Medan. Jurnal Psikologi Kognisi, 2(2), 98-112.

Oktariani, O. (2018). Peranan Self Efficacy Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Psikologi Kognisi, 3(1), 41-50.

Rahmalia, D., & Sary, N. (2017, November). Makna Pernikahan Pada Istri Yang Menggugat Cerai Suami. In Prosiding Seminar Nasional Darmajaya (Vol. 1, No. 1, pp. 83-100).

Rahmalia, D., & Sary, N. (2018). Dinamika Psikologis pada Wanita Menggugat Cerai Suami. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 1(2), 59-66.

Rahmalia, D. (2017). Kepuasan Kompensasi Ekstrinsik Dan Instrinsik Terhadap Intensi Keluar. Jurnal Psikologi Kognisi, 1(1), 1-11.

Rahmalia, D. (2019). Makna Hidup Pada Wanita Dewasa Madya Yang Belum Menikah. Jurnal Psikologi Kognisi, 3(1), 23-32.

Nasution, F. Z. (2019). Gambaran Konflik Emosi Remaja Dengan Orang Tua Menggunakan Metode SACK’S Sentence Completion Test. Jurnal Psikologi Kognisi, 2(2), 122-135.

Zahara, F. (2019). Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dengan Interaksi Sosial Pada Mahasiswa Universitas Potensi Utama Medan. Jurnal Psikologi Kognisi, 2(2), 77-87.

Zahara, F. (2019). Hubungan Antara Kecemasan Dengan Tekanan Darah Pada Penderita Hipertensi Di Rsu Pku Muhammadiyah Yogyakarta. Jurnal Psikologi Kognisi, 2(1), 42-53.

Zahara, F. (2018). Pengendalian Emosi Ditinjau Dari Pola Asuh Orangtua Pada Siswa Usia Remaja Di SMA Utama Medan. Jurnal Psikologi Kognisi, 1(2), 94-109.

Zahara, F. (2012). Hubungan Dukungan Sosial Orangtua dan Motivasi Belajar dengan Kemandirian Belajar Siswa di SMA Negeri 7 Medan.

Zuraida, Z. (2019). Hubungan Kecerdasan Emosional Dan Dukungan Sosial Dengan Kebermaknaan Hidup Ramaja Di Panti Asuhan Al Jam’iyatul Washliyah. Jurnal Psikologi Kognisi, 3(1), 01-10.

Zuraida, Z. (2019). Konsep Diri Pada Remaja Dari Keluarga Yang Bercerai. Jurnal Psikologi Kognisi, 2(2), 88-97.

Zuraida, Z. (2019). Hubungan Prokrastinasi Akademik Dengan Prestasi Belajar Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Potensi Utama. Jurnal Psikologi Kognisi, 2(1), 30-41.

Zuraida, Z. (2018). Konsep Diri Penderita Skizofrenia Setelah Rehabilitasi. Jurnal Psikologi Kognisi, 1(2), 110-124.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Fakultas Psikologi. Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.