HUBUNGAN SELF EFFICACY KARYAWAN DENGAN BURNOUT PADA KARYAWAN DI PT. INDAH LOGISTIK CARGO MEDAN

Khairu Asyifa, Oktariani Oktariani

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara Self Efficacy dengan Burnout pada karyawan PT. Indah Logistik Cargo Medan. Dimana yang menjadi subjek penelitian adalah karyawan PT. Indah Logistik Cargo Medan dengan sampel sebanyak 60 karyawan. Dengan pengambilan sampel melalui teknik total sampling. Pengumupulan data dilakukan dengan menggunakan skala Likert yang terdiri dari dua skala yaitu skala Self Efficacy dan skala Burnout . Metode analisa data yang digunakan adalah metode Korelasi Product Moment. Terdapat hubungan negatif yang sangat signifikan antara Self Efficacy karyawan dengan Burnout pada karyawan. Artinya semakin tinggi Self Efficacy karyawan, maka semakin rendah pula tingkat Burnout pada karyawan, sebaliknya semakin rendah Self Efficacy karyawan, maka semakin tinggi pula tingkat Burnout pada karyawan. Hasil yang dibuktikan dengan koefisien korelasi rxy = -0,381 ; sig < 0,010. Dengan demikian maka hipotesis yang diajukan, dinyatakan diterima. Burnout memberikan pengaruh terhadap Self Efficacy sebesar 14,5%. Ini berarti masih terdapat 85,5% pengaruh dari faktor lain terhadap Self Efficacy. Diantaranya adalah faktor lingkungan, faktor individual dan faktor sosial kultural. Dari hasil tersebut maka diharapkan untuk Pihak PT. Indah Logistik Cargo Medan untuk mempertahankan Self Efficacy karyawan dalam mengendalikan emosi dengan baik, faktor yang membuat lingkungan kerja menjadi kondusif adalah karyawan yang memiliki Self Efficacy yang tinggi, untuk mencapai tujuannya dengan baik.


Kata Kunci


Self Efficacy; Burnout; Karyawan PT. Indah Logistik Cargo Medan.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alwisol, (2014). Edisi Revisi. Psikologi Kepribadian. Malang : UMM Press.

Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Djazari, M., Rahmawati, D., & Nugraha, M. A. (2013). Pengaruh Sikap Menghindari Risiko Sharing dan Knowledge Self-Efficacy Terhadap Informal Knowledge Sharing Pada Mahasiswa Fise UNY. Nominal: Barometer Riset Akuntansi dan Manajemen, 2(2), 181-209.

Duli, N. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif: Beberapa konsep dasar untuk penulisan skripsi & analisis data dengan SPSS. Deepublish.

Ghufron, M. N., & Rini Risnawita, S. (2010). Teori-Teori Psikologi, Yogyakarta. Ar-Ruzz Media.

Harnida, H. (2015). Hubungan Efikasi Diri Dan Dukungan Sosial Dengan Burnout Pada Perawat. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 4(1).

Hartawati, D., & Mariyanti, S. (2013). Hubungan antara self-efficacy dengan burnout pada pengajar taman kanak-kanak sekolah “X” di Jakarta. Jurnal Psikologi Esa Unggul, 12(02), 126567.

Habibah, D. Y. & Lubis, R., 2015. Jurnal Psikologi. Hubungan Antara Kualitas Kehidupan Kerja Dengan Burnout Syndrom Pada Karyawan PT. Surya Alam Permaidi Palembang, 10 (03).

Karimah, T. P. S. (2012). Hubungan Antara Interaksi Sosial Dengan Disiplin Kerja Pada Karyawan PT. PLN APJ Surakarta (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Khotimah, K. (2010). Hubungan antara persepsi terhadap lingkungan kerja psikologis dengan burnout pada perawat RSU Budi Rahayu Pekalongan.

Khusniyah, N. A. (2014). Hubungan Antara Stres Kerja Dengan Burnout Pada Karyawan CV. Ina Karya Jaya Klaten (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Maidisanti, R. R. (2018). Hubungan antara self efficacy dan burnout pada anggota polisi satnarkoba polresta jambi. Jurnal Psikologi Jambi, 3(1), 14-14.

Oktariani, O. (2019). Hubungan Self Efficacy Dan Dukungan Sosial Teman Sebaya Dengan Self Regulated Learning Pada Mahasiswa Universitas Potensi Utama Medan. Jurnal Psikologi Kognisi, 2(2), 98-112.

Pratama, B. D., & Suharnan, S. (2014). Hubungan antara konsep diri dan internal locus of control dengan kematangan karir siswa SMA. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 3(03).

Raden Adjeng, R. A., 2013. Jurnal Psikologi. Kecerdasan Emosional, Dukungan Sosial dan Kecendurungan Burnout. Vol. 2, No. 2, hql 99 -107.

Rahmawati, Y. (2013). Hubungan antara stres kerja dengan burnout pada karyawan bagian operator PT. Bukit Makmur Mandiri Utama (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Rizka, Z. (2013). Sikap Terhadap Pengembangan Karir Dengan Burnout Pada Karyawan. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 1(2), 260-272.

RIZKI NOVIAWATI, D. I. A. N. (2016). Pengaruh self efficacy terhadap kinerja karyawan dengan motivasi sebagai variabel intervening (studi pada karyawan divisi finance dan human resources pt. coca-cola distribution indonesia, surabaya). Jurnal Ilmu Manajemen (JIM), 4(3).

Chandra, A. (2018). Hubungan Locus of Control Internal Terhadap Burnout pada Karyawan di PT Golden Victory Source.

Sudaryono, Dr. (2016). Metode Penelitian Pendidikan, Edisi Pertama, Jakarta: Kencana.

Yudhaningrum, L. (2019). Hubungan Antara Sense Of Humor Dan Burnout Pada Guru SD Di Jakarta Timur. JPPP-Jurnal Penelitian dan Pengukuran Psikologi, 8(02), 69-75.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Fakultas Psikologi. Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.