HUBUNGAN KECANDUAN SMARTPHONE DENGAN AKTIVITAS BELAJAR ANAK

Sheila Nurhaliza, Fenty Zahara Nasution

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara kecanduan smrtphone dengan aktivitas belajar anak pada siswa/i MAPN-4 MEDAN. Dimana subjek penelitiannya adalah siswa/i MAPN-4 MEDAN dengan sample sebanyak 75 siswa/i. Dengan pengambilan sample melalui product moment. Pengumpulan data dilakukan denganmenggunakan skala likert yaitu terdiri dari dua skala yaitu skala kecanduan smartphone dan skala aktivitas belajar anak. Metode analisa data yang digunakan adalah Analisis kolerasi Product moment. Diperoleh hasil bahwa terdapat hubungan negatif yang signifikan antara kecanduan smartphone dengan aktivitas belajar anak di MAPN-4 MEDAN. Dengan nilai F = 87.193 dan nilai p = 0,000. Kecanduan smartphone memberikan konstribusi sebesar 54,4%. Ini masih terdapat 46,5% pengaruh dari faktor lain terhadap kecanduan smartphone.


Kata Kunci


Smartphone; Aktivitas belajar

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Pratama, R. A., Widianti, E., & Hendrawati, H. (2020). Tingkat Kecanduan Game Online pada Mahasiswa Fakultas Keperawatan. Journal of Nursing Care, 3(2)

Viviyanti, N. K. Pengaruh self control, leisure boredom dan smartphone usage terhadap kecanduan smartphone pada remaja (Bachelor's thesis, http://repository. uinjkt. ac. id/dspace/submit)

Hudaya, A. (2018). Pengaruh gadget terhadap sikap disiplin dan minat belajar peserta didik. Research and Development Journal of Education, 4(2).

Isjoni, H. (2009). Pembelajaran kooperatif meningkatkan kecerdasan komunikasi antar peserta didik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Sudjana, N. (2009). Penilaian dan Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Djamarah, S. B., & Zain, A. (2006). Strategi belajar mengajar. Jakarta: Rineka Cipta, 46

Ningtyas, S. D. Y. (2012). Hubungan antara self control dengan internet addiction pada mahasiswa. Educational Psychology Journal, 1(1)

Woyke, E. (2014). The Smartphone: Anatomy of an industry. The new press

Alazzam, A. O., Bakar, A. R., Hamzah, R., & Asimiran, S. (2012). Effects of Demographic Characteristics, Educational Background, and Supporting Factors on ICT Readiness of Technical and Vocational Teachers in Malaysia. International Education Studies, 5(6), 229-243.

Sudjana, N. (2009). Penilaian hasil belajar mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya

Kariyana, I. K. (2013). Implementasi Pembelajaran Kooperatif TGT untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Dribbling Sepakbola. Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Undiksha, 1(5).


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Fakultas Psikologi. Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.