Hubungan Kualitas Pelayanan Dengan Kepuasan Pelanggan Di PT. Grand Shafa Nauli

Dwi Bagus Hidayat, Oktariani Oktariani

Sari


Penelitian ini bertujuan melihat hubungan antara Kualitas Pelayanan dengan Kepuasan Pelanggan di PT. Grand Shafa Nauli. Dimana yang menjadi subjek penelitian adalah para pelanggan di PT. Grand Shafa Nauli yang saya ambil hanya 50 pelanggan. Dengan pengambilan sampel melalui teknik total sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala Likert yang terdiri dari dua skala yaitu skala Kualitas Pelayanan dan skala Kepuasan Pelanggan. Metode analisa data yang digunakan adalah Analisis Product Moment. Diperoleh hasil bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara Kualitas Pelayanan dengan Kepuasan Pelanggan di PT. Grand Shafa Nauli. Hasil ini dibuktikan dengan koefisien korelasi rxy= 0,585 ; sig < 0,000. Kualitas pelayanan memberikan pengaruh terhadap kepuasan pelanggan sebesar 34,3%. Ini berarti masih terdapat 65,7% pengaruh dari faktor lain terhadap kepuasan pelanggan. Dari hasil tersebut maka diharapkan untuk pihak perusahaan untuk meningkatkan kemampuan dari suatu perusahaan di dalam memberikan segala sesuatu yang menjadi harapan pelanggannya atau dengan kata lain baik tidaknya kualitas jasa tergantung pada kemampuan penyediaan jasa dalam memenuhi harapan pelanggannya secara konsisten.


Kata Kunci


Kualitas Pelayanan; Kepuasan Pelanggan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Nadia, D. R., & Rahmad, H. (2015). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Bingka Nayadam Batam. Jurnal Akutansi Ekonomi dan Management Bisnis, 3(1), 32-40.

Sulistyawati, N. M. A., & Seminari, N. K. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Restoran Indus Ubud Gianyar. E-Jurnal Manajemen, 4(8).

Mangkunegara, A. A. P. (2016). Manajemen sumber daya manusia perusahaan. PT. Remaja Rosdakarya.

Riyanto, A. (2017). Hubungan Kualitas Pelayanan Dengan Kepuasan Pelanggan Pada Pdam Cabang Cibadak Kabupaten Sukabumi. Sukabumi E-jurnal. 1(2).

Sasongko, F. (2013). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Restoran Ayam Penyet Ria. Jurnal Strategi Pemasaran, 1(2), 1-7.

Setyawati, E. (2017). Hubungan Kualitas Pelayanan Dengan Kepuasan Konsumen Pada M–One Hotel & Entertainment. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Manajemen, 1(1).

Sumiati, S., Rasyidi, M. N., & Hereyanto, H. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Lingkungan Kerja Fisik terhadap Kepuasan Pelanggan PDAM Muara Teweh Kabupaten Barito Utara. Jurnal Bisnis dan Pembangunan, 7(2), 30-40.

Syahri, L. A., & Nur, R. A. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan (service quality) Terhadap Kepuasan Pelanggan PT. Sucofindo Batam. Jurnal Prodi Adminisrasi Bisnis Terapan Politeknik Negeri Batam. 1(2).

Vini, A. P. (2018). Hubungan Kualitas Pelayanan Dengan Kepuasan Pelanggan Alfamart Di Kelurahan Srondol Wetan Semarang. Jurnal Ilmiah Inspiratif. 3(5).

Sugianto, J., & Sugiharto, S. (2013). Analisa pengaruh service quality, food quality, dan price terhadap kepuasan pelanggan restoran Yung Ho Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, 1(2), 1-10.

Matondang, Z. (2009). Validitas dan Reliabilitas Suatu Instrumen Penelitian. Jurnal Tabularasa, 6(1), 87-97.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Fakultas Psikologi. Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.