Hubungan Konflik Kerja Dengan Kinerja Karyawan PT. Toba Surimi Indutries

Rona Khairani, Oktariani Oktariani

Sari


Hubungan konflik kerja dengan kinerja karyawan PT. Toba Surimi Industries. PT. Toba Surimi Industries merupakan salah satu badan usaha yang memproduksi makanan hasil laut (Seafood) yang dijual di dalam negeri dan diluar negeri, sehingga didalamnya banyak dinamika yang berkenaan dengan industri dan organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara konflik kerja dengan kinerja karyawan. Analisi ini menggunakan variabel independent yaitu konflik kerja dan variabel dependentnya adalah kinerja karyawan. Sampel penelitian ini adalah staf yang bekerja di PT. Toba Surimi Industries. Sampel dilakukan dengan metode total sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan 40 kuesioner terhadap karyawan. Metode statistik yang digunakan adalah analisis product moment, dengan pengujian hipotesis uji statistik f. hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan negatif yang signifikan antara konflik kerja dengan kinerja karyawan. Nilai koefisien determinasi diperoleh sebesar 0,407 yang berarti hubungan struktural dari variabel yang diteliti adalah sebesar 40,7%. Sedangkan sisanya 50,3% disebabkan oleh variabel lain yang tidak terdapat dalam penelitian ini.


Kata Kunci


Konflik Kerja; Kinerja Karyawan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alex, S. N. (2000). Manajemen Personalia: Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Ketiga, Ghalia Indonesia, Jakarta.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. 2010. Jakarta: Rineka Cipta.

Bahri, S. (2019). Manajemen Sumber Daya Aparatur (Studi Pada Dinas Pekerjaan Umum Bina Bangsa Wilayah Sumsel):(Studi Pada Dinas Pekerjaan Umum Bina Bangsa Wilayah Sumsel). Deepublish.

Bungin, M. B. (2004). Metodologi Penelitian Kuantitatif: Komunikasi, Ekonomi, dan Kebijakan Publik Serta Ilmu-ilmu Sosial Lainnya, Jakarta: Kencana, Cet.

Chendikia, D. B., Utami, H. N., & Prasetya, A. (2016). Pengaruh Konflik Kerja Dan Stres Kerja Terhadap Motivasi Kerja Karyawan Dan Kinerja Karyawan (Studi Pada Karyawan PT.Telekomunikasi Indonesia, Tbk Witel Jatim Selatan). Jurnal Administrasi Bisnis, 35(2), 136-145.

Djaali, H., & Muljono, P. (2008). Pengukuran dalam bidang pendidikan. Jakarta: Grasindo, 2(8).

Edison, E., Anwar, Y., & Komariyah, I. (2016). Manajemen sumber daya manusia. Bandung: Alfabeta.

Fahmi, I. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia Cetakan Kedua. Alfabeta. Bandung.

Fatikhin, F., Hamid, D., & Mukzam, M. D. (2017). Pengaruh Konflik Kerja Dan Stres Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada Karyawan PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Cabang Soekarno Hatta Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 47(1), 172-180.

Hamali, A. Y., & SS, M. (2018). Pemahaman Manajemen Sumber Daya Manusia Cetakan Ketiga. CAPS (Center for Academic Publishing Service).

Sulaksono, H. (2015). Budaya Organisasi dan Kinerja. Deepublish.

Jailani, M. (2017). KREDIBILITAS PEMIMPIN TERHADAP KINERJA PEGAWAI DINAS PENGENDALIAN LAHAN DAN TATA RUANG KABUPATEN KUTAI TIMUR. Jurnal Paradigma (JP), 1(3), 402-419.

Karyanti. 2018. Dance Counseling. Yogyakarta: CV. Budi Utama.

Mamik, D. (2015). Metodologi Kualitatif. Sidoarjo: Zifatama Jawara.

Mangkunegara, A. A. P. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan Bandung: Remaja Rosda Karya. Bambang S. Soedibjo.

Nurdin, I., & Hartati, S. (2019). Metodologi Penelitian Sosial. MEDIA SAHABAT CENDEKIA.

Oktariani, O. (2019). Hubungan Self Efficacy Dan Dukungan Sosial Teman Sebaya Dengan Self Regulated Learning Pada Mahasiswa Universitas Potensi Utama Medan. Jurnal Psikologi Kognisi, 2(2), 98-112

Ramadanu, D., & Andri, S. (2016). Pengaruh Konflik Kerja Dan Stres Kerja Terhadap Kepuasan Kerja”(Studi Pada Karyawan Pt. Indah Logistik Cabang Pekanbaru) (Doctoral dissertation, Riau University).

Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2008). Perilaku organisasi edisi ke-12. Jakarta: Salemba Empat, 11.

Saragih, E. C. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kecelakaan Kerja Pembangunan PLTA pada Karyawan PT Global di Desa Simanabun Kecamatan Silau Kahean Kabupaten Simalungun Tahun 2014.

Sarmanu. 2017. Dasar Metodologi Kuantitatif, Kualitatif dan Statistika Surabaya Universitas Airlangga.

Walangantu, A. R., Sumampouw, H. J., Tarore H. S. (2018) Pengaruh Konflik Terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Pegadaian (Persero) Manado. JURNAL ADMINISTRASI BISNIS (JAB) 6(003).

Zenda, R. H. (2017) Peranan Sektor Industri terhadap Penyerapan Tenaga Kerja Di Kota Surabaya. JEB17: Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 2(10).

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Tenaga_kerja diunduh 10 Desember 2019.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Fakultas Psikologi. Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.