HUBUNGAN ANTARA KEPUASAN KERJA DENGAN STRES KERJA KARYAWAN DI PT. GRAND SHAFA NAULI

Muhammad Fadli, Oktariani Oktariani

Sari


Hubungan antara kepuasan kerja dengan stres kerja karyawan di PT. Grand Shafa Nauli. PT. Grand Shafa Nauli telah memberikan berbagai macam pelayanan perjalanan dan paket wisata perjalanan kepada begitu banyak pelanggan dengan berbagai macam tujuan seperti Asia, Australia, Timur Tengah, Eropa dan Amerika serta berbagai macam tujuan perjalanan atau paket wisata lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antra kepuasan kerja dengan stres kerja karyawan. Analisis ini menggunakan menggunakan variabel independen yaitu kepuasan kerja dan variabel dependen yaitu stres kerja. Sampel penelitien ini adalah karyawan di PT. Grand Shafa Nauli. Sampel dengan metode total sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan 60 kuesioner terhadap karyawan. Metode statistik menggunakan analisis product moment. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa adanya hubungan negatif yang signifikan antara kepusan kerja dengan stres kerja karyawan. Hasil ini dibuktikan dengan koesisien korelasi rxy= -0,661 ; sig < 0,010. Hal ini menunjukan bahwa 43.6% hubungan yang terjadi antara kepuasan kerja dengan stres kerja, dan 56.4% ditentukan oleh faktor-faktor lainnya selain kepuasan kerja. Sumbangan efektif kepuasan kerja terhadap stres kerja sebesar 43.7%. Hal ini terlihat dari nilai R-Square (r2) yang diperoleh dari hubungan antara kepuasan kerja dengan stres kerja sebesar 0,437.


Kata Kunci


Kepuasan kerja; Stres kerja

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alhamdu. 2016. Analisis Statistik Dengan Program SPSS.Palembang: NoerFikriOffset.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian, Jakarta. Rineka Cipta.

Azwar, S. (2012). Penyusunan skala psikologi edisi II. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Budiyono, R., & Haryati, T. (2016). Analisa Pengaruh Kepuasan Kerja, Stress Kerja, dan Komitmen Organisasi Terhadap Turnover Intention (Studi Pada PT. Duta Service Semarang). JURNAL STIE SEMARANG (EDISI ELEKTRONIK), 8(1), 36-52.

Bungin, B. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif edisi kedua. Jakarta: Kencana.

HA Hussein Fattah, M. M. (2017). Kepuasan Kerja dan Kinerja Pegawai: Elmatera. Elmatera.

Fitriantini, R., Agusdin, A., & Nurmayanti, S. (2019). PENGARUH BEBAN KERJA, KEPUASAN KERJA DAN STRES KERJA TERHADAP TURNOVER INTENTION TENAGA KESEHATAN BERSTATUS KONTRAK DI RSUD KOTA MATARAM. Jurnal Distribusi, 8(1), 23-38.

Gofur, A. (2018). Pengaruh Stres Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Pegawai. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 3, 295-304.

Hasibuan, M. S. (2014). Manajemen sumber daya manusia (revisi). Jakarta: Bumi Aksara.

Hamali, Arif Yusuf. 2018. Pemahaman Manajemen Sumber Daya Manusia Strategi Mengelola Karyawan. Bandung. Caps.

Lantara, D., & Nusran, M. (2019). Dunia Industri: Perspektif Psikologi Tenaga Kerja. Nas Media Pustaka.

MEITHIANA, I. (2017). KEPUASAN KERJA DAN KINERJA KARYAWAN Tinjauan dari Dimensi Iklim Organisasi, Kreativitas Individu, dan Karakteristik Pekerjaan.

Mangkunegara, A. A. P. (2016). Manajemen sumber daya manusia perusahaan. PT. Remaja Rosdakarya.

NN (Nasyadizi) Noor. (2016). Pengaruh Stres Kerja Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada Karyawan PT Jasaraharja (Persero) Cabangjawatimur Di Surabaya). Brawijaya University.

Nuzulawati, M. T., & Rohmatun, R. (2018). Hubungan Antara Kepribadian Tipe A dengan Stres Kerja Pada Guru SMK Muhammadiyah Tegal. Proyeksi: Jurnal Psikologi, 11(1), 15-23.

Oktariani, O. (2019). Hubungan Self Efficacy Dan Dukungan Sosial Teman Sebaya Dengan Self Regulated Learning Pada Mahasiswa Universitas Potensi Utama Medan. Jurnal Psikologi Kognisi, 2(2), 98-112.

Sutrisno, E. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: Kencana Prenada Media Group. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: RinekaCipta.

Sugiyono. (2008). Metode penelitian pendidikan:(pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D). Alfabeta.

Syah, R. N., & Indrawati, E. S. (2017). Hubungan antara kepuasan kerja dengan stres kerja pada sopir bus PO Agra Mas (Divisi AKAP) jurusan Wonogiri-Jakarta. Empati, 5(3), 543-548.

WAHYUNI, S., & HARIWIBOWO, H. (2013). Pengaruh Stres Kerja terhadap Kepuasan Kerja Pegawai di Kantor Cabang PT. Pegadaian (Persero). JPPP-Jurnal Penelitian dan Pengukuran Psikologi, 2(1), 72-77.

Waspodo, A. A., Handayani, N. C., & Paramita, W. (2013). Pengaruh kepuasan kerja dan stres kerja terhadap turnover intention pada karyawan pt. Unitex di bogor. JRMSI-Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 4(1), 97-115.

Wijono, S. (2014). Psikologi Industri dan Organisasi Edisi Revisi. Cetakan ke-4. Jakarta: Kencana Prenada Media Group..

https://id.wikipedia.org/w/index.php?sort=relevance&search=tujuan+penelitian+kuantitatif&title=Istimewa%3APencarian&profile=advanced&fulltext=1&advancedSearch-current=%7B%7D&ns0=1. Dikutip 03 Januari 2020


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Fakultas Psikologi. Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.