HUBUNGAN ADVERSITY QUOTIENT DENGAN MOTIVASI BERPRESTASI SISWA SMA BANI ADAM AS MEDAN

Eka Hariandayani, Fenty Zahara Nasution

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan Adversity Quotient dengan Motivasi Berprestasi Siswa SMA Bani Adam As Medan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X dan XI yang berjumlah 153 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Pengambilan data menggunakan skala Likert yang terdiri dari dua skala, yaitu skala adversity quotient dan skala motivasi berprestasi. Metode analisa data yang digunakan adalah metode korelasi (rxy) sebesar 0,534 dengan sig<0,010, artinya terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara adversity quotient siswa SMA Bani Adam As Medan, yang menunjukkan semakin tinggi adversity quotient maka semakin tinggi motivasi berprestasinya. Sebaliknya, semakin rendah adversity quotient maka semakin rendah motivasi berprestasinya. Adversity quotient dalam penelitian ini cenderung tinggi, karena mean empirik (121,793) lebih besar dari mean hipotetik (110) dan selisih diantara keduanya tidak melebihi bilangan SD (11,830). Dan motivasi berprestasi cenderung tinggi, sebab mean empirik (100,707) lebih besar dari mean hipotetik (92,5) dan selisih keduanya tidak melebihi bilangan SD (11,868). adversity quotient memberikan pengaruh terhadap motivasi berprestasi sebesar 28,5%. Ini berarti masih terdapat 71,5% pengaruh dari faktor lain terhadap motivasi berprestasi.


Kata Kunci


Adversity Quotient; Motivasi Berprestasi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arifin, Z. (2017). Kriteria Instrumen dalam suatu penelitian. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 2(1).

Arikunto, S. (2018). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Dimyati, d. M. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, S. B. (2018). Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Khairani, M. (2017). Psikologi Belajar. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Farelin, F., & Kustanti, E. R. (2018). Hubungan antara Adversity Intelligence dengan Motivasi Berprestasi pada Mahasiswa. Empati, 6(2), 47-56.

Fauziah, N. (2014). Empati, persahabatan, dan kecerdasan adversitas pada mahasiswa yang sedang skripsi. Jurnal Psikologi, 13(1), 78-92.

Mailani, L. (2018). Prokrastinasi Ditinjau Dari Kepercayaan Diri Dan Dukungan Sosial Pada Siswa SMK Pabaku. Psikologi Prima, 1(2), 53-63.

Putra, M. R. G., Hidayati, N. O., & Nurhidayah, I. (2016). Hubungan motivasi berprestasi dengan adversity quotient warga binaan remaja di LPKA kelas II Sukamiskin Bandung. Jurnal Pendidikan Keperawatan Indonesia, 2(1), 52-61.

Saidah, S., & Aulia, L. A. A. (2014). Hubungan self efficacy dengan adversity quotient (AQ). Jurnal Psikologi: Jurnal Ilmiah Fakultas Psikologi Universitas Yudharta Pasuruan, 2(2), 54-61.

Stoltz, P. (2018). Adversity Quotient: Mengubah Hambatan Menjadi Peluang. Jakarta: Grasindo.

Sujarwo, S. (2011). Motivasi berprestasi sebagai salah satu perhatian dalam memilih strategi pembelajaran. Majalah Ilmiah Pembelajaran, 7(2).

Sugiyanto, S. (2010). Kontribusi Motivasi Berprestasi Terhadap Prestasi Akademik Siswa Kelas XI SMA Negeri 10 Semarang. Paradigma, 4(08).

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Suhandi, H. S., & Sawitri, D. R. (2018). Hubungan antara Adversity Intelligence dengan Motivasi Belajar Dalam Mata Pelajaran Matematika pada Siswa Kelas XI SMA N 1 Cilimus Kabupaten Kuningan. Empati, 6(4), 329-339.

Supardi, U.S. (2015). Pengaruh adversity qoutient terhadap prestasi belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(1).


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Fakultas Psikologi. Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.