KERJASAMA INDONESIA-TURKI DIBIDANG ENERGI ERA PEMERINTAHAN JOKOWI TAHUN 2015-2020

Aminah Suhayya Lubis, Ibnu Zulian

Sari


 

Penelitian ini mengenai Kerjasama dalam bidang ekonomi khususnya untuk masalah kelistrikan. Fokus penguatan kerjasama di bidang energi adalah untuk memenuhi kebutuhan listrik di nusantara melalui penggunaan kapal bertenaga atau kapal yang menyediakan tenaga listrik. Indonesia dan Turki akan mengurangi hambatan perdagangan dan menciptakan lingkungan investasi yang menguntungkan. Pada saat yang bersamaan, di bidang energi, Indonesia mendapat dukungan untuk penyediaan tenaga listrik di kepulauan Indonesia. Ada lima kapal yang akan ditempatkan di Indonesia di Amurung Sulawesi Utara, Kupang, Mataram (NTB), Belawan serta Ambon. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, proses kerjasama Indonesia dengan Turki di dalam bidang energi listrik serta dampak yang di rasakan masyarakat sekitar dengan ada nya kerjasama diantara negara. Kegunaan Penulis menggunakan teori neoliberalisme yang merupakan cara bagaimana mencapai kerjasama antarnegara atau aktor lainnya dalam sistem internasional, selain itu konsep yang digunakan adalah Kerjasama internasional karena adanya hubungnan yang dilakukan dengan negara lain yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan rakyat dan untuk kepentingan negara-negara di dunia di dalam bidang politik, sosial, pertahanan keamanan, kebudayaan, dan ekonomi, berpedoman pada politik luar negeri masing-masing.


Kata Kunci


Indonesia-Turki; Kerjasama Internasional; Energi Listrik

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Wulandari, A., & Iskandar, I. (2017). Kepentingan Indonesia Bekerjasama dengan Turki dalam Industri Perthanan (Studi Kasus: Pembuatan Tank Medium) (Doctoral dissertation, Riau University).

Moslem Today. (2016). Indonesia dan Turki Sepakat untuk Memperkuat Kemitraan Strategis di Berbagai Bidang. Tersedia pada website: http://www.moslemtoday.com/indonesia-dan-turkisepakat-untuk-memperkuat-kemitraan-strategis-diberbagai-bidang/ (diakses pada 4 Agustus 2020)

Bahri, S. (2015). Kunjungi Indonesia, Inilah Fokus Pembicaraan Presiden Erdogan Kali ini. http://www.dakwatuna.com/2015/07/31/72445/kunjungi-indonesia-inilah-fokus-pembicaraanpresiden-erdogan-kali-ini/#ixzz4p7oCTnTX (diakses pada 5Agustus 2020)

Suara Investor (2017). Indonesia-Turki Sepakat Tingkatkan Kerjasama Perdagangan. https://www.suarainvestor.com/indonesia-turki-sepakat-tingkatkan-kerjasama-perdagangan/

Badan Pengkajian dan Pengembangan Kebijakan Departemen Luar Negeri Indonesia, Himpunan Keterangan Dasar Negara-Negara Akreditasi Perwakilan RI di Luar Negeri Jilid IV (Jakarta: 2004) hal 482-483.

Kementrian Pertahanan Republik Indonesia (2018), Indonesia-Turki Komitmen Perkuat Hubungan Bilateral. Tersedia pada website: https://www.kemhan.go.id/2018/10/29/indonesia-turki-komitmen-perkuat-hubungan-bilateral-yang-kuat.html (di akses pada 29 Oktober 2020)

RI-Turki Sepakat Tingkatkan Kerjasama Perdagangan. https://www.kemlu.go.id/id/berita/Pages/RI-Turki-Sepakat-Tingkatkan-Kerjasama-Perdagangan.aspx (di akses pada 7 Juli 2020)

Merdeka.com, Jokowi minta Turki bangun kapal Turki di Indonesia. https://www.merdeka.com/uang/jokowi-minta-turki-bangun-kapal-pembangkit-listrik-di-indonesia.html (diakses pada 8 Desember 2020)

Kurniawan, B. I. (2017). Alasan Rusia Menjadi Pengamat dalam Organiasi Kerjasama Islam (OKI) Sejak tahun 2005. Diakses dari https://ejournal. hi. fisip-unmul. ac. id/site/wpcontent/uploads/2017/09/bobby% 20jurnal, 20, 09-07.

Suryana, H., & COPLIN, W. D. (1919). Pengantar Politik Internasional: Suatu Telaah Teoretis. Bandung : Sinar Baru.

Kresna,M. (Mei 2019). Manipulasi Tender Proyek Kapal Listrik PLN. Tirto. Tersedia pada website: https://tirto.id/manipulasi-tender-proyek-kapal-listrik-pln-dnmk (diakses pada 12 November 2020)

Agung, A., Perwita, B., & Yani, Y. M. (2006). Pengantar Ilmu Hubungan Internasional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Fakultas Ilmu Sosial dan Kependidikan. Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.