STRATEGI PEMASARAN PRODUK TABUNGAN HAJI DALAM MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH (STUDI KASUS PADA PT. BANK SUMUT SYARIAH KCP MARELAN RAYA)

Okta Andri Yanti, Santi Arafah

Sari


Produk Tabungan Haji iB makbul merupakan sebuah tabungan yang di khususkan kepada warga medan atau masyarakat yang berada di Sumatera Utara yang ingin naik haji dan melakukan ibadah umrah yang menggunakan akad Wadia’ah (titipan). Pemasaran produk tabungan haji di PT. Bank Sumut Syariah KCP Marelan Raya memiliki strategi pemasaran khusus  dalam hal promosi melalui iklan ditelevisi, radio, koran, majalah dan internet dan juga melakukan pendekatan dibagian terpenting dalam sebuah organisasi masyarakat. Maksud dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan strategi pemasaran produk tabungan haji dalam meningkatkan jumlah nasabah pada PT. Bank Sumut Syariah KCP Marelan Raya. Penelitian ini memakai pendekatan metode kualitatif, sedangkan pengumpulan data yang dilakukan melalui wawancara dan observasi. Data-data yang telah diperoleh kemudian akan diolah dengan metode analisis kualitatif menggunakan uji kredibialitas, transferability, dependability, confirmability. Dalam penelitian ini, peniliti menjadikan karyawan khususnya dibagian Customer Service dan bagian pemasaran produk pada PT. Bank Sumut Syariah KCP Marelan Raya sebagai subjek penelitian yang dipercaya dapat memberikan informasi tentang Produk Tabungan Haji. Peneliti juga menggunakan metode kualitatif, dimana biasanya penelitian kualitatif ini menggunakan analisis data secara deskriptif dan deduktif. Hasil penelitian yang dilakukan peneliti membuktikan bahwa strategi pemasaraan produk Tabungan Haji dalam strategi pemasaranya memakai strategi marketing mix yang sering disingkat dengan 4P yang mencakup price, produk, promotion, dan place. PT. Bank Sumut Syariah KCP Marelan Raya memberikan fasilitas yang baik kepada nasabahnya seperti setoran awal yang ringan sebesar Rp 100.000 dan dibebeskan biaya administrasi dan juga bebas biaya penutupan rekening. Dalam pemasaran produk tabungan haji ini masalah yang dihadapi yaitu persaingan yang dihadapi semakin kuat, minimya SDM yang berkompeten khususnya dibagian pemasaran dan fasilitas yang kurang memadai seperti kurangnya mesin ATM.


Kata Kunci


Strategi, pemasaran, Tabungan Haji

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Al-Quran Surah Ali Imran Ayat 97

Anwar Hilman, Ust. Anwar Nashir Goparana, Manasik Haji dan Umroh,Jakarta, Al Maghfiroh.

Arafah, S. (2017). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI HARGA SAHAM SYARIAH DI PT. UNILEVER, TBK. Bisei: Jurnal Bisnis dan Ekonomi Islam, 2(2).

Khotibul Umam, Dr. H. Setiawan Budi Utomo, Perbankan Syariah: Dasar-dasar dan Dinamika Perkembangan di Indonesia, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta,2016, hlm 2

Idri, M.Ag, Hadis Ekonomi, Prenada Media Group, Jakarta, 2015

Arafah, S., & Juliana, J. (2018, August). The Comparison of Satisfaction Level between Face to Face Conference and Teleconference Usage on Employee’Performance. In 2018 6th International Conference on Cyber and IT Service Management (CITSM) (pp. 1-6). IEEE.

Indriyo Gitosudarmo, M.Com, Managemen Strategi, BPFE, Yogyakarta, 2001, hal.204.

ARAFAH, S., & TANJUNG, Y. (2019). ANALISIS FAKTOR DETERMINAN YANG MEMPENGARUHI PEMAKAIAN METODE JIT (STUDI KASUS UD. PUSAKA BAKTI). Bisei: Jurnal Bisnis dan Ekonomi Islam, 4(01).

Majid Abdul, Strategi Pembelajaran, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung, 2017. Hal 3

Trisadini, P. Usanti, HukumPerbankan, Kencana, Depok, 2017.Hal. 35.

Arafah, S., & Sembiring, E. A. (2018). ANALISIS PENGARUH KEPUASAN DENGAN PEMAKAIAN METODE PERPEKTUAL TERHADAP PENGGUNAAN APLIKASI QUICKBOOKS ACCOUNTING SYSTEM (Studi Kasus UD. Rizky assila ULFA). Bisei: Jurnal Bisnis dan Ekonomi Islam, 3(2).

Undang-Undang R.I. Nomor 37 Tahun 2009 Tentang Keimigrasian dan Perpu

Juliana, J., & Arafah, S. (2018). THE MULTIMODAL ANALYSIS OF ADVERTISING TAGLINE" TOLAK ANGIN SIDOMUNCUL” THROUGH SYSTEMIC FUNCTIONAL LINGUISTICS APPROACH. Journal MELT (Medium for English Language Teaching), 3(2), 127-137.

Wawancara pribadi kepada bapak Bagus Tri Prasetyo bagian pemasaran, Medan, 15 Juli 2019, pukul 12.00 WIB.

[Wawancara pribadi kepada ibu Titin Ellin Rangkuti, Customer Service, Medan 15 Juli 2019, pukul 12.20 WIB

Ridwan, Muhammad. Keputusan Pembelian Melalui Situs Belanja Online Terhadap Perilaku Konsumtif Masyarakat Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Pada Pengguna Aplikasi Laada Di Medan). Diss. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, 2018.

Murtani, Alim (2019). Sosialisasi Gerakan Menabung. Sindimas, (1). 279-283.

Pasi, I. R. (2019). PENGARUH PENGETAHUAN DAN SIKAP TERHADAP PERILAKU MASYARAKAT PADA BANK SYARIAH. JURNAL AL-QASD ISLAMIC ECONOMIC ALTERNATIVE, 1(2), 189-201.

Sembiring, E. A. (2019). PENGARUH METODE PENCATATAN PERSEDIAAN DENGAN SISITEM PERIODIK DAN PERPETUAL BERBASIS SIA TERHADAP STOCK OPNAME PADA PERUSAHAAN DAGANG DI PT JASUM JAYA. Accumulated Journal (Accounting and Management Research Edition), 1(1), 69-77.

Siregar, E. A. (2019). PENGARUH PENDAPATAN ASLI DAERAH, DANA ALOKASI UMUM DAN DANA ALOKASI KHUSUS TERHADAP INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA DI KABUPATEN DAN KOTA PROVINSI SUMATERA UTARA. Accumulated Journal (Accounting and Management Research Edition), 1(2), 160-170.

Risal, T., & Alexander, A. (2019). Pengaruh Persepsi Bagi Hasil, Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Penggunaan Jasa Perbankan Syariah Tabungan Mudharabah Pada Mahasiswa Universitas Potensi Utama. Jurnal Samudra Ekonomika, 3(2), 118-130.

Risal, T. (2019). PENINGKATAN PERAN PERBANKAN SYARIAH DENGAN MENGGERAKKAN SEKTOR RIIL DALAM PEMBANGUNAN. Accumulated Journal (Accounting and Management Research Edition), 1(1), 36-47.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.