ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PRODUK DEPOSITO MUDHARABAH DALAM MENARIK MINAT MASYARAKAT PADA PT. BANK SUMUT SYARIAH KCPSy MARELAN RAYA
Sari
Keberhasilan suatu perusahaan terdapat pada bagaimana strategi perusahaan menjual produk terutama mengemas dalam bentuk yang menarik serta cara menyampaikan produknya ke masyarakat.Akan sangatlah penting bagi bank untuk merancang suatu sterategi pemasaran serta menjadi tolok ukur keberhasilan suatu perusahaan. Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran yang diterapkan oleh Bank Sumut Syariah kcpsy marelan raya dalam menarik minat masyarakat menggunakan produk deposito mudharabah. Penelitian ini menggunakan metode desain penelitian, jenis data dan sumber data berupa data primer dan data sekunder, teknik pengumpulan data dengan metode observasi, wawancara dan perpustakaan. Lokasi yang digunakan dalam penelitian adalah kantor capem syariah Bank Sumut Syariah cabang medan (marelan raya) yang terletak di Jln. Veteran Komplek Perumahan Brayan Trade Center No. 43. Hasil penelitian ini adalah bahwa Bank Sumut Syariah ini telah melaksanakan strategi pemasaran dengan melakukan marketing mix yang meliputi tempat, harga, produk, promosi. Adapun hambatan yang dihadapi Bank Sumut Syariah dalam memasarkan produk adalah, kurang sumber daya manusia pemasaran yang kompeten dan ketetapan sistem dari pusat yang sangat ketat.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Indriyo Gitosudarmo, M.Com. (Hons), Manajemen Startegis, Yogyakarta : BPFE, 2001
Sutan Remy Sjahdeini, “Perbankan Islam dan Kedudukannya dalam Tata Hukum Perbankan Indonesia,”cet-3, Jakarta: PT.Pustaka Utama Grafiti, 2007
M.Fuad,dkk, Pengantar Bisnis, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2000
Novita dan Liza, “Manajemen Strategik: Suatu Pendekatan Keunggulan Bersaing/Fred R. David, Forest R. David”, Jakarta: Salemba Empat, 2017
Sofian Assauri, “Strategic Management”, Jakarta:Rajawali Pers ,2013
Moleong, Lexy J, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2002.
Buchari Alma dkk, “Manajemen Bisnis Syariah” ,Bandung : Alfabeta,2014
Kasmir, “Pemasaran Bank”,Jakarta: Kencana Prenada Media, 2004
Hamdi Agustin, “Studi Kelayakan Bisnis Syariah”, cet-1Depok : PT Raja Grafindo Persada, 2017
Manurung, “Metodologi Penelitian”, (Jakarta: Halaman Moeka, 2012)
ARAFAH, S., & TANJUNG, Y. (2019). ANALISIS FAKTOR DETERMINAN YANG MEMPENGARUHI PEMAKAIAN METODE JIT (STUDI KASUS UD. PUSTAKA BAKTI). Bisei :Jurnal Bisnis dan Ekonomi Islam, 4(01).
Arafah, S. (2017). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI HARGA SAHAM SYARIAH DI PT. UNILEVER, TBK. Bisei: Jurnal Bisnis dan Ekonomi Islam, 2(2).
Arafah, S., & Sembiring, E. A. (2018) ANALISIS PENGARUH KEPUASAN DENGAN PEMAKAIAN METODE PERPEKTUAL TERHADAP PENGGUNAAN APLIKASI QUICKBOOKS ACCOUNTING SYSTEM (Studi Kasus UD. Rizky assila ULFA). Bisei: Jurnal Bisnis dan Ekonomi Islam, 3(2).
Murtani, Alim. (2019). PENGARUH PENGEMBANGAN KARYAWAN DAN FASILITAS KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN DI PT. BANK SUMUT SYARIAH CABANG MEDAN. Jurnal AL-QASD ISLAMIC ECONOMIC ALTERNATIVE, 1(2), 177-188).
Murtani, Alim. (2019). Sosialisasi Gerakan Menabung. Sindimas,I(1), 279-283.
Ridwan, Muhammad, Keputusan Pembelian Melalui Situs Belanja Online Terhadap Perilaku Konsumtif Masyarakat Dalam Perspektif Ekonomi Islam(Studi Kasus Pada Pengguna Aplikasi Lazada Di Medan)” (Diss. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, 2018.
Qirom, M.A., & Susianto, A. Supriyadi (2013). Evaluasi dan prediksi pertumbuhan dan hasil jenis nyawai dan balangeran.
Muhammad Abrar Kasmin Hutagalung(2017) Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Bagi Hasil Terhadap Minat Masyarakat Menjadi Nasabah Bank Syari’ah.
Hutagalung, M. Abrar Kasmin (2016) PERSEPSI NASABAH TERHADAP APLIKASI DANA QARDHUL HASAN DI BPRS PUDUARTA INSANI TEMBUNG. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
M. Abrar KasminHutagalung, (2019) Generasi Muslim Milenial dan Wirausaha.
Siregar, E. A. (2019). PENGARUH PENDAPATAN ASLI DAERAH, DANA ALOKASI UMUM DAN DANA ALOKASI KHUSUS TERHADAP INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA DI KABUPATEN DAN KOTA PROVINSI SUMATERA UTARA. Accumulated Journal (Accounting and Management Research Edition), 1(2), 160-170.
Risal, T., & Alexander, A. (2019). Pengaruh Persepsi Bagi Hasil, Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Penggunaan Jasa Perbankan Syariah Tabungan Mudharabah Pada Mahasiswa Universitas Potensi Utama. Jurnal Samudra Ekonomika, 3(2), 118-130.
Risal, T. (2019). PENINGKATAN PERAN PERBANKAN SYARIAH DENGAN MENGGERAKKAN SEKTOR RIIL DALAM PEMBANGUNAN. Accumulated Journal (Accounting and Management Research Edition), 1(1), 36-47.
Risal, T. (2019). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH DENGAN KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA BMT KAMPOENG SYARIAH. JMB (Jurnal Manajemen dan Bisnis), 1(1).
Hutagalung, M. A. K. (2019). ANALISA PEMBIAYAAN GADAI EMAS DI PT. BANK SYARI’AH MANDIRI KCP SETIA BUDI. JURNAL AL-QASD ISLAMIC ECONOMIC ALTERNATIVE, 1(1), 116-126.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by4.footer##
Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241