ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NASABAH DALAM MEMILIH PEMBIAYAAN MURABAHAH PADA PT. BANK SYARIAH MANDIRI KANTOR CABANG MEDAN AKSARA

Rofika Nadira, Susianto Susianto

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi keputusan nasabah PT Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Medan Aksara dalam menggunakan produk pembiayaan murabahah. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah yang menggunakan produk pembiayaan murabahah pada PT Bank Syariah Mandiri kantor cabang Medan Aksara. Dan untuk menentukan ukuran sampel menggunakan rumus slowin dan diperoleh sampel penelitian 68 responden.Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari data primer melalui penyebaran kuisioner kepada responden. Analisis data menggunakan analisis faktor (untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi nasabah dalam memilih pembiayaan murabahah )dengan bantuan software computer SPSS versi 23.0 for windows dan Microsoft Office Excel.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh produk(X1),promosi(X2), organisai(X3), terhadap pengaruhbnasabah dalam memilih pembiayaan murabahah pada Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Medan Aksara. Penelitian ini menggunakan koesioner sebagai instrument untuk mengambil sampel 86 responden, yang merupakan nasabah Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Medan Aksara. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Regresi Linear Berganda. Hasil dari penelitian yang dilakukan dengan alpha 5% menunjukan bahwa secara simultan (uji F) pengaruh antara produk (X1), promosi(X2), lokasi(X3) adalah positif dan signifikan terhadap pengaruh nasabah memilih pembiayaan murabahah, dengan kekuatan nilai Adjusttwd R-Squared sebesar sebesar 62,8%. Secara parsial ( uji T) produk berpengaruh negative dan tidak signifikan, promosi  berpengaruh negative dan tidak signifikan, lokasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengaruh nasabah memilih pembiayaan Murabahah. 


Kata Kunci


Nasabah, keputusan dalam memilih pembiayaan murabahah, BSM (Bank Syariah Mandiri)

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arafah, S., (2007). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI HARGA SAHAM SYARIAH DI PT. UNILEVER, TBK. Bisei:Jurnal Bisnis dan Ekonomi Islam, 2(2).

Arafah, S., & Sembiring, E. A. (2018). ANALISIS PENGARUH KEPUASAN DENGAN PEMAKAIAN METODE PERPEKTUAL TERHADAP PENGGUNAAN APLIKASI QUICKBOKS ACCOUNTING SYSTEM (Studi Kasus UD. Rizky assila ULFA). Bisei: Jurnal Bisnis dan Ekonomi Islam, 3(2).

Arikunto, Syharsimi. Manajemen Penelitian, PT. Rineka Citra, jakarta, 2016.

Ascaria. Akad dan produk bank syariah, PT. Raja Grafindo Persad, Jakarta,2016.

Hutagalung. PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN BAGI HASILTERHADAP MINAT MASYARAKAT MENJADI NASABAH BANK SYARI’AH:Jurnal Bisnis dan Ekonomi Islam, Al-Qasad 1(2).

Ismail. Manajemen Perbankan, Kencana Prenada Media Group, Jakarta, 2010.

Kasmir, Dasar-Dasar Perbankan, PT.Raja Grafindo Persada, Jakarta, 2002.

Muhammad. Manajemen Pembiayaan Bank Syariah, UPP. AMN YKPN, YOGYAKARTA, 2002.

Ridwan, Muhammad. Keputusan Pembelian Melalui Situs Belanja Online Terhadap Prilaku Konsumtif Masyarakat DalamPerspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Pada Pengguna AplikasiLazada Di Medan)”. Diss. Universitas Islam Negeri Sumatra Utara. 2018.

Wasilah. Sri Nurhayati. Akutansi Syariah di Indonesia, Selemba Empat, Jakarta, 2014.

Murtani, A. (2019). Sosialisasi Gerakan Menabung. SINDIMAS, 1(1), 279-283.

Hutagalung, M. A. K., Fitri, R., & Ritonga, S. R. W. (2019). Generasi Muslim Milenial dan Wirausaha. SINDIMAS, 1(1), 300-304.

Hutagalung, M. A. K. (2019). ANALISA PEMBIAYAAN GADAI EMAS DI PT. BANK SYARI’AH MANDIRI KCP SETIA BUDI. JURNAL AL-QASD ISLAMIC ECONOMIC ALTERNATIVE, 1(1), 116-126.

Masyitah, E. (2019). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENERIMAAN PPN DAN PPnBM. Accumulated Journal (Accounting and Management Research Edition), 1(2), 89-104.

Masyita, E., & Harahap, K. K. S. (2018). Analisis Kinerja Keuangan Menggunakan Rasio Likuiditas Dan Profitabilitas. JAKK| Jurnal Akuntansi dan Keuangan Kontemporer, 1(1), 33-46.

Juliana, J., & Arafah, S. (2018). THE MULTIMODAL ANALYSIS OF ADVERTISING TAGLINE" TOLAK ANGIN SIDOMUNCUL” THROUGH SYSTEMIC FUNCTIONAL LINGUISTICS APPROACH. Journal MELT (Medium for English Language Teaching), 3(2), 127-137.

Pasi, I. R. (2019). PENGARUH PENGETAHUAN DAN SIKAP TERHADAP PERILAKU MASYARAKAT PADA BANK SYARIAH. JURNAL AL-QASD ISLAMIC ECONOMIC ALTERNATIVE, 1(2), 189-201.

Sembiring, E. A. (2019). PENGARUH METODE PENCATATAN PERSEDIAAN DENGAN SISITEM PERIODIK DAN PERPETUAL BERBASIS SIA TERHADAP STOCK OPNAME PADA PERUSAHAAN DAGANG DI PT JASUM JAYA. Accumulated Journal (Accounting and Management Research Edition), 1(1), 69-77.

Siregar, E. A. (2019). PENGARUH PENDAPATAN ASLI DAERAH, DANA ALOKASI UMUM DAN DANA ALOKASI KHUSUS TERHADAP INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA DI KABUPATEN DAN KOTA PROVINSI SUMATERA UTARA. Accumulated Journal (Accounting and Management Research Edition), 1(2), 160-170.

Risal, T., & Alexander, A. (2019). Pengaruh Persepsi Bagi Hasil, Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Penggunaan Jasa Perbankan Syariah Tabungan Mudharabah Pada Mahasiswa Universitas Potensi Utama. Jurnal Samudra Ekonomika, 3(2), 118-130.

Risal, T. (2019). PENINGKATAN PERAN PERBANKAN SYARIAH DENGAN MENGGERAKKAN SEKTOR RIIL DALAM PEMBANGUNAN. Accumulated Journal (Accounting and Management Research Edition), 1(1), 36-47.

Risal, T. (2019). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH DENGAN KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA BMT KAMPOENG SYARIAH. JMB (Jurnal Manajemen dan Bisnis), 1(1).


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.