ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN MENJADI NASABAH TABUNGAN MUDHARABAH MARHAMAH DI PT. BANK SUMUT KANTOR CABANG SYARIAH MEDAN

Novita Pertiwi, Susianto Susianto

Sari


Penelitian inibertujuan untukmenganalisis pengaruh produk(X1), bagi hasil(X2), Promosi(X3), Lokasi(X4), terhadap Keputusan Nasabahmenggunakan Tabungan MudharabahMarhamah(Y) pada Bank Sumut Syariah Kantor CabangMedan. Penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai instrument untukmengambil sampel sebanyak 98responden, yang merupakan nasabah Bank Sumut Syariah Kantor Cabang Medan. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah RegresiLiniear Berganda dan untuk menentukan ukuran kuesioner(angket)adalah denganmenggunakan SkalaLikert.Hasilpenelitian menunjukkan bahwa secaraparsial variabel produk(X1), variabel bagi hasil(X2) dan variabel lokasi(X4) berpengaruh signifikan dan positif terhadap keputusan nasabah menggunakan tabungan mudharabah marhamah sebabmempunyai nilai signifikan <0,05. Hal inidiperoleh darinilaisignifikan produk 0,000, bagi hasil 0,000, lokasi0,020 sedangkanvariabel promosi(X3) tidak berpengaruh signifikanterhadap keputusan nasabah menggunakan tabungan mudharabah marhamah dengan signifikan 0,181>0,05. Secara simultan variabel produk(X1), Bagi hasil(X2), Lokasi(X4) berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah menggunakan tabungan mudharabah marhamah dapat dilihat dari  nilai (f-hitung) sebesar 180,223 > 2,470 (f-tabel). Selain itu dari hasil regresi adjusted R Square sebesar 0,881 menunjukkan bahwa variabel bebas memiliki hubungan yang erat dengan variabel terikat.


Kata Kunci


Keputusan Nasabah, Produk, Bagi Hasil, Promosi, Lokasi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


RAFAH, S., & TANJUNG, Y. (2019). ANALISIS FAKTOR DETERMINAN YANG MEMPENGARUHI PEMAKAIAN METODE JIT (STUDI KASUS UD. PUSAKA BAKTI). Bisei: Jurnal Bisnis dan Ekonomi Islam, 4(01).

Arafah, S. (2017). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI HARGA SAHAM SYARIAH DI PT. UNILEVER, TBK. Bisei: Jurnal Bisnis dan Ekonomi Islam, 2(2).

Arafah, S., &Sembiring, E.A. (2018). ANALISIS PENGARUH KEPUASAN DENGAN PEMAKAIAN METODE PERPEKTUAL TERHADAP PENGGUNAAN APLIKASI QUIKBOOKS ACCOUNTING SYSTEM (Studi Kasus UD. Rizky assila ULFA). Bisei: Jurnal Bisnis dan Ekonomi Islam, 3(2).

Ety, Rochaety. (2007). Metodologi Penelitian Bisnis, Jakarta: Mitra Wacana Media

Hutagalung, M. A. K. (2019). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAM NAGI HASIL TERHADAP MINAT MASYARAKAT MENJADI NASABAH BANK SYARI’AH. JURNAL AL-QASD ISLAMIC ECONOMIC ALTERNATIVE, 1(2), 228-239.

Juliandi, Azuar, Irfan, dan Saprinal Manurung. (2014). Metodologi Penelitian Bisnis Konsep dan Aplikasi. Medan: UMSU PRESS

Murtani, Alim (2019). PENGARUH PENGEMBANGAN KARYAWAN DAN FASILITAS KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN DI PT. BANK SUMUT SYARIAH CABANG MEDAN. JURNAL AL –QASD ISLAMIC ECONOMIC ALTERNATIVE, 1(2), 177-188.

Murtani, Alim. (2019). Sosialisasi Gerakan Menabung, Sindimas, 1(1). 279-283

PhilipKotler danKevinLane (2000). Manajemen Pemasaran,Jakarta: Erlangga,Jilid 2

Qirom, M.A., & Susianto, A. Supriyadi. (2013). Evaluasi dan prediksi pertumbuhan dan hasil jenis nyawai dan balangeran

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta

Ridwan, M.(2018). “KeputusanPembelian MelaluiSitus BelanjaOnline TerhadapPerilaku KonsuntifMasyarakat Dalam Perspektif EkonomiIslam. (StudiKasusPada PenggunaAplikasi LazadaDiMedan)” (Doctoraldisseration, Univeritas Isla NegeriSumateraUtara)

Masyitah, E. (2019). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENERIMAAN PPN DAN PPnBM. Accumulated Journal (Accounting and Management Research Edition), 1(2), 89-104.

Masyita, E., & Harahap, K. K. S. (2018). Analisis Kinerja Keuangan Menggunakan Rasio Likuiditas Dan Profitabilitas. JAKK| Jurnal Akuntansi dan Keuangan Kontemporer, 1(1), 33-46.

Juliana, J., & Arafah, S. (2018). THE MULTIMODAL ANALYSIS OF ADVERTISING TAGLINE" TOLAK ANGIN SIDOMUNCUL” THROUGH SYSTEMIC FUNCTIONAL LINGUISTICS APPROACH. Journal MELT (Medium for English Language Teaching), 3(2), 127-137.

Pasi, I. R. (2019). PENGARUH PENGETAHUAN DAN SIKAP TERHADAP PERILAKU MASYARAKAT PADA BANK SYARIAH. JURNAL AL-QASD ISLAMIC ECONOMIC ALTERNATIVE, 1(2), 189-201.

Sembiring, E. A. (2019). PENGARUH METODE PENCATATAN PERSEDIAAN DENGAN SISITEM PERIODIK DAN PERPETUAL BERBASIS SIA TERHADAP STOCK OPNAME PADA PERUSAHAAN DAGANG DI PT JASUM JAYA. Accumulated Journal (Accounting and Management Research Edition), 1(1), 69-77.

Siregar, E. A. (2019). PENGARUH PENDAPATAN ASLI DAERAH, DANA ALOKASI UMUM DAN DANA ALOKASI KHUSUS TERHADAP INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA DI KABUPATEN DAN KOTA PROVINSI SUMATERA UTARA. Accumulated Journal (Accounting and Management Research Edition), 1(2), 160-170.

Risal, T., & Alexander, A. (2019). Pengaruh Persepsi Bagi Hasil, Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Penggunaan Jasa Perbankan Syariah Tabungan Mudharabah Pada Mahasiswa Universitas Potensi Utama. Jurnal Samudra Ekonomika, 3(2), 118-130.

Risal, T. (2019). PENINGKATAN PERAN PERBANKAN SYARIAH DENGAN MENGGERAKKAN SEKTOR RIIL DALAM PEMBANGUNAN. Accumulated Journal (Accounting and Management Research Edition), 1(1), 36-47.

Risal, T. (2019). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH DENGAN KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA BMT KAMPOENG SYARIAH. JMB (Jurnal Manajemen dan Bisnis), 1(1).


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.