ANALISIS FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN NASABAH DALAM MEMILIH PRODUK PEMBIAYAAN MUSYARAKAH PADA PT. BANK SUMUT SYARIAH KC MEDAN

Meida Annisa Tanjung, Santi Arafah

Sari


Penelitian  ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi minat nasabah terhadap produk pembiayaan  musyarakah pada PT. Bank Sumut Syariah KC Medan,Untuk mengetahui bagaimana pengaruh faktor persepsi,motivasi,produk,terhadap keputusan nasabah dalam memilih produk pembiayaan musyarakah di PT. Bank Sumut Syariah KC Medan. Selain itu teknik pengumpulan data yang dipergunakan yaitu angket dengan teknik analisis data yaitu regresi linear berganda, uji asumsi klasik, uji glejser, uji t, uji F dan uji Determinasi. Adapun hasil penelitian ini yaitu ada pengaruh faktor persepsi secara parsial terhadap keputusan nasabah pada PT. Bank Sumut Syariah KC Medan, hal ini diketahui harga thitung variabel faktor persepsi sebesar -534 yang dibandingkan dengan t tabelsebesar 1,990 maka-534 < 1,990 maka H0 diterima dan Ha ditolak yang berarti variabel faktor persepsi tidak memiliki hubungan yang (signifikan) dengan variabel keputusan nasabah. Selain itu ada pengaruh faktor motivasi secara parsial terhadap keputusan nasabah pada PT. Bank Sumut Syariah Kantor Cabang Medan, hal ini diketahui harga thitung variabel faktor motivasi sebesar 15.681 yang dibandingkan ttabel sebesar 1,990 maka 15.681  > 1,990 maka HO ditolak dan Ha diterima yang berarti variabel faktor motivasi memiliki hubungan yang nyata (signifikan) dengan variabel keputusan nasabah, selain iu ada pengaruh factor produk secara parsial terhadap keputusan nasabah pada PT. Bank Sumut Syariah KCMedan, hal ini diketahui harga t hitung  variable factor produk sebesa -1.625  yang di bandingkan t tabel sebesar 1,990,maka -1.625 < 1,990 maka  Hditerima dan Ha ditolak, yang berarti variable factor produk tidak memiliki hubungan yang nyata  (signifikan)dengan variable keputusan nasabah. Selanjutnya ada pengaruh faktor persepsi,motivasi,produk, secara simultan terhadap keputusan nasabah pada PT. Bank Sumut Syariah KC Medan, hal ini diketahui dari harga Fhitung = 90,361 yang dibandingkan Ftabel sebesar 2,725 maka 90,361>2,725 yang artinya variabel faktor persepsi, faktor motivasi,variable factor produk secara simultan memiliki hubungan yang nyata (signifikan) atau berpengaruh positif dengan variabel keputusan nasabah.


Kata Kunci


Faktor Persepsi, Faktor Motivasi, Faktor Produk Dan Keputusan Nasabah.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


ARAFAH, S., & TANJUNG, Y. (2019). ANALISIS FAKTOR DETERMINAN YANG MEMPENGARUHI PEMAKAIAN METODE JIT (STUDI KASUS UD. PUSAKA BAKTI). Bisei: Jurnal Bisnis dan Ekonomi Islam, 4(01).

Arafah, S. (2017). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI HARGA SAHAM SYARIAH DI PT. UNILEVER, TBK. Bisei: Jurnal Bisnis dan Ekonomi Islam, 2(2).

Arafah, S., &Sembiring, E.A. (2018). ANALISIS PENGARUH KEPUASAN DENGAN PEMAKAIAN METODE PERPEKTUAL TERHADAP PENGGUNAAN APLIKASI QUIKBOOKS ACCOUNTING SYSTEM (Studi Kasus UD. Rizky assila ULFA). Bisei: Jurnal Bisnis dan Ekonomi Islam, 3(2).

Hutagalung, M. A. K. (2019). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAM NAGI HASIL TERHADAP MINAT MASYARAKAT MENJADI NASABAH BANK SYARI’AH. JURNAL AL-QASD ISLAMIC ECONOMIC ALTERNATIVE, 1(2), 228-239.

Umam, Khairul. (2013). Manejemen Perbankan Syariah. Bandung : CV. Pustaka Setia

Murtani, Alim (2019). PENGARUH PENGEMBANGAN KARYAWAN DAN FASILITAS KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN DI PT. BANK SUMUT SYARIAH CABANG MEDAN. JURNAL AL –QASD ISLAMIC ECONOMIC ALTERNATIVE, 1(2), 177-188.

Murtani, Alim. (2019). Sosialisasi Gerakan Menabung, Sindimas, 1(1). 279-283

Kotler, Philip dan Amstrong Gary. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran, Edisi 12 Jilid 1, Jakarta: Erlangga

Qirom, M.A., & Susianto, A. Supriyadi. (2013). Evaluasi dan prediksi pertumbuhan dan hasil jenis nyawai dan balangeran

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D, Bandung: Alfabeta

Ridwan, M. (2018). “Keputusan Pembelian Melalui Situs Belanja Online Terhadap Perilaku Konsumtif Masyarakat Dalam Perspektif Ekonomi Islam. (Studi Kasus Pada Pengguna Aplikasi Lazada Di Medan)” (Doctoral disseration, Universitas Isla Negeri Sumatera Utara)

Umam, Khairul. (2013). Manejemen Perbankan Syariah. Bandung : CV. Pustaka Setia

Pasi, I. R. (2019). PENGARUH PENGETAHUAN DAN SIKAP TERHADAP PERILAKU MASYARAKAT PADA BANK SYARIAH. JURNAL AL-QASD ISLAMIC ECONOMIC ALTERNATIVE, 1(2), 189-201.

Sembiring, E. A. (2019). PENGARUH METODE PENCATATAN PERSEDIAAN DENGAN SISITEM PERIODIK DAN PERPETUAL BERBASIS SIA TERHADAP STOCK OPNAME PADA PERUSAHAAN DAGANG DI PT JASUM JAYA. Accumulated Journal (Accounting and Management Research Edition), 1(1), 69-77.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.