ANALISIS PRODUK TABUNGAN HAJI DAN UMROH DENGAN AKAD WADI’AH (Studi Kasus Bank Sumut KCP Marelan Raya)

Faddlah Faddlah, Susianto Susianto

Sari


Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui bagaimana prosedur produk tabungan haji dan umrah dengan akad wadi’ah di PT. Bank Sumut Syariah Cabang Pembantu Marelan Raya 2) Untuk mengetahui kesesuaian prosedur produk tabungan haji dan umrah dengan akad wadi’ah di PT. Bank Sumut Syariah Cabang Pembantu Marelan Raya.Metode penelitian yang digunakan dalam menyelesaikan Tugas Akhir ini adalah metode deskriptif kualiatif. Pengumpulan data yang dilakukan dengan cara wawancara kapada  para karyawan PT.BankSumutSyariahCabang PembantuMarelanRayayangmengurusiprodukini, dan observasi secara langsung maupun tidak langsung terhadap obyek yang berkaitan dengan yang diteliti.Hasil penelitian ini adalah produk tabungan haji dan umroh di PT.Bank Sumut Syariah Cabang Pembantu Marelan Raya sudah sesuai dengan dengan fiqh,fatwaDSN-MUINo.2.DSN-MUI/IV/2000danPeraturanBankIndonesia serta nasabah diberikan kebebasan untuk memilih pembiayaan seteroan tabungan haji dan umroh. Dan pelaksanaannya sudah menggunakan akad wadi’ah.


Kata Kunci


Tabungan Haji dan Umrah, Akad Wadi’ah, Bank Sumut.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arafah,S., & Tanjung, Y. (2019). Analisis Faktor Determinan Yang Mempengaruhi Pemakaian Metode Jit (Studi Kasus UD. Pustaka Bakti). Bisei: JurnalBisnisdanEkonomiIslam,4(01).

Sulistiowati, 2014, “Analisis Produk Tabungan Haji Mabrur Pada Bank Syariah Mandiri Cabang Semarang”

Ismail, Perbankan Syariah Edisi Pertama (Jakarta: kencana Prenada Media Group 2013).

Arafah, S. (2017). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Harga Saham Syariah di PT.Unilever, TBK. Bisel: JurnalBisnisdanEkonomIslam, 2(2).

Yuliana, 2016, “Analisis Produk Tabungan Haji Arafah Dengan Akad Wadiah di Bank Muamalat Indoensia Kantor Cabang Pembantu Magelang, Jurnal Ekonomi, Salatiga.

Ridwan, M. (2018). Keputusan Pembelian Melalui Situs Belanja Online Terhadap Perilaku Konsumtif Masyarakat Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Pada pengunaan Aplikasi Lazada di Medan)” (Doctoral dissertation. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).

Wawancara dengan Ibu Titin Erlin Rangkuti dibagian Pembiayaan di PT. Bank Sumut Syariah Cabang Pembantu Marelan Raya, pada tanggal 6 Agustus 2019

Ismail Nawawi, Fikih Muamalah Klasik dan Kontemporer Hukum Perjanjian, Ekonomi,Bisnis dan Sosial (Bogor:Ghalia Indonesia, 2012).

Peraturan Bank Indonesia nomor 9/19/PBI/2007 Tentang Pelaksanaan Prinsip Syariah dalam Kegiatan Penghimpunan Dana dan Penyaluran Dana serta Pelayanan Jasa Bank Syariah.

Brosur Produk Tabungan Haji dan Umroh Bank Sumut Syariah

Peraturan Bank Indonesia Nomor: 7/6/PBI/2015 Tentang Transparasi Informasi Produk Bank dan Penggunaan Data Pribadi Nasabah.

Hutagalung, M. (2016). PERSEPSI NASABAH TERHADAP APLIKASI DANA QARDHUL HASAN DI BPRS PUDUARTA INSANI TEMBUNG (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).

Hutagalung, M. A. K., Fitri, R., & Ritonga, S. R. W. (2019). Generasi Muslim Milenial dan Wirausaha. SINDIMAS, 1(1), 300-304.

Hutagalung, M. A. K. (2019). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN BAGI HASIL TERHADAP MINAT MASYARAKAT MENJADI NASABAH BANK SYARIAH. JURNAL AL-QASD ISLAMIC ECONOMIC ALTERNATIVE, 1(2), 228-239

Hutagalung, M. A. K. (2019). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN BAGI HASIL TERHADAP MINAT MASYARAKAT MENJADI NASABAH BANK SYARI’AH. JURNAL AL-QASD ISLAMIC ECONOMIC ALTERNATIVE, 1(2), 228-239

Murtani, A. (2019). Peran UPZ (Unit Pengumpul Zakat) Yayasan Ibadurrahman Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Ekonomi Masyarakat Kecamatan Mandau. Jurnal Al-Qasd Islamic Economic Alternative, 1(1), 52-64.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.