ANALISIS PERSEPSI MASYARAKAT MENGENAI KESYARIAHAN BANK SYARIAH (Studi Kasus Masyarakat Kelurahan Belawan II)

Wadzivatul Olivia Lubis, Susianto Susianto

Sari


Penelitian ini menggunakan metode penelitian yaitu melalui wawancara. Narasumber dari penelitian ini adalah masyarakat Kelurahan Belawan II, dimana akan mengambil beberapa sample untuk diwawancara mengenai penelitian ini. Berdasarkan dari penelitian yang dilakukan hasilnya adalah masyarakat di Kelurahan Belawan II mengatakan jika bank syariah sudah menjalankan prinsip kesyariahannya dengan baik. Masyarakat menilai jika bank syariah menjalankan aturannya sesuai dengan kaidah-kaidah Islam. Kaidah-kaidah Islam disini mungkin maksudnya adalah aturan atau prinsip yang berlaku dalam bank syariah yang sesuai dengan Al-Qur’an dan Hadits. Berdasarkan dari setiap pernyataan masyarakat disini, lebih banyak yang mengatakan jika bank syariah sudah sesuai dengan prinsip kesyariahan yang ada dibanding mereka yang masih meragukan bank syariah atau pun masyarakat yang belum mengetahui bank syariah. Maka dari itu, peneliti menyimpulkan jika masyarakat di Kelurahan Belawan II mempunyai persepsi bahwa bank syariah sudah menjalankan prinsip kesyariahannya dengan baik.


Kata Kunci


Bank Syariah; Kesyariahan; Persepsi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Muhammad. 2015. Manajemen Dana Bank Syariah. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Arifin. 2002. Membaca Saham. Andi. Yogyakarta.

Kasmir. 2011. Manajemen Perbankan. Rajawali Pers. Jakarta.

Karim, Adiwarman. 2004. Analisa Fiqh Dan Keuangan. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Mardani. 2015. Aspek Hukum Lembaga Keuangan Syariah Di Indonesia. Kencana. Jakarta.

Oktavia, Eka. 2018. Analisis Persepsi, Pengetahuan Dan Sikap Nasabah Terhadap Keberadaan Bank Syariah (Studi Pada Bank Syariah Mandiri Kabupaten Pringsewu, Lampung). Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Mamduh. 2015. Persepsi, Preferensi, Sikap Dan Perilaku Takmir Masjid Terhadap Bank Syariah (Studi Kasus Di Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang). Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

Syauqi, Ahmad. 2017. Pengaruh Persepsi Masyarakat Tentang Kesyariahan Perbankan Syariah. Universitas Pamulang, Banten.

Robbani, Shofa. 2013 Analisis Pemahaman Nasabah BNI Syariah Tentang Kesyariahan BNI Syariah (Studi Kasus BNI Syariah Godean, Sleman, Yogyakarta). Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) At-Tanwir.

Ridwan, M. (2018). Keputusan Pembelian Melalui Situs Belanja Online Terhadap Perilaku Konsumtif Masyarakat Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Pada Pengguna Aplikasi Lazada Di Medan). (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).

Arafah, S., & Sembiring. A. (2018). ANALISIS PENGARUH KEPUASAN DENGAN PEMAKAIAN METODE PERSPEKTUAL TERHADAP PENGGUNAAN APLIKASI QUICKBOOKS ACCOUNTING SYSTEM (Studi Kasus UD Rizky assila ULFA). Bisei: Jurnal Bisnis dan Ekonomi Islam, 3 (2)

Qirom, M. A., & Susianto, A. Supriyadi. (2013). Evaluasi dan prediksi pertumbuhan dan hasil jenis nyawai dan balangeran.

Murtani, Alim. (2019). PENGARUH PENGEMBANGAN KARYAWAN DAN FASILITAS KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN DI PT. BANK SUMUT SYARIAH CABANG MEDAN. JURNAL AL-QASD ISLAMIC ECONOMIC ALTERNATIVE, 1 (2), 177-188

Arafah, S., & Tanjung, Y. (2019). ANALISIS FAKTOR DETERMINAN YANG MEMPENGARUHI PEMAKAIAN METODE JIT (STUDI KASUS UD. PUSAKA BAKTI). Bisei: Jurnal Bisnis dan Ekonomi Islam, 4 (01).

Arafah, S. (2017). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI HARGA SAHAM SYARIAH DI PT. UNILEVER, TBK. Bisei: Jurnal Bisnis dan Ekonomi Islam, 2 (2)

Masyitah, E. (2019). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENERIMAAN PPN DAN PPnBM. Accumulated Journal (Accounting and Management Research Edition), 1(2), 89-104.

Masyita, E., & Harahap, K. K. S. (2018). Analisis Kinerja Keuangan Menggunakan Rasio Likuiditas Dan Profitabilitas. JAKK| Jurnal Akuntansi dan Keuangan Kontemporer, 1(1), 33-46.

Juliana, J., & Arafah, S. (2018). THE MULTIMODAL ANALYSIS OF ADVERTISING TAGLINE" TOLAK ANGIN SIDOMUNCUL” THROUGH SYSTEMIC FUNCTIONAL LINGUISTICS APPROACH. Journal MELT (Medium for English Language Teaching), 3(2), 127-137.

Pasi, I. R. (2019). PENGARUH PENGETAHUAN DAN SIKAP TERHADAP PERILAKU MASYARAKAT PADA BANK SYARIAH. JURNAL AL-QASD ISLAMIC ECONOMIC ALTERNATIVE, 1(2), 189-201.

Sembiring, E. A. (2019). PENGARUH METODE PENCATATAN PERSEDIAAN DENGAN SISITEM PERIODIK DAN PERPETUAL BERBASIS SIA TERHADAP STOCK OPNAME PADA PERUSAHAAN DAGANG DI PT JASUM JAYA. Accumulated Journal (Accounting and Management Research Edition), 1(1), 69-77.

Siregar, E. A. (2019). PENGARUH PENDAPATAN ASLI DAERAH, DANA ALOKASI UMUM DAN DANA ALOKASI KHUSUS TERHADAP INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA DI KABUPATEN DAN KOTA PROVINSI SUMATERA UTARA. Accumulated Journal (Accounting and Management Research Edition), 1(2), 160-170.

Risal, T., & Alexander, A. (2019). Pengaruh Persepsi Bagi Hasil, Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Penggunaan Jasa Perbankan Syariah Tabungan Mudharabah Pada Mahasiswa Universitas Potensi Utama. Jurnal Samudra Ekonomika, 3(2), 118-130.

Risal, T. (2019). PENINGKATAN PERAN PERBANKAN SYARIAH DENGAN MENGGERAKKAN SEKTOR RIIL DALAM PEMBANGUNAN. Accumulated Journal (Accounting and Management Research Edition), 1(1), 36-47.

Risal, T. (2019). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH DENGAN KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA BMT KAMPOENG SYARIAH. JMB (Jurnal Manajemen dan Bisnis), 1(1).


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.