ANALISIS FAKTOR- FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN NASABAH DALAM MENGGUNAKAN PRODUK PEMBIAYAAN MUDHARABAH PADA BANK SUMUT SYARIAH KCPSy MARELAN RAYA

Prinando Berutu, Susianto Susianto

Sari


Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui apa saja yang menjadi faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan nasabah dalam menggunakan produk pembiyaan mudharabah pada bank sumut syariah KCPSy marelan Raya, dan untuk mengetahui sejauh mana faktor- faktor tersebut berpengaruh terhadap keputusan nasabah dalam menggunakan produk pembiyaan mudharabah pada bank sumut syariah KCPSy Marelan Raya. Didalam penelitian ini ada tiga faktor yang mempengaruhi keputusan nasabah dalam menggunakan produk pembiyaan mudaharabah yaitu, faktor bagi hasil (x1), faktor pendapatan (X2), dan faktor pelayanan(X3). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan 89 responden sebagai sampel penelitian dan teknik penentuan sampel menggunakan metode probability sampling. Jenis penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yaitu data yang diukur berdasarkan kuesioner dengan menggunakan Skala likert  yang di bagikan kepada nasabah bank sumut syariah KCPSy marelan raya yang terkhusus dalam pembiyaan mudharabah. Untuk mempermudah dalam melakukan perhitungan penelitian ini menggunakan aplikasi SPSS V 16 yang kemudian hasil dari SPSS  tersebut diinterpretasikan. Metode analisis data yang digunakan yaitu meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, pengujian hipotesis melalui uji-t, uji F, dan uji koefisien determinasi (uji R2 ). Berdasarkan hasil uji koefisien derterminasi serta pengujian hipotesis uji t dan uji-F didapatkan t hitung yang lebih kecil dari t tabel pada variabel faktor Bagi hasil  yaitu 0,536, < 1,662 berdasarkan pernyataan tersebut variabel bagi hasil tidak berpengaruh, variabel faktor Pendapatan yaitu 3,994 > 1,662 dan variabel Pelayanan yaitu 4,920 > 1,662 berdasarkan pernyataan tersebut variabel Pendapatan dan pelayanan berpengaruh,  sedangkan uji-F didapatkan hasil 114,220 > 2,33. Berdasarkan hasil uji-F  berpengarug secara simultan dengan Nilai koefisien determinasi (adjust R square) sebesar 0,749 atau sama dengan 74,9%. Hal ini dapat diartikan bahwa variabel faktor Bagi hasil (X1) ,Pendapatan (X2) dan Pelayanan (X3) dapat dijelaskan oleh variabel Keputusan Nasabah (Y) sebesar 74,9%. Sedangkan sisanya yaitu, 25,1% adalah pengaruh oleh variabel lain yang tidak di teliti di penilitian ini. Hal ini menunjukkan bahwa faktor bagi hasil tidak berpengaruh signifikan, sedangkan  faktor Pendapatan dan Pelayanan berpengaruh dan  signifikan terhadap keputusan Nasabah.


Kata Kunci


Faktor Bagi hasil, Faktor Pendapatan, Faktor Pelayanan, Keputusan Nasabah

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Munthe,Saripuddin, 2014 Analisis Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Nasabah Pada Tabungan Mudharabah (Studi Kasus Pada Bank Muamalat Balai kota), Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis/ Program Studi Ekonomi Islam, Universitas islam negeri Sumatera Utara

Sujarweni, V.Wiratna, 2018,Metodologi Penelitian Bisnis dan Ekonomi, Pustaka Baru Press, Yogyakarta.

Arafah, S., & Sembiring, E. A. (2018). Analisis Pengaruh Kepuasan Dengan Pemakaian Metode Perpektual Terhadap Penggunaan Aplikasi Quickbooks Accounting System (Studi Kasus UD. Rizky assila ULFA). BISEI: Jurnal Bisnis dan Ekonomi Islam, 3(2).

Arafah, S. (2017). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Harga Saham Syariah Di PT. Unilever, Tbk. BISEI: Jurnal Bisnis dan Ekonomi Islam, 2(2).

ARAFAH, S., & TANJUNG, Y. (2019). ANALISIS FAKTOR DETERMINAN YANG MEMPENGARUHI PEMAKAIAN METODE JIT (STUDI KASUS UD. PUSAKA BAKTI). BISEI: Jurnal Bisnis dan Ekonomi Islam, 4(01).

Murtani, A. (2019). PENGARUH PENGEMBANGAN KARYAWAN DAN FASILITAS KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN DI PT. BANK SUMUT SYARIAH CABANG MEDAN. JURNAL AL-QASD ISLAMIC ECONOMIC ALTERNATIVE, 1(2), 177-188.

Murtani, A. (2019). PERAN UPZ (UNIT PENGUMPUL ZAKAT) YAYASAN IBADURRAHMAN DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN EKONOMI MASYARAKAT KECAMATAN MANDAU. JURNAL AL-QASD ISLAMIC ECONOMIC ALTERNATIVE, 1(1), 52-64.

Murtani, A. (2019). Sosialisasi Gerakan Menabung. SINDIMAS, 1(1), 279-283.

Hutagalung, M. A. K., Fitri, R., & Ritonga, S. R. W. (2019). Generasi Muslim Milenial dan Wirausaha. SINDIMAS, 1(1), 300-304.

Hutagalung, M. A. K. (2019). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN BAGI HASIL TERHADAP MINAT MASYARAKAT MENJADI NASABAH BANK SYARI’AH. JURNAL AL-QASD ISLAMIC ECONOMIC ALTERNATIVE, 1(2), 228-239.

Hutagalung, M. A. K. (2019). ANALISA PEMBIAYAAN GADAI EMAS DI PT. BANK SYARI’AH MANDIRI KCP SETIA BUDI. JURNAL AL-QASD ISLAMIC ECONOMIC ALTERNATIVE, 1(1), 116-126.

Masyitah, E. (2019). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENERIMAAN PPN DAN PPnBM. Accumulated Journal (Accounting and Management Research Edition), 1(2), 89-104.

Masyita, E., & Harahap, K. K. S. (2018). Analisis Kinerja Keuangan Menggunakan Rasio Likuiditas Dan Profitabilitas. JAKK| Jurnal Akuntansi dan Keuangan Kontemporer, 1(1), 33-46.

Juliana, J., & Arafah, S. (2018). THE MULTIMODAL ANALYSIS OF ADVERTISING TAGLINE" TOLAK ANGIN SIDOMUNCUL” THROUGH SYSTEMIC FUNCTIONAL LINGUISTICS APPROACH. Journal MELT (Medium for English Language Teaching), 3(2), 127-137.

Pasi, I. R. (2019). PENGARUH PENGETAHUAN DAN SIKAP TERHADAP PERILAKU MASYARAKAT PADA BANK SYARIAH. JURNAL AL-QASD ISLAMIC ECONOMIC ALTERNATIVE, 1(2), 189-201.

Sembiring, E. A. (2019). PENGARUH METODE PENCATATAN PERSEDIAAN DENGAN SISITEM PERIODIK DAN PERPETUAL BERBASIS SIA TERHADAP STOCK OPNAME PADA PERUSAHAAN DAGANG DI PT JASUM JAYA. Accumulated Journal (Accounting and Management Research Edition), 1(1), 69-77.

Siregar, E. A. (2019). PENGARUH PENDAPATAN ASLI DAERAH, DANA ALOKASI UMUM DAN DANA ALOKASI KHUSUS TERHADAP INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA DI KABUPATEN DAN KOTA PROVINSI SUMATERA UTARA. Accumulated Journal (Accounting and Management Research Edition), 1(2), 160-170.

Risal, T., & Alexander, A. (2019). Pengaruh Persepsi Bagi Hasil, Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Penggunaan Jasa Perbankan Syariah Tabungan Mudharabah Pada Mahasiswa Universitas Potensi Utama. Jurnal Samudra Ekonomika, 3(2), 118-130.

Risal, T. (2019). PENINGKATAN PERAN PERBANKAN SYARIAH DENGAN MENGGERAKKAN SEKTOR RIIL DALAM PEMBANGUNAN. Accumulated Journal (Accounting and Management Research Edition), 1(1), 36-47.

Risal, T. (2019). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH DENGAN KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA BMT KAMPOENG SYARIAH. JMB (Jurnal Manajemen dan Bisnis), 1(1).


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.