Strategi Penanganan Pembiayaan Musyarakah Yang Bermasalah Pada PT. Bank Sumut KCP Syariah Marelan Raya

Desi Mulyani, Santi Arafah

Sari


Musyarakah merupakan akad kerja sama antara  kedua belah pihak atau lebih dalam  menentukan suatu usaha, dimana semua pihak memberikan dananya dengan perjanjian bahwa keuntungan dan kerugian akan ditanggung bersama sesuai kesepakatan awalnya. Aplikasi akad musyarakah pada perbankan syariah biasanya  digunakan untuk pembiayaan proyek, antara pihak nasabah dan pihak bank yang sama-sama akan menyediakan dananya untuk membiayai proyek tersebut. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui strategi apa yang digunakan pada PT. Bank SUMUT KCP Syariah Marelan Raya dalam menangani suatu pembiayaan musyarakah yang bermasalah. Dalam pembiayaan musyarakah ini terdapat faktor internal dan faktor eksternal yang menyebabkan  pembiayaan itu sendiri menjadi bermasalah. Peneliti akan menjadikan beberapa karyawan di PT. Bank Sumut KCP Syariah Marelan Raya khususnya pada bagian Pembiayaan sebagai subjek penelitian yang dilakukan dengan cara mengumpulkan data dari wawancara dan observasi. Dengan menggunakan metode deduktif dan deskriptif pada pendekatan kualitatif, sedangkan untuk data yang diperoleh kebenarannya dilakukan dengan menggunakan uji kredibilitas, Transferbility, Dependability, dan Confirmability. Adapun upaya yang dilakukan pada pihak bank dalam penyelamatan pembiayaan musyarakah yang bermasalah melalui penjadwalan kembali (rescheduling), persyaratan kembali (reconditioning), dan penataan kembali (restructuring). Dalam penyelesaian pembiayaan musyarakah yang bermasalah yaitu dengan cara penagihan, gugatan hukum dan eksekusi lelang jaminan.


Kata Kunci


Strategi, Penanganan, Pembiayaan Musyarakah Bermasalah.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adesti, Fordebi. 2016, Ekonomi dan Bisnis Islam, Jakarta, PT. Raja Grafindo Persada.

Al-Qur’an surah Shaad:24

Arafah, S. (2017). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI HARGA SAHAM SYARIAH DI PT. UNILEVER, TBK. Bisei: Jurnal Bisnis dan Ekonomi Islam, 2(2)

ARAFAH, S., & TANJUNG, Y. (2019). ANALISIS FAKTOR DETERMINAN YANG MEMPENGARUHI PEMAKAIAN METODE JIT (STUDI KASUS UD. PUSAKA BAKTI). Bisei: Jurnal Bisnis dan Ekonomi Islam, 4(01)

Djamil, Fatturahman. 2012, Penyelesaian Pembiayaan Bermasalah Di Bank Syariah, Jakarta, Sinar Grafika.

Ismail, 2010, Akutansi Bank: Teori dan Aplikasi dalam Rupiah, Jakarta, Prenadamedia Group.

Arafah, S., & Sembiring, E. A. (2018). ANALISIS PENGARUH KEPUASAN DENGAN PEMAKAIAN METODE PERPEKTUAL TERHADAP PENGGUNAAN APLIKASI QUICKBOOKS ACCOUNTING SYSTEM (Studi Kasus UD. Rizky assila ULFA). Bisei: Jurnal Bisnis dan Ekonomi Islam, 3(2).

Lukman Hakim, 2012, Prinsip-prinsip Ekonomi Islam, Jakarta, Erlangga.

Murtani, Alim. (2019). PENGARUH PENGEMBANGAN KARYAWAN DAN FASILITAS KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN DI PT. BANK SUMUT SYARIAH CABANG MEDAN. JURNAL AL-QASD ISLAMIC ECONOMIC ALTERNATIVE, 1(2), 177-188.

Murtani, Alim. (2019). Sosialisasi Gerakan Menabung. Sindimas, 1(1), 279-283.

Qirom, M. A., & Susianto, A. Supriyadi.(2013). Evaluasi dan prediksi pertumbuhan dan hasil jenis nyawai dan balangeran.

Rianto, Nur Al Arif. 2010, Dasar-dasar Pemasaran Bank Syariah, Bandung, Alfabeta.

Ridwan, Muhamma, Keputusan Pembelian Melalui Situs Belanja Online Terhadap Perilaku Konsumen Masyarakat Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Pada Pengguna Aplikasi Lazada Di Medan)”, Diss Universitas Islam Negri Sumatera Utara, 2018.

Umam, Khotibul dan Setiawan Budi Utomo. 2016, Perbankan Syariah: Dasar-dasar dan Dinamika Perkembangan di Indonesia, Jakarta, PT. Raja Grafindo.

Wawancara pribadi kepada bapak Bagus Tri Prasetyo, Staff Pemasaran Pembiayaan PT. Bank Sumut KCP Syariah Marelan Raya, Strategi Penanganan Pembiayaan Musyarakah yang bermasalah pada PT. Bank Sumut KCP Syariah Marelan Raya, Medan, 29 Juli 2019.

Wawancara pribadi kepada bapak Ricky Afriano, Staff Penagihan/ collecting PT. Bank Sumut KCP Syariah Marelan Raya, Strategi Penanganan Pembiayaan Musyarakah yang bermasalah pada PT. Bank Sumut KCP Syariah Marelan Raya, Medan, 05 Agustus 2019.

Hutagalung, M. A. K., Fitri, R., & Ritonga, S. R. W. (2019). Generasi Muslim Milenial dan Wirausaha. SINDIMAS, 1(1), 300-304.

Hutagalung, M. A. K. (2019). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN BAGI HASIL TERHADAP MINAT MASYARAKAT MENJADI NASABAH BANK SYARI’AH. JURNAL AL-QASD ISLAMIC ECONOMIC ALTERNATIVE, 1(2), 228-239.

Hutagalung, M. A. K. (2019). ANALISA PEMBIAYAAN GADAI EMAS DI PT. BANK SYARI’AH MANDIRI KCP SETIA BUDI. JURNAL AL-QASD ISLAMIC ECONOMIC ALTERNATIVE, 1(1), 116-126.

Masyitah, E. (2019). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENERIMAAN PPN DAN PPnBM. Accumulated Journal (Accounting and Management Research Edition), 1(2), 89-104.

Masyita, E., & Harahap, K. K. S. (2018). Analisis Kinerja Keuangan Menggunakan Rasio Likuiditas Dan Profitabilitas. JAKK| Jurnal Akuntansi dan Keuangan Kontemporer, 1(1), 33-46.

Juliana, J., & Arafah, S. (2018). THE MULTIMODAL ANALYSIS OF ADVERTISING TAGLINE" TOLAK ANGIN SIDOMUNCUL” THROUGH SYSTEMIC FUNCTIONAL LINGUISTICS APPROACH. Journal MELT (Medium for English Language Teaching), 3(2), 127-137.

Pasi, I. R. (2019). PENGARUH PENGETAHUAN DAN SIKAP TERHADAP PERILAKU MASYARAKAT PADA BANK SYARIAH. JURNAL AL-QASD ISLAMIC ECONOMIC ALTERNATIVE, 1(2), 189-201.

Sembiring, E. A. (2019). PENGARUH METODE PENCATATAN PERSEDIAAN DENGAN SISITEM PERIODIK DAN PERPETUAL BERBASIS SIA TERHADAP STOCK OPNAME PADA PERUSAHAAN DAGANG DI PT JASUM JAYA. Accumulated Journal (Accounting and Management Research Edition), 1(1), 69-77.

Siregar, E. A. (2019). PENGARUH PENDAPATAN ASLI DAERAH, DANA ALOKASI UMUM DAN DANA ALOKASI KHUSUS TERHADAP INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA DI KABUPATEN DAN KOTA PROVINSI SUMATERA UTARA. Accumulated Journal (Accounting and Management Research Edition), 1(2), 160-170.

Risal, T., & Alexander, A. (2019). Pengaruh Persepsi Bagi Hasil, Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Penggunaan Jasa Perbankan Syariah Tabungan Mudharabah Pada Mahasiswa Universitas Potensi Utama. Jurnal Samudra Ekonomika, 3(2), 118-130.

Risal, T. (2019). PENINGKATAN PERAN PERBANKAN SYARIAH DENGAN MENGGERAKKAN SEKTOR RIIL DALAM PEMBANGUNAN. Accumulated Journal (Accounting and Management Research Edition), 1(1), 36-47.

Risal, T. (2019). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH DENGAN KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA BMT KAMPOENG SYARIAH. JMB (Jurnal Manajemen dan Bisnis), 1(1).


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##

Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Potensi Utama. Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No.3-A Telp. (061) 6640525 Ext. 214 Tanjung Mulia Medan 20241

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.